Pelatihan Pemanfaatan Fitur LMS Berbasis Moodle dalam Upaya Peningkatan Pengalaman Pembelajaran Bauran untuk Pengajar di Sekolah Binekas

Penulis

  • Surya Michrandi Nasution Universitas Telkom
  • Reza Rendian Septiawan Universitas Telkom
  • Roswan Latuconsina Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v2i2.1512

Kata Kunci:

Learning Management System, Moodle, Pendidikan Berkualitas, Pengabdian Masyarakat, Sekolah Binekas

Abstrak

Masa pandemi membawa perubahan yang besar di berbagai bidang di kehidupan, termasuk juga dalam kegiatan pembelajaran menjadi bersifat daring. Walaupun masa pandemi telah berakhir, namun kebiasaan melakukan kegiatan pembelajaran dengan metode daring masih tetap banyak dijumpai. Di masa paska pandemi ini, metode bauran menjadi metode yang banyak dipilih dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran, tidak hanya di institusi pendidikan lanjut, namun juga di pendidikan dasar dan menengah. Sekolah Binekas sebagai salah satu sekolah yang menyelenggarakan pendidikan dasar dan berlokasi di kawasan Bandung Selatan merupakan salah satu sekolah yang telah mulai melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan metode bauran. Sekolah Binekas telah mengimplementasikan platform learning management system (LMS) dalam kegiatan pembelajaran. Namun, pengimplementasian LMS di Sekolah Binekas yang masih terhitung baru mengakibatkan tidak semua fitur yang ada di platform LMS Sekolah Binekas sudah dimanfaatkan dengan maksimal. Melalui kegiatan ini diharapkan para pengajar di Sekolah Binekas bisa semakin lihai dalam menggunakan platform LMS yang sudah diimplementasikan. Selain itu, dengan memaksimalkan berbagai fitur-fitur yang ada juga diharapkan dapat mempermudah pengajar dalam melakukan kegiatan akademik dan administratif yang merupakan rangkaian dari kegiatan pembelajaran di Sekolah Binekas. Hasil umpan balik yang diberikan pada masyarakat sasar paska kegiatan menunjukkan bahwa 80% responden setuju dan sangat setuju dengan kegiatan yang telah dilakukan. Namun salah satu pertanyaan terkait kecukupan dan kesesuaian waktu kegiatan mendapatkan hasil yang kurang baik (57.10% menyatakan sangat tidak setuju dan tidak setuju) yang diakibatkan karena kurangnya waktu pelatihan yang diberikan dibandingkan dengan fitur LMS Moodle yang sangat banyak.

Referensi

Martín, R. L. (2020). Reflexiones educativas para el posCovid-19. Recordando el futuro. Revista Internacional de Educación para la Justicia Social, 9(3), 127-140.

Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta bio medica: Atenei parmensis, 91(1), 157.

Hurlbut, A. R. (2018). Online vs. traditional learning in teacher education: a comparison of student progress. American Journal of Distance Education, 32(4), 248-266.

Burns, T. (2020). A helping hand: Education responding to the coronavirus pandemic. OCDE Education Skills Today.

Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. PNAS Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 118(17), Article e2022376118.

Sevelius, J. M., Gutierrez-Mock, L., Zamudio-Haas, S., McCree, B., Ngo, A., Jackson, A., ... & Gamarel, K. (2020). Research with marginalized communities: challenges to continuity during the COVID-19 pandemic. AIDS and Behavior, 24, 2009-2012.

Iglesias, E., González-Patiño, J., Lalueza, J. L., & Esteban-Guitart, M. (2020). A manifest in a time of pandemic: For a communitarian, sustainable, intergenerational and critical education. Revista Internacional de Educación para la Justicia Social (RIEJS).

Orgilés, M., Morales, A., Delvecchio, E., Mazzeschi, C., & Espada, J. P. (2020). Immediate psychological effects of the COVID-19 quarantine in youth from Italy and Spain. Frontiers in psychology, 11, 579038.

Feng, H., & Wang, J. (2022). Learning in a Digital World: Perspective on Interactive Technologies for Formal and Informal Education: edited by Paloma Díaz, Andri Ioannou, Kaushal Kumar Bhagat, and J. Michael Spector, Springer (Singapore, Singapore), 2019, xviii+ 339pp., ISBN 978-981-13-8265-9.

Chohan, S. R., & Hu, G. (2022). Strengthening digital inclusion through e-government: Cohesive ICT training programs to intensify digital competency. Information technology for development, 28(1), 16-38.

Aguaded, I., Vizcaíno-Verdú, A., García-Prieto, V., & de-Casas-Moreno, P. (2023). The impact of post-pandemic learning loss on education development: A systematic review. Review of Communication Research, 11, 172.

Munir, H. (2022). Reshaping sustainable university education in post-pandemic world: Lessons learned from an empirical study. Education Sciences, 12(8), 524.

Ladson-Billings, G. (2021). I’m here for the hard re-set: Post pandemic pedagogy to preserve our culture. Equity & Excellence in Education, 54(1), 68-78.

Nasution, S. M., Septiawan, R. R., & Ruriawan, M. F. (2024). Implementasi Sistem Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Moodle Dengan Microserver On-Premises Di Sekolah Binekas. Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 2(1).

Natasia, C., Puspasari, D. (2020). Pemanfaatan Media E-Learning Moodle Untuk Menunjang Pembelajaran Mahasiswa di Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 169-179.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-20

Terbitan

Bagian

Articles