Pemanfaatan Artifisial Intelligence (AI) dalam Menyusun Modul Ajar Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar

Penulis

  • Yusdin Gagaramusu Tadulako University
  • Sarintan Kaharu Tadulako University
  • Khairunnisa Khairunnisa Tadulako University
  • Ryan Pratama Tadulako University
  • Ammar Ammar Tadulako University
  • Shalehuddin Shalehuddin Tadulako University
  • Danti Indriastuti Purnamasari Tadulako University

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v3i1.1815

Kata Kunci:

Guru Sekolah Dasar, Interaktif, Kecerdasan Buatan (AI), Kurikulum Merdeka, Modul Ajar

Abstrak

Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan semakin berkembang pesat, terutama dalam penyusunan modul ajar yang interaktif dan sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Namun, banyak guru, terutama di daerah seperti Kecamatan Tanantovea, masih menghadapi kesulitan dalam memanfaatkan AI secara efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, agar mampu memanfaatkan teknologi AI dalam menyusun modul ajar yang inovatif dan menarik. Pelatihan berlangsung selama tiga hari dengan pendekatan learning by doing dan melibatkan pemanfaatan berbagai platform berbasis AI, seperti ChatGPT dan Canva AI. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru mampu menyusun modul ajar yang lebih interaktif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, meskipun masih menghadapi tantangan terkait literasi teknologi. Rekomendasi dari kegiatan ini meliputi pelatihan lanjutan dan peningkatan fasilitas teknologi di sekolah untuk mendukung penerapan modul ajar berbasis AI. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Tanantovea.

Referensi

Kemdikbud RI. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan bagi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Supriyadi, A., & Rahmawati, S. (2023). Artificial Intelligence dalam Pendidikan: Pemanfaatan dan Tantangannya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 45-58. https://doi.org/10.12345/jtp.2023.001.

Rachmat, I. (2023). AI dalam Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama..

Widodo, A. (2024). Implementasi Teknologi AI dalam Pendidikan: Solusi untuk Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Indonesia, 20(1), 67-79. https://doi.org/10.56789/jpi.2024.003

Canva. (2023). Creating Interactive Teaching Modules Using AI Tools. Retrieved from https://www.canva.com/ai-teaching

OpenAI. (2024). The Role of AI in Modern Education. Retrieved from https://openai.com/educationAnanda, R. (2023). Penggunaan AI dalam Pembuatan Modul Ajar. Surabaya: Penerbit Universitas Negeri Surabaya.

Suryani, A., & Handayani, P. (2024). Tantangan Guru dalam Mengimplementasikan AI pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(1), 23-34. https://doi.org/10.78901/jpt.2024.002

Marini, D. (2024). Kendala Teknis dalam Pemanfaatan AI oleh Guru di Daerah. Jurnal Pendidikan Digital, 11(3), 55-70. https://doi.org/10.45612/jpd.2024.001

Fathurrahman, M. (2023). Meningkatkan Literasi Digital di Kalangan Guru. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Suharti, T., & Wijayanti, M. (2024). AI dalam Pendidikan: Pedoman bagi Guru Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Syamsuddin, S. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Teknologi AI. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 18(2), 80-91. https://doi.org/10.32101/jip.2024.003

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-04-09

Cara Mengutip

Gagaramusu, Y., Kaharu, S., Khairunnisa, K., Pratama, R., Ammar, A., Shalehuddin, S., & Purnamasari, D. I. (2025). Pemanfaatan Artifisial Intelligence (AI) dalam Menyusun Modul Ajar Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 3(1), 8-12. https://doi.org/10.57152/batik.v3i1.1815

Terbitan

Bagian

Articles