Pembimbingan Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Bagi Dosen dan Mahasiswa Se-Kota Pekanbaru

Penulis

  • Rika Taslim Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Rice Novita Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Oktaf Brillian Kharisma Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Mustakim Mustakim Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Farhan Dio Pahlevi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v1i1.706

Kata Kunci:

Artikel Ilmiah Bereputasi, Dosen, Publikasi Ilmiah, Sinta, Tri Dharma Perguruan Tinggi

Abstrak

Dosen selain mengajar mata kuliah di kampus, juga melakukan penelitian untuk mewujudkan Tri Darma Perguruan tinggi disamping pengabdian dan pengajaran. Peranan dalam perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah dengan menggiatkan kemampuan menulis dan mendorong pelaksanaan publikasi ilmiah. Publikasi dosen yang berada di Provinsi Riau, masih jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan beberapa Universitas ternama di Indonesia, salah satunya adalah Universitas Indonesia. Dalam dokumen publikasi Sinta, kualitas Dosen yang ada di Riau perlu ditingkatkan dalam hal publikasi ilmiah. Untuk itu diperlukan suatu panduan atau bimbingan teknis dalam penulisan karya tulis ilmiah bagi Mahasiwa, baik Mahasiswa jenjang Diploma, S1, S2, maupun S3 serta Dosen. Berdasarkan hasil dari evaluasi dari kuesioner, peserta kegiatan terdiri dari Mahasiswa 15 Orang, guru 1 Orang dan Dosen 24 Orang yang berasal dari institusi-institusi lain yang ada di Riau lebih dari 85% dapat mengikuti dengan baik, lebih dari 95% mudah dan memahami materi yang disampaikan serta lebih dari 90% memiliki hasil akhir sesuai harapan.

Referensi

Abrori, M., L., Alfyandi, Indriadi, F., Trisnaningtyas, A., & Deviyanti. (2019). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir Mahasiswa. Bogor. Penerbit IPB Press.

Budiyanto, E., & Nugroho, E. (2020). Pelatihan Penulisan dan Submit Artikel Ilmiah Melalui Online Journal System Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir. Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Ginting, B., br. (2021). Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Dosen AMIK Medicom. Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 5(2).

Heriyudanta, M. (2021). Analisis Kompetensi Menulisa Karya Ilmiah Mahasiswa di Indonesia. Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1).

SINTA - Science and Technology Index (kemdikbud.go.id).

Ismail, & Elihami. (2019). Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1).

Mardhiyah, R., H, Aldriani, S., N., F., Chitta, F., & Zulfikar, M., R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-06

Terbitan

Bagian

Articles