Peningkatan Kapasitas Sistem Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Moodle Menggunakan Node On-Premises dan Cloud di Sekolah Binekas
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v2i2.1514Kata Kunci:
Cloud Computing, Hybrid Learning, Learning Management System, On-Premises, Sekolah BinekasAbstrak
Pembelajaran bauran (hybrid learning), sebagai salah satu metode pembelajaran yang popular digunakan di berbagai tingkat pendidikan, memiliki kelebihan dalam teknis pembelajaran yang fleksibel, mandiri, serta dapat disesuaikan dengan ritme pembelajaran masing-masing siswa. Penyesuaian infrastruktur untuk mendukung pembelajaran bauran harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang dinamis. Sekolah Binekas telah menerapkan platform Sistem Manajemen Pembelajaran (Learning Management System; LMS) walaupun kondisinya belum optimal. Hal ini dikarenakan arsitektur yang digunakan masih belum memungkinkan sistem LMS untuk diakses dari jaringan luar Sekolah Binekas serta kapasitas penggunaan yang masih belum dapat memenuhi kebutuhan seluruh siswa secara concurrent. Permasalahan-permasalahan dari sistem LMS Sekolah Binekas saat ini dapat diatasi melalui peningkatan kapabilitas dari perangkat server yang ada. Selain itu, untuk meningkatkan aksesibilitas serta reliabilitas dari sistem LMS tersebut, dibutuhkan integrasi antara arsitektur on-premise dengan arsitektur berbasis cloud untuk platform LMS. Adapun platform LMS yang digunakan adalah Moodle yang merupakan salah satu platform LMS yang paling populer. Kegiatan pengabdian masyarakat kali ini berhasil membantu Sekolah Binekas dalam meningkatkan kapabilitas dari LMS mereka. Penggunaan arsitektur cloud menjadikan platform LMS Sekolah Binekas lebih mudah untuk diakses oleh sivitas Sekolah Binekas. Platform LMS Sekolah Binekas saat ini dapat dikatakan sudah berfungsi dan dapat dijadikan sebagai percontohan untuk sekolah-sekolah lainnya.
Referensi
Cucinotta, D., & Vanelli, M. (2020). WHO declares COVID-19 a pandemic. Acta bio medica: Atenei parmensis, 91(1), 157.
Martín, R. L. (2020). Reflexiones educativas para el posCovid-19. Recordando el futuro. Revista Internacional de Educación para la Justicia Social, 9(3), 127-140.
Tucker, S. (2001). Distance education: Better, worse, or as good as traditional education. Online journal of distance learning administration, 4(4), 1-6.
Hurlbut, A. R. (2018). Online vs. traditional learning in teacher education: a comparison of student progress. American Journal of Distance Education, 32(4), 248-266.
Engzell, P., Frey, A., & Verhagen, M. D. (2021). Learning loss due to school closures during the COVID-19 pandemic. Proceedings of the National Academy of Sciences, 118(17), e2022376118.
Burns, T. (2020). A helping hand: Education responding to the coronavirus pandemic. OCDE Education Skills Today.
Sevelius, J. M., Gutierrez-Mock, L., Zamudio-Haas, S., McCree, B., Ngo, A., Jackson, A., ... & Gamarel, K. (2020). Research with marginalized communities: challenges to continuity during the COVID-19 pandemic. AIDS and Behavior, 24, 2009-2012.
Chohan, S. R., & Hu, G. (2022). Strengthening digital inclusion through e-government: Cohesive ICT training programs to intensify digital competency. Information technology for development, 28(1), 16-38.
Iglesias, E., González-Patiño, J., Lalueza, J. L., & Esteban-Guitart, M. (2020). A manifest in a time of pandemic: For a communitarian, sustainable, intergenerational and critical education. Revista Internacional de Educación para la Justicia Social (RIEJS).
Orgilés, M., Morales, A., Delvecchio, E., Mazzeschi, C., & Espada, J. P. (2020). Immediate psychological effects of the COVID-19 quarantine in youth from Italy and Spain. Frontiers in psychology, 11, 579038.
Bradley, S., & Green, C. (Eds.). (2020). The economics of education: A comprehensive overview.
Feng, H., & Wang, J. (2022). Learning in a Digital World: Perspective on Interactive Technologies for Formal and Informal Education: edited by Paloma Díaz, Andri Ioannou, Kaushal Kumar Bhagat, and J. Michael Spector, Springer (Singapore, Singapore), 2019, xviii+ 339pp.,€ 96.29 (ebook), ISBN 978-981-13-8265-9.
Xiong, F., Zang, L., & Gao, Y. (2022). Internet penetration as national innovation capacity: worldwide evidence on the impact of ICTs on innovation development. Information Technology for Development, 28(1), 39-55.
Aguaded, I., Vizcaíno-Verdú, A., García-Prieto, V., & de-Casas-Moreno, P. (2023). The impact of post-pandemic learning loss on education development: A systematic review. Review of Communication Research, 11, 172.
Munir, H. (2022). Reshaping sustainable university education in post-pandemic world: Lessons learned from an empirical study. Education Sciences, 12(8), 524.
Ladson-Billings, G. (2021). I’m here for the hard re-set: Post pandemic pedagogy to preserve our culture. Equity & Excellence in Education, 54(1), 68-78.
Nasution, S. M., Septiawan, R. R., & Ruriawan, M. F. (2024). Implementasi Sistem Manajemen Pembelajaran Daring Berbasis Moodle Dengan Microserver On-Premises Di Sekolah Binekas. Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 2(1).
Nasser, R., Cherif, M., & Romanowski, M. (2011). Factors that impact student usage of the learning management system in Qatari schools. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(6), 39-62.
Srichanyachon, N. (2014). EFL Learners' Perceptions of Using LMS. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 13(4), 30-35.
Coates, H., James, R., & Baldwin, G. (2005). A critical examination of the effects of learning management systems on university teaching and learning. Tertiary education and management, 11(1), 19-36.
Georgouli, K., Skalkidis, I., & Guerreiro, P. (2008). A framework for adopting LMS to introduce e-learning in a traditional course. Journal of Educational Technology & Society, 11(2), 227-240.