Literasi Keuangan dalam Pengelolaan Keuangan Pribadi pada Generasi Z

Penulis

  • Virna Museliza Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Identiti Identiti Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rimet Rimet Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Endrianto Ustha Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v1i1.702

Kata Kunci:

Generasi Z, Keuangan Pribadi, Literasi Keuangan, Pekanbaru

Abstrak

Literasi Keuangan adalah rangkaian proses atau aktivitas untuk meningkatkan pengetahuan, keyakinan, dan keterampilam konsumen dan masyarakat sehingga mereka mampu mengelola keuangan yang lebih baik. Bagi pelajar kelas dua belas yang segera akan menjadi Mahasiswa, literasi keuangan diperlukan terutama ketika akan melanjutkan pendidikan di kota yang berbeda dengan kota dimana mereka tinggal bersama orang tua dan keluarga. Karenanya, pengabdian ini diadakan bagi siswa-siswi di Bimbingan Test masuk Perguruan Tinggi Negeri, Bimbingan Terpadu 8 yang bertempat di Jl. Sultan Syarif Kasim No.151-153, Pekanbaru. Pengelolaan keuangan pribadi berada pada ranah, 1) penggunaan dana, 2) penentuan sumber dana, 3) manajemen resiko, 4) perencanaan masa depan. Ke empat hal ini sangat relevan dengan siswa siswi di Bimbingan Terpadu 8 yang rata-rata melanjutkan pendidikan di luar kota Pekanbaru. Karena peserta pengabdian masyarakat ini adalah siswa siswi yang masih dalam tanggungan orang tua, maka penggunaan uang yang dapat dihindari menjadi penekanan utama. Semuanya agar dana yang diperoleh dari orang tua dapat digunakan dengan sebaik-baiknya dan sehemat-hematnya dan tidak menggunakan dana untuk hal yang tidak baik. Termasuk dalam hal baik adalah menyisihkan dana setiap bulannya untuk bersedekah.

Referensi

S. S. Albertus, A. W. Leksono, and R. Vhalery, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Kampus Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa,” Res. Dev. J. Educ., vol. 1, no. 1, p. 33, 2020, doi: 10.30998/rdje.v1i1.7042.

H. W. Lee, “Applying online educational technology to foster financial literacy: Financial-institution leaders’ insights,” Qual. Rep., vol. 24, no. 10, pp. 2625–2654, 2019, doi: 10.46743/2160-3715/2019.3605.

ICES, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap terhadap Uang pada Pengelolaan Keuangan Keluarga The Effect of Financial Literation and Attitude to Money on Family Financial Management,” vol. 4, no. March, pp. 1–19, 2021.

R. Kuntze, C. (Ken) Wu, B. R. Wooldridge, and Y. O. Whang, “Improving financial literacy in college of business students: modernizing delivery tools,” Int. J. Bank Mark., vol. 37, no. 4, pp. 976–990, 2019, doi: 10.1108/IJBM-03-2018-0080.

R. Hidayat and R. Auliyah, “Mengulik Makna Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Bidik Misi Study of Bidikmisi Student Financial Management Meaning,” inFestasi, vol. 16, no. 2, pp. 148–156, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-06

Terbitan

Bagian

Articles