Pendampingan Administrasi Bimbingan Konseling dalam Mendukung Layanan Bimbingan Konseling di SMPN 7 Muaro Jambi
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v2i1.1069Kata Kunci:
Administrasi, Bimbingan Konseling, Layanan BK di Sekolah, SMPN 7 Muaro JambiAbstrak
Berdasarkan studi pendahuluan yang merupakan titik tolak dilakukannya program pengabdian kepada masyarakat ini ditemukan masih banyak guru BK mengeluhkan terkait administrasi Bimbingan Konseling (BK) di sekolah, hal tersebut dikarenakan kesulitan guru melakukan manajemen waktu yang kerap kali berbenturan dengan kegiatan sekolah, pengetahuan yang minim, dan terbatasnya ketersediaan sumber daya pendukung lainnya akibatnya adminstrasi BK dihadirkan untuk keperluan administrasi kedinasan saja, tujuan pengabdian ini yaitu pertama meningkatkan pemahaman guru BK terkait administrasi BK di sekolah diantaranya 1. Administrasi evaluasi dan analisis BK, 2. Administrasi home visit, 3. Administrasi ijin peserta didik, 4. Administrasi alih tangan kasuss, 5. Administrasi konferensi kasuss, 6. Administrasi laiseg dan laijapen, 7. Administrasi lapelprog, 8. Administrasi laporan BK kelompok, dan 9. Administrasi laporan konseling individu. Kedua meningkatkan keterampilan guru BK dalam mengoperasikan administrasi BK sesuai kebutuhan dan peruntukannya. Metode yang digunakan yaitu workshop dengan Teknik ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktik, hasil kegiatan PPM menunjukkan bahwa. Pertama Pelaksanaan kegiatan PPM ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru bimbingan dan konseling terkait administrasi BK dalam mendukung layanan BK di sekolah
Referensi
Dhawan S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22.
Gewin, V. (2020). Five tips for moving teaching online as COVID-19 takes hold. Nature, 580(7802), 295-296.
Rapanta C., Botturi L., Goodyear P., Guardia L., & Koole M. (2020). Online university teaching during and after the COVID-19 crisis: Refocusing teacher presence and learning activity. Postdigital Science and Education, 2, 923–945.
Asgari, S., Trajkovic, J., Rahmani, M., Zhang, W., Lo, R. C., & Sciortino, A. (2021). An observational study of engineering online education during the COVID-19 pandemic. Plos one, 16(4), e0250041.
Lake, R., & Makori, A. (2020). The digital divide among students during COVID-19: Who has access? Who doesn’t. The Lens.
Hamilton, L. S., Grant, D., Kaufman, J. H., Diliberti, M., Schwartz, H. L., Hunter, G. P., ... & Young, C. J. (2020). COVID-19 and the State of K-12 Schools: Results and Technical Documentation from the Spring 2020 American Educator Panels COVID-19 Surveys. Research Report. RR-A168-1. RAND Corporation.
Al-Nuaimi, M. N., Al Sawafi, O. S., Malik, S. I., & Al-Maroof, R. S. (2022). Extending the unified theory of acceptance and use of technology to investigate determinants of acceptance and adoption of learning management systems in the post-pandemic era: a structural equation modeling approach. Interactive Learning Environments, 1-27.
Singh, J. (2017). Enhancing student success in health care programs: Active learning in a hybrid format. Journal of Instructional Pedagogies, 18.
Singh, J., Steele, K., & Singh, L. (2021). Combining the best of online and face-to-face learning: Hybrid and blended learning approach for COVID-19, post vaccine, & post-pandemic world. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140-171.