Implementasi Sistem Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Moodle dengan Microserver On-Premises di Sekolah Binekas
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v2i1.1205Kata Kunci:
Hybrid Learning, Learning Management System, On-Premises LMS, Microserver, Sekolah BinekasAbstrak
Pembelajaran dengan metode bauran (hybrid learning) merupakan metode pembelajaran yang semakin luas diadaptasi saat masa paska pandemi. Metode ini membutuhkan infrastruktur yang mendukung untuk dapat dilakukannya pembelajaran daring yang dapat dilakukan secara bebas dan mandiri oleh siswa. Saat ini, Sekolah Binekas, sebagai salah satu sekolah swasta yang dikenal di Bandung, belum memiliki infrastruktur Learning Management System (LMS) yang efektif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, LMS dapat diimplementasikan dengan menggunakan microserver yang diletakkan di lokasi mitra (on-premises). Dikarenakan jumlah siswa saat ini yang tidak terlalu banyak, maka spesifikasi dari server yang dibutuhkan belum terlalu tinggi, sehingga microserver masih mencukupi kebutuhan yang ada. LMS yang digunakan adalah Moodle yang sudah digunakan secara umum. Kegiatan yang dilakukan kali ini dapat membantu Sekolah Binekas dalam melakukan pembelajaran bauran kepada siswanya yang pada akhirnya bisa meningkatkan kualitas siswa yang dihasilkan. Berdasarkan hasil survei paska pelaksanaan kegiatan, didapatkan hasil bahwa secara umum mitra puas dengan kegiatan pengabdian masyarakat kali ini dan berharap dapat dilakukan kegiatan sejenis di masa mendatang. Untuk keberlanjutan kegiatan ini, maka selanjutnya dapat dilakukan aktivitas yang mendukung implementasi LMS di Sekolah Binekas, seperti pelatihan penggunaan LMS bagi staf pengajar, maupun kegiatan upgrade infrastruktur LMS demi mendukung kegiatan pembelajaran yang lebih baik lagi.
Referensi
Dhawan S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5–22.
Gewin, V. (2020). Five tips for moving teaching online as COVID-19 takes hold. Nature, 580(7802), 295-296.
Rapanta C., Botturi L., Goodyear P., Guardia L., & Koole M. (2020). Online university teaching during and after the COVID-19 crisis: Refocusing teacher presence and learning activity. Postdigital Science and Education, 2, 923–945.
Asgari, S., Trajkovic, J., Rahmani, M., Zhang, W., Lo, R. C., & Sciortino, A. (2021). An observational study of engineering online education during the COVID-19 pandemic. Plos one, 16(4), e0250041.
Lake, R., & Makori, A. (2020). The digital divide among students during COVID-19: Who has access? Who doesn’t. The Lens.
Hamilton, L. S., Grant, D., Kaufman, J. H., Diliberti, M., Schwartz, H. L., Hunter, G. P., ... & Young, C. J. (2020). COVID-19 and the State of K-12 Schools: Results and Technical Documentation from the Spring 2020 American Educator Panels COVID-19 Surveys. Research Report. RR-A168-1. RAND Corporation.
Al-Nuaimi, M. N., Al Sawafi, O. S., Malik, S. I., & Al-Maroof, R. S. (2022). Extending the unified theory of acceptance and use of technology to investigate determinants of acceptance and adoption of learning management systems in the post-pandemic era: a structural equation modeling approach. Interactive Learning Environments, 1-27.
Singh, J. (2017). Enhancing student success in health care programs: Active learning in a hybrid format. Journal of Instructional Pedagogies, 18.
Singh, J., Steele, K., & Singh, L. (2021). Combining the best of online and face-to-face learning: Hybrid and blended learning approach for COVID-19, post vaccine, & post-pandemic world. Journal of Educational Technology Systems, 50(2), 140-171.