Mencipta Puisi Berbasis Pemahaman Unsur-unsur Pembangun Puisi Siswa SMA Assa’adah, Gresik

Penulis

  • Nur Rohmah Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Pana Pramulia Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Agung Pramujiono Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v2i3.1791

Kata Kunci:

Literasi Sastra, Pelatihan Puisi, Siswa Sma, Unsur Pembangun Puisi

Abstrak

Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan kreativitas siswa SMA Assa’adah Gresik melalui pelatihan mencipta puisi yang berfokus pada unsur-unsur pembangun puisi, seperti tema, diksi, imaji, majas, rima, dan irama. Dengan metode pembelajaran interaktif dan berbasis proyek, siswa diberi kesempatan untuk memahami, mengaplikasikan, dan mengembangkan keterampilan menulis puisi secara orisinal. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan menulis puisi siswa, yang didokumentasikan dalam sebuah antologi puisi. Program ini juga mendorong apresiasi siswa terhadap sastra, meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berekspresi, dan memberikan kontribusi pada pengembangan literasi sastra di lingkungan sekolah. Pelatihan mencipta puisi di SMA Assa’adah, Gresik, berhasil meningkatkan literasi, kreativitas, dan apresiasi siswa terhadap sastra melalui pemahaman unsur-unsur puisi dan pendekatan berbasis proyek.

Referensi

R. S. P. Fera Sulastri, “HOW DO I WRITE POETRY? Investigating Students’ Creativity in Writing Poetry,” Jurnal Basis Vol. 6 No.1 April 2019, DOI: 10.33884/basisupb.v6i1, pp. 25-32, 2019.

A. Bahtiar, Kajian Puisi, Tangerang: Pustaka Mandiri, 2017.

N. Wiliams, Contemporary Poetry, Edinburgh: Edinburgh University Press. Retrieved from www.euppublishing.com, 2011.

P. Pramulia, “STILISTIKA DALAM KUMPULAN PUISIKESIUR DARI TIMUR KARYA TIMUR SINAR SUPRABANA,” Arbitrer: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 1 No 3 (2019), DOI: https://doi.org/10.30598/arbitrervol1no3hlm137-148, pp. 137-148, 2019.

M. A. S. B. A. Pana Pramulia, “Pelatihan Penyuntingan Karya Tulis Ilmiah Populer Untuk Siswa Kelas XII SMANegeri 1 Kedamean,” Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, Vol. 3 No. 1 (2024), DOI: https://doi.org/10.58192/sejahtera.v3i1.1712, pp. 157-164, 2024.

D. Citraningrum, “MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN YANG KREATIF,” Belajar Bahasa: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol 1, No 1 (2016), DOI: https://doi.org/10.32528/bb.v1i1.75, pp. 82-90, 2016.

P. Pramulia, “Creative ReadingTerhadap Dongeng Untuk Penulisan Puisi,” Efektor, Vol. 5 No. 2 (2018), DOI: https://doi.org/10.29407/e.v5i2.12321, pp. 146-151, 2018.

Waryanti, “PEMBELAJARAN SASTRA BERBASIS KARAKTER,” Jurnal Ilmiah Buana Bastra: Bahasa, Susastra, dan Pengajaranya, Vol. 2 No. 2 (2015), pp. 1-9, 2015.

A. N. M. D. Zakiyah Ismuwardani, “Implementation of Project Based Learning Model to Increased Creativity and Self-Reliance of Students on Poetry Writing Skills,” Journal of Primary Education Vol 8 (1) (2019), DOI 10.15294/jpe.v8i1.25229, pp. 51-58, 2019.

Riama, “PEMBELAJARAN SASTRA BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH,” Majalah Ilmiah Warta Dharmawangsa, Vol 14, No 3 (2020), DOI: https://doi.org/10.46576/wdw.v14i3.825, pp. 418-427, 2020.

Z. D. F. Fadilah, “RESEPSI PEMBACA TERHADAP UNSUR PEMBANGUN PUISI AFRIZAL MALNA DALAM ANTOLOGI PUISI BERLIN PROPOSAL,” Deiksis, Vol. 12 No. 02 (2020), DOI: 10.30998/deiksis.v12i02.4686, pp. 116-131, 2020.

I. H. A. E. W. A. Heri Susanto, “Media Film Dokumenter dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah Volume 9 (1) 2021, DOI 10.24127/hj.v9i1.2980, pp. 65-78, 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-15

Terbitan

Bagian

Articles