Peran Serta Masyarakat Desa Pulau Bengkalis dalam Mendukung Industri Kreatif Daerah dengan Berbasiskan Teknologi Informasi

Penulis

  • Mustakim Mustakim Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Eki Saputra Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Trio Laksono Sekolah Tingi Agama Islam Negeri Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v1i1.705

Kata Kunci:

Bantan, Bengkalis, Industri Kreatif, Marketing, Teknologi Informasi

Abstrak

Bengkalis merupakan salah satu Kabupaten di Provinis Riau yang memiliki potensi Ekonomi Kreatif dan Intustri Kreatif di Indonesia. Kabupaten yang terletak di kepulauan dengan sumber pendapatan tinggi di Riau, salah satunya adalah Kecamatan Bantan. Lebih dari 78% masyarakat Bantan berusia 17-35 Tahun telah mengenal terknologi internet dan hampir 83% dari total tersebut dapat mengoperasikan dan menggunakan teknologi internet. Hal ini menjadi daya tarik sendiri untuk mengembangkan potensi daerah melalu teknologi informasi dan komunikasi. Perlunya pendampingan dan pengembangan media online untuk masyarakata sekitar Kecamatan Bantan tersebut menjadi tantangan bagi akademisi dan pengabdi. Hasil survei yang dilakukan terhadap 25 responder yang dilatih menunjukkan Sosialisasi Promosi/ e-Marketing (76%), Sosialisasi Operator Sistem (88%) dan Sosialisasi Mantenance Sistem (64). Lebih dari 80% respon pengguna mengatakan mudah dan dapat menggunakan sistem yang telah dibangun. Serta lebih dari 90% memiliki perangkat pendukung. Hal ini menandakan bahwa kegiatan yang dilakukan berhasil dan mampu diterapkan pada tempat studi.

Referensi

BPS Bengkalis dalam Angka 2022. Buku Induk Badan Pusat Statistik: Pemerintahan pada Kabupaten Bengkalis. 2022

BPS Riau dalam Angka 2022. Buku Induk Badan Pusat Statisstik: Penduduk dan Ketenagakerjaan. 2022

Bappeda Bengkalis RPJMD 2021-2026. Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkalis Tahun 2021-2026. 2023

https://bengkaliskab.go.id/berita/dua-desa-di-kabupaten-bengkalis-menjadi-desa-broadband Desa Braodband Terpadu (diakses Tanggal 04 Mei 2023)

Kasmawi,. Mansur., Fitri, Diah Angraina. Sistem Informasi Promosi Produk:Studi pada Usaha Kecil Menengah Kota Bengkalis. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Digital Zone. Vol 9(1), 59-70. 2018

https://jdih.kemenparekraf.go.id/katalog-1039-produk-hukum Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (diakses Tanggal 04 Mei 2023)

Basry, Asril., Sari, Essy Malays. Penggunaan teknologi Informasi dan Komunikasi(TIK) pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). IKRA-ITH Informatika. Vol 2(3), 53-60. 2018

Prasetya, Shandy Julian. Inovasi Usaha Mikro Kecil Untuk E-Marketing Pada

Komoditas Jagung., Halaman 1-11. teknologiterkini.org. Vol 2(5). 2022

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-06

Terbitan

Bagian

Articles