Sosialisasi Branding dan Promosi pada Produk Usaha Mikro Kecil Menengah

Penulis

  • Lailatus Sa’adah Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ita Rahmawati Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Ikke Dian Novitasari Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Muhammad Sidiq Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Venny Ainun Masruroh Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
  • Nia Aprilia Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v2i3.1657

Kata Kunci:

Branding, Media Sosial, Promosi, Sosialisasi, UMKM

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peranan yang penting dalam perekonomian di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya UMKM lapangan pekerjaan, pengentasan kemiskinan, kontribusi pada inovasi dan produk domestik bruto Negara Indonesia dapat tercipta. KKN-PPM UNWAHA melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertujuan untuk pelaku UMKM meningkatkan pengetahuan dan keterampilan branding, meningkatkan kemampuan sumber daya dalam Label Produk, dapat memperluas jangkauan pasar dan dapat mengurangi ketergantungan pada metode promosi tradisional. Untuk itu sebagai mahasiswa KKN membantu dengan meberikan solusi dengan mengadakan pengabdian masyarakat dengan sosialisasi dan pelatihan branding dan promosi produk UMKM dalam menunjang kemantapan usaha dan menjangkau pasar yang makin luas, metode pelaksanaan dilaksankan secara offline yang dihadiri oleh pelaku usaha UMKM 45 orang. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat diperoleh bahwa peserta pelaku usaha UMKM merasa puas dengan materi yang disampaikan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menggunakan branding produk sebagai ujung tombak atas produk yang dihasilkan agar dapat menarik sesuai dengan keiinginan sehingga mampu menciptakan loyalitas konsumen terhadap produk yang dihasilkan, serta dengan sosialisasi promosi  produk melalui Instagram, dan Whatsapp  Business agar dapat menjangkau pasar yang luas.

Referensi

R. Afira, Irdam, dan W. Marta, “Majalah Ilmiah UPI YPTK Sosialisasi Desain Visual Brand Identity Friendly Sosialisasi Desain Visual Brand Identity Friendly Bagi Usaha Masyarakat Kecil dan Menengah ( UMKM ),” vol. 28, no. January 2021, hal. 54, 2021, doi: 10.35134/jmi.v28i2.83.

M. Ainurrofiqin, “99 Strategi Branding di Era 4.0.” Anak Hebat Indonesia, DIY Yogyakarta, 2021.

Ahmad Budi Sulistio, “BRANDING SEBAGAI INTI DARI PROMOSI BISNIS Oleh Ahmad Budi Sulistio Branding adalah berbagai kegiatan yang bertujuan untuk membangun dan membesarkan identitas sebuah,” J. ProFilm 2020-Boim-Membangun Brand., hal. 1–16, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://indonesia.sae.edu/wp-content/uploads/2021/02/Branding-Sebagai-Inti-Dari-Promosi-Bisnis.pdf

M. N. E. Brahim, “Produk Kreatif dan Kewirausahaan Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK/MAK Kelas XI Semester 2. Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen. Program Keahlian Akuntansi dan Keuangan. Kompetensi Keahlian Akuntasni dan Keuangan Lembaga.,” Gramedia Widiasarana indonesia. Penerbit Andi, Surabaya, 2021.

A. Liliweri, “Komunikasi Serba Ada Serba Makna.” Kencana Prenada Media Group, 2019.

D. Prasetyo dan T. Noor, “Manajemen Sumber Daya Manusia.” 2024.

D. G. H. Deviyana, “Evaluasi program,” PT. RajaGrafindo Persada. Surabaya, hal. 196, 2018.

M. Anas, “Mengenal Metodologi Pembelajaran.” 2014.

C. R. Semiawan, “?Metode Penelitian Kualitatif,” Japanese circulation journal, vol. 57. Grasindo, Surabaya, hal. 248, 2016.

F. R. S. Edi, “Teori Wawancara Psikodignostik,” Pt LeutikaPrio. Yogyakarta, hal. 126, 2016.

S. Fatimah, “Teori Perencanaan,” Buana Grafika, vol. 148. Uwais Inspirasi Indonesia, Ponorogo, 2019.

H. Hutajulu dan M. Maichal, “Buku Ajar Ilmu Ekonomi dan Bisnis,” PT. Sonpedia Publishing Indonesia. 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.google.co.id/books/edition/Buku_Ajar_Ilmu_Ekonomi_dan_Bisnis/VXD7EAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0

J. Helianthusonfri, “Instagram Marketing untuk Pemula,” vol. 10. Elex Media Komputindo, Jakarta, hal. 160, 2022.

W. Y. Alam, A. P. Pandian, dan M. R. Candy, “Sosial Media Dan Strategi Pemasaran.” hal. 1–2, 2023.

A. B. Surijah, D. Y. Prakasa, F. Ahmad, F. Supriyadi, dan G. Saktiri, “UMKM Sintas Pandemi.” Prasetiya Mulya Publishing, Jakarta Selatan, 2021.

P. Rakmat, “A to Z Big Data CRM Bisnis Online Customer Relationship Management.” CV. Adanu Abimata, Jawa Barat, 2023.

S. Edi, “Branding Di Era 5.0.” Anak Hebat Indonesia, DIY Yogyakarta, hal 18,2023.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-25

Terbitan

Bagian

Articles