Pembinaan Karakter Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) Melalui Page Grup di Lembaga Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial (LPKS) Dharmapala Indralaya

Penulis

  • Fitriana Fitriana Universitas Sriwijaya
  • Sri Safrina Universitas Sriwijaya
  • Nurbuana Nurbuana Universitas Sriwijaya
  • Nurhasan Nurhasan Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.57152/batik.v1i2.775

Kata Kunci:

ABH, Karakter Anak, LPKS, Page Group, Pembinaan

Abstrak

Pembinaan karakter anak yang berhadapan dengan hukum adalah suatu proses penting untuk membantu anak memahami konsekuensi dari tindakan mereka dan memperbaiki perilaku mereka ke arah yang lebih positif. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil dalam membangun karakter anak yang berhadapan dengan hukum diantaranya dengan adanya komunikasi terbuka, penegakan aturan, pembinaan nilai dan etika, pendidikan alternatif, peran model salku orang tua menjadi teladan serta membberikan dukungan secara psikologis . Penting untuk diingat bahwa setiap anak adalah unik, dan metode pembinaan karakter dapat bervariasi tergantung pada kebutuhan dan situasi masing-masing anak. Jika anak terlibat dalam masalah hukum yang serius, penting untuk mencari bantuan dari profesional yang berkompeten, seperti konselor atau pengacara anak, untuk memberikan panduan dan dukungan yang tepat.

Referensi

Susantyo, B., Setiawan, H. H., & Sabarisman, M. (2016). Implementasi Undang Undang Nomor 11 Tahun 2012 Tentang Sistem Peradilan Pidana Anak: Dalam Perspektif Kementerian Sosial. Sosio Konsepsia, 5(3), 169-183.

Suharto, F. H. A., Wibhawa, B., & Hidayat, E. N. (2015). Interaksi Didalam Keluarga Dengan Anak Berhadapan Dengan Hukum Di Panti Sosial Masurdi Putra Bambu Apus Jakarta. Share: Social Work Journal, 5(1).

Pramono, N., Fadillah, G. F., & Hidayati, A. N. (2022). BIMBINGAN PADA ANAK BERHADAPAN HUKUM DALAM MENGHADAPI KECEMASAN SAAT SIDANG PENGADILAN DI BALAI PERLINDUNGAN DAN REHABILITASI SOSIAL REMAJA YOGYAKARTA, INDONESIA. Jurnal Anifa: Studi Gender dan Anak, 3(2), 151-164.

Krisna, L. A. (2018). Hukum Perlindungan Anak: Panduan Memahami Anak yang Berkonflik dengan Hukum. Deepublish.

Alissa, E. C. P. (2023). PEMBINAAN MENTAL TERHADAP ANAK BERHADAPAN DENGAN HUKUM (ABH) PADA PERKARA TINDAK PIDANA NARKOTIKA DI BALAI PEMASYARAKATAN KELAS II KOTA BANDAR LAMPUNG (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Firdaus, F. (2014). Upaya Pembinaan Rohani dan Mental. Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama, 9(1), 119-142.

Saddam, M. (2022). Konsep Pembinaan Karakter Anak Menurut Abdul Malik Fadjar (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-25

Terbitan

Bagian

Articles