Pola Asuh Keluarga dalam Membentuk Ketahanan Psikis Anak Menurut Persfektif Al-Qur'an di Majelis Ta'lim PPGSM Mushalla Darul Makmur Kampar
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v1i2.704Kata Kunci:
Anak Persfektif Al Qur’an, Darul Makmur, Ketahanan Psikis Anak, Majlis Ta’Lim, Pola Asuh KeluargaAbstrak
Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat adalah; meningkatkan pemahaman para ibu dalam hal pendidikan karakter anak usia dini dan memilih pola asuh yang tepat dalam pembentukan ketahanan psikis anak. Metode yang digunakan dalam pendampingan dengan partisipatif yaitu Usaha transformasi informasi kepada orang tua, ibu ibu majelis ta’lim agar adanya pemahaman dan peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang pola asuh. Bentuk kegiatan pengabdian yang dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian terlihat ketercapaian peserta pelatihan berjumlah 80% dengan kategori baik, ketercapaian penyampaian materi yang telah direncanakan dengan nilai 80% karena semua materi penting telah disampaikan serta kemampuan pemahaman peserta dengan nilai 80% terlihat dari hasil refleksi yang dilakukan diakhir sesi. Secara keseluruhan kegiatan pendampingan memberikan sumbangsih yang baik untuk memberikan pemahaman tentang pendidikan karakter dan pola asuh keluarga.
Referensi
Anas, Salahuddin. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa,
Budhy Munawar, Rachman. (2019). Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Living Values Education. Jakarta: The Asia Foundation
Koesoema, D. (2010). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.
Lickona, T. (2013). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.
McEwan, E.K. (2014). 10 karakter yang harus dimiliki guru yang sangat efektif. Jakarta: Indeks.
Nucci dan Narvaez. (2015). Handbook pendidikan moral dan karakter. Bandung: Nusa Media
Bandung: Pustaka Setia
Sofan Amri dkk. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran.
Suyadi. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Rosdakarya.
Zainal, Aqib dan Sujak. (2011). Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.