Pola Asuh Keluarga dalam Membentuk Ketahanan Psikis Anak Menurut Persfektif Al-Qur'an di Majelis Ta'lim PPGSM Mushalla Darul Makmur Kampar

Penulis

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nurhayati B Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Sariah Sariah Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yulia Novita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Nurkamelia Mukhtar AH Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v1i2.704

Kata Kunci:

Anak Persfektif Al Qur’an, Darul Makmur, Ketahanan Psikis Anak, Majlis Ta’Lim, Pola Asuh Keluarga

Abstrak

Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah; meningkatkan  pemahaman para ibu dalam  hal pendidikan karakter anak usia dini dan memilih pola asuh yang tepat dalam pembentukan ketahanan psikis anak. Metode yang digunakan dalam pendampingan dengan  partisipatif yaitu Usaha transformasi informasi kepada orang tua, ibu ibu majelis ta’lim  agar adanya pemahaman dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang pola asuh.  Bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian terlihat ketercapaian peserta pelatihan berjumlah 80% dengan kategori baik, ketercapaian penyampaian materi yang telah direncanakan dengan nilai 80% karena  semua materi penting telah disampaikan serta kemampuan pemahaman  peserta dengan nilai 80% terlihat dari  hasil refleksi yang dilakukan diakhir sesi. Secara keseluruhan kegiatan pendampingan memberikan sumbangsih yang baik untuk memberikan pemahaman tentang pendidikan karakter dan pola asuh keluarga.

Referensi

Anas, Salahuddin. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa,

Budhy Munawar, Rachman. (2019). Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Living Values Education. Jakarta: The Asia Foundation

Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

McEwan, E.K. (2014). 10 karakter yang harus dimiliki guru yang sangat efektif. Jakarta: Indeks.

Nucci dan Narvaez. (2015). Handbook pendidikan moral dan karakter. Bandung: Nusa Media

Bandung: Pustaka Setia

Sofan Amri dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.

Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.

Zainal, Aqib dan Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-25

Terbitan

Bagian

Articles