Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Power Point untuk Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v1i1.769Kata Kunci:
Matematika, Media Pembelajaran, Pelatihan, Power PointAbstrak
Media sebagai salah satu pendukung dalam penyampaian materi yang dilakukan oleh seorang guru. Untuk memudahkan pekerjaan setiap orang tentunya membutuhkan alat untuk mendukung kegiatan tersebut guna menyelesaikannya dengan baik dan memperoleh hasil memuaskan. Media merupakan alat yang harus ada apabila kita ingin memudahkan sesuatu dalam pekerjaan. Terwujudnya pembelajaran yang efektif melalui media pembelajaran yang menarik dan inovatif merupakan cita-cita pendidikan kita. Adanya media pada proses belajar mengajar, diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajran lebih visual, interaktif, menarik, mudah dan cepat dimengerti. Perkembangan media atau alat bantu proses pembelajaran untuk memahami konsep dasar matematika telah banyak mengalami perkembangan, terutama pada tingkat sekolah dasar dan menengah. Kegiatan pembelajaran yang masih bersifat konvensional akan berdampak pada kejenuhan siswa dan pemahaman konsep dasar yang tidak maksimal. Penerapan media pembelajaran dengan powerpoint saat ini belum dikembangkan oleh guru-guru di SD N 1 Tanjung Inten. Karena masih ada beberapa guru yang belum memanfaatkan perkembangan teknologi secara maksimal. Sehingga perlu adanya pelatihan guna mengasah kemampuan guru untuk meningkatkan kemampuan dalam memberikan materi pembelajaran. Metode dalam kegiatan ini merupakan pemberian pelatihan serta mempraktekkan langsung cara pembuatan pembelajaran khususnya bidang matematika dengan power point.
Referensi
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 111.
Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 99 Kota Bengkulu (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D.2017. Pembelajaran Matematika Geometri Secara Realistis Dengan GeoGebra. Matematika, 16(2). pp 1-6.
Ormrod, J.E. (2002). Psikologi pendidikan membantu peserta didik tumbuh dan berkembang. Jakarta: Erlangga technology for learning, 7 th edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Safitri, M., Hartono, Y., & Somakim, S. 2017. Pengembangan media pembelajaran matematika pokok bahasan segitiga menggunakan macromedia flash untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan, 14(2), pp 62-72.
Anggun, Syamsi, Alizar. 2019. Pengembangan Media Pmbelajaran Interaktif Power Point Berbasi Inkuiri Terbimbing pada Materi Zat Aditif Kelas VIII SMP/MTS. Jurnal Menara Ilmu. Volume XIII(2): 136-145.
Anyan, Benecditus, Hendry. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Interactif Berbasis Microsoft Power Point. Jurnal Pendidikan dan Teknologi. Volume 1 (1): 14-20