Edukasi Peran Sains dan Matematika di Era Modern di Pesantren Bi’satul Islamiyah
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v2i1.1310Kata Kunci:
Edukasi, Matematika, Pesantren Bi’satul Islamiyah, SainsAbstrak
Di tengah perkembangan teknologi informasi, peran sains, terutama Matematika, menjadi fundamental. Hal tersebut belum begitu disadari oleh masyarakat, terutama generasi muda di sekolah tradistional berbasis pelajaran agama, misalnya pesantren Bi’satul Islamiyah. Alokasi waktu dan frekwensi mata pelajaran sains, dalam hal ini Matematika, di pesantren dianggap masih kurang dibandingkan dengan mata pelajaran berbasis keilmuan agama. Kegiatan edukasi peran penting Sains dan Matematika kepada siswa di Pesantren Bi’tsatul Islamiyah bertujuan untuk menambah wawasan dan kesadaran pentingnya bahasa dan sains untuk dipelajari dan menjadi salah satu kunci kesuksesan di masa depan. Dalam melaksanakan kegiatan edukasi tersebut, para dosen yang bepartisipasi membeikan materi dan diselingi games dengan materi pentingnya sains, teruama Matematika. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa siswa cukup antusias menyimak pentingnya bahasa dan sains untuk dipelajari di lingkungan Pesantren Bi’satul Islamiyah dan membangun kesasadaran mereka bahwa bahasa dan sains dapat menunjang kesuksesan di masa depan.
Referensi
M. Sari and C. Hasanudin, “Manfaat Ilmu Matematika Bagi Peserta Didik Dalam Kehidupan Sehari-hari,” Pros. Semin. Nas. Daring, pp. 1906–1912, 2023.
J. Simanjuntak, M. Isadora Simangunsong, T. Naibaho, and Tiofanny, “Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia Berdasarkan Filosofi,” SEPREN J. Math. Educ. Appl., vol. 2, no. 02, pp. 32–39, 2021.
D. A. Sholihah and A. Mahmudi, “Keefektifan experiential learning pembelajaran matematika MTs materi bangun ruang sisi datar,” J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, pp. 175–185, 2015, doi: 10.21831/jrpm.v2i2.7332.
B. Nurhayati, Y. Novita, and N. M. Ah, “Family Parenting Patterns in Forming Children ’ s Psychological Resilience According to the Perspective of the Qur ’ an in the Assembly of Ta ’ lim PPGSM Mushalla Darul Makmur Kampar Pola Asuh Keluarga dalam Membentuk Ketahanan Psikis Anak Menurut Persfek,” vol. 1, pp. 47–52, 2023, doi: https://doi.org/10.57152/batik.v1i2.704.
Erawadi, H. P. Nasution, O. K. Banurea, and M. W. Sitorus, “Komunikasi Organisasi Di Pesantren Al-Bi ’ tsatil Islamiyah Panyabungan Timur Bunayya?: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah,” Bunayya J. Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, vol. III, no. 2, pp. 184–207, 2022.
J. Tampubolon, N. Atiqah, and U. I. Panjaitan, “Pentingnya Konsep Dasar Matematika pada Kehidupan Sehari-Hari Dalam Masyarakat,” Progr. Stud. Mat. Univ. Negeri Medan, vol. 2, no. 3, pp. 1–10, 2020.
Mustakim, M. Soleh, and S. Aziz, “Building a Village Based on Information Technology as a Public Health Knowledge Tool on Bengkalis Island Membangun Desa Berbasiskan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pengetahuan Umum Kesehatan Masyarakat di Pulau Bengkalis,” vol. 1, no. 3, pp. 94–102, 2023, doi: https://doi.org/10.57152/batik.v1i3.751.
R. M. R. Siregar and I. Dewi, “PERAN MATEMATIKA DALAM KEHIDUPAN SOSIAL MASYARAKAT,” Scaffolding J. Pendidik. Islam dan Multikulturalisme, vol. 4, no. 3, pp. 77–89, 2022.
A. P. Noerviana, R. N. Mariska, N. Vita, and S. Eka, “Project-Based Learning Training with Eco-enzyme Activities to Support the Implementation of the Independent Curriculum Pelatihan Pembelajaran Berbasis Projek dengan Kegiatan Eco-enzyme untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka,” vol. 1, no. 2, pp. 89–93, 2023, doi: https://doi.org/10.57152/batik.v1i2.851.