Pelatihan Publikasi Artikel Pada Jurnal Nasional Terakreditasi

Penulis

  • Irma Fitri Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Ade Irma Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Habibis Saleh Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Marhama Jelita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v2i1.1359

Kata Kunci:

Pelatihan Guru, Pengabdian Masyarakat, Pengembangan Kompetensi, Publikasi Artikel, SMP Madani

Abstrak

Inisiatif pengabdian masyarakat ini dimulai setelah melakukan wawancara mendalam dan survei kuesioner secara luas. Investigasi ini mengungkapkan masalah: banyak pendidik yang tidak dapat dipromosikan karena kemampuan mereka yang terbatas dalam menulis artikel ilmiah. Untuk mengatasi masalah ini secara efektif, penting untuk segera mengatasinya. Tujuan utama dari program ini ada dua: pertama, untuk meningkatkan pemahaman para pendidik mengenai proses kenaikan pangkat fungsional, dan kedua, untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam membuat artikel ilmiah. Inisiatif ini dilaksanakan di Pekanbaru, dengan melibatkan 16 guru SMP Madani. Setelah pelatihan, setiap guru sekarang dapat dengan mahir membuat artikel ilmiah. Meskipun artikel-artikel ini belum mencapai tahap publikasi, patut dicatat bahwa para pendidik telah memperoleh pengetahuan dan keterampilan penting yang diperlukan untuk keberhasilan pengiriman artikel ilmiah ke jurnal dan prosiding bereputasi. Tim pelaksana pengabdian ini melakukan evaluasi untuk mengetahui persepsi guru dengan cara menyebar angket untuk mengetahui respon guru terkait proses penulisan artikel ilmiah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa tuntutan jam kerja serta pekerjaan administratif lainnya menghabiskan banyak waktu yang seharusnya bisa digunakan oleh guru untuk menulis. Selain itu, kurangnya motivasi juga teridentifikasi sebagai faktor yang menghambat proses penulisan artikel ilmiah

Referensi

Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Dalam Peningkatan Kompetensi Profesional Pendidik,” Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, vol. 8, no. 2, pp. 173-184, 2003.

D. Tarigan, “Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru,” Jakarta: Dirjen Dikgu Dan Tentis, 2009.

E. Susatya, “ Pengembangan Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan Kelompok Seni dan Budaya,” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 19, Nomor 1, Maret 2013.

H. Hafiar, T. Damayanti, P. Subekti, and D. Fatma, “Peningkatan Pendidikan Dan Pengembangan Kompetensi Guru SMA Negeri 1 Katapang Melalui Partisipasi Dalam Publikasi Akademis di Media Massa,” Dharmakarya, vol. 4, no. 2, pp. 88–92, 2015.

S. Sunahrowi, and A. Firdausya, “Pelatihan Menulis Artikel Bertema Pendidikan Karakter Bagi Guru SMP Negeri 4 Singorojo Kabupaten Kendal Jawa Tengah,” Indonesian Journal of Conservation, vol. 6, no. 1, pp. 15–22, 2017.

S. L. Pagiling, Y. Tembang, D. P. Rahayu, M. Riyana, I. K. Sardiana, N. L. R. Purnawan, and N. W. Siti, “ Pelatihan penelitian tindakan kelas dan penulisan artikel ilmiah bagi guru SD dan SMP,” International Journal of Community Service Learning, vol. 7, no. 2, 2023.

F. Ecarnot, M. F. Seronde, R. Chopard, F. Schiele, and N. Meneveau, “Writing a Scientific Article: A Step-by-Step Guide for Beginners,” European Geriatric Medicine, vol. 27, pp.1–8, 2015.

K. L. Madsen, O. Lund, and J. O. Jensen, “Action research: practice transformation through processes of participatory sense-making in educational action research,” Educational Action Research, pp. 1-18, 2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-13

Terbitan

Bagian

Articles