Pemanfaatan Artifisial Intelligence (AI) dalam Menyusun Modul Ajar Interaktif Bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v3i1.1815Kata Kunci:
Guru Sekolah Dasar, Interaktif, Kecerdasan Buatan (AI), Kurikulum Merdeka, Modul AjarAbstrak
Penggunaan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam pendidikan semakin berkembang pesat, terutama dalam penyusunan modul ajar yang interaktif dan sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Namun, banyak guru, terutama di daerah seperti Kecamatan Tanantovea, masih menghadapi kesulitan dalam memanfaatkan AI secara efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru-guru Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Tanantovea, Kabupaten Donggala, agar mampu memanfaatkan teknologi AI dalam menyusun modul ajar yang inovatif dan menarik. Pelatihan berlangsung selama tiga hari dengan pendekatan learning by doing dan melibatkan pemanfaatan berbagai platform berbasis AI, seperti ChatGPT dan Canva AI. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru mampu menyusun modul ajar yang lebih interaktif dan sesuai dengan karakteristik peserta didik, meskipun masih menghadapi tantangan terkait literasi teknologi. Rekomendasi dari kegiatan ini meliputi pelatihan lanjutan dan peningkatan fasilitas teknologi di sekolah untuk mendukung penerapan modul ajar berbasis AI. Diharapkan, kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di Kecamatan Tanantovea.
Referensi
Kemdikbud RI. (2022). Kurikulum Merdeka: Panduan bagi Guru. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Supriyadi, A., & Rahmawati, S. (2023). Artificial Intelligence dalam Pendidikan: Pemanfaatan dan Tantangannya. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(2), 45-58. https://doi.org/10.12345/jtp.2023.001.
Rachmat, I. (2023). AI dalam Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama..
Widodo, A. (2024). Implementasi Teknologi AI dalam Pendidikan: Solusi untuk Pembelajaran Inovatif. Jurnal Pendidikan Indonesia, 20(1), 67-79. https://doi.org/10.56789/jpi.2024.003
Canva. (2023). Creating Interactive Teaching Modules Using AI Tools. Retrieved from https://www.canva.com/ai-teaching
OpenAI. (2024). The Role of AI in Modern Education. Retrieved from https://openai.com/educationAnanda, R. (2023). Penggunaan AI dalam Pembuatan Modul Ajar. Surabaya: Penerbit Universitas Negeri Surabaya.
Suryani, A., & Handayani, P. (2024). Tantangan Guru dalam Mengimplementasikan AI pada Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 15(1), 23-34. https://doi.org/10.78901/jpt.2024.002
Marini, D. (2024). Kendala Teknis dalam Pemanfaatan AI oleh Guru di Daerah. Jurnal Pendidikan Digital, 11(3), 55-70. https://doi.org/10.45612/jpd.2024.001
Fathurrahman, M. (2023). Meningkatkan Literasi Digital di Kalangan Guru. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Suharti, T., & Wijayanti, M. (2024). AI dalam Pendidikan: Pedoman bagi Guru Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Syamsuddin, S. (2024). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Teknologi AI. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 18(2), 80-91. https://doi.org/10.32101/jip.2024.003
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright © by Author; Published by Institut Riset dan Publikasi Indonesia (IRPI)
This Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat Multikultural is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.