Implemantasi Mata Kuliah Kewirausahaan 1 Melalui Kegiatan Bazar untuk Menumbuhkan Jiwa Wirausaha pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v1i2.776Kata Kunci:
Bazar, Implemantasi, Jiwa Wirausaha, Mahasiswa, MatakuliahAbstrak
Peranan lembaga pendidikan dalam meyiapkan strategi pembelajaran, pelatihan dan fasilitasi di bidang kewiraushaan untuk mahasiswa pada keilmuan manajemen atau ilmu ekonomi bisnis sangat penting bahkan sekarang kewirausahaan diajarkan ke semua rumpun ilmu. Matakuliah Kewirausahaan ini dikemas dan dikembangkanberdasarkan kebutuhan rill, yakni sesuai dengan kebutuhan zaman. Tujuan pengabdian ini untuk menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa melalui kegiatan bazar. Metode pengabdian dalam beberapa tahap kegiatan seperti indentifikasi produk, kelompok sasaran, tahapan persiapan, bentuk kegiatan, waktu dan tempat pelaksanaan dan evaluasi melalui instrumen penilaian. Hasil pengabdian menunjukan bahwa mahasiswa hingga lulusan sudah memiliki jiwa wirausha dan telah difasilitasi berupa kegiatan bazar.
Referensi
S. W. Rahaded, “( Implementasi Pendidikan dalam Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan di Perguruan Tinggi ) Studi pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Non- Muhammadiyah,” vol. 6, no. April, pp. 51–60, 2023.
K. D. . KMaria G . Egeten1 , George M . V Kawung2, “ANALISIS PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN JUMLAH ANGKATAN KERJA TERHADAP TINGKAT PENGANGGURAN TERBUKA DI KOTA-KOTA YANG ADA DI PROVINSI SULAWESI UTARA,” J. Berk. Ilm. Efisiensi, vol. 23, no. 3, pp. 25–36, 2023.
N. L. W. W. Putri, “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 9, no. 1, p. 137, 2017, doi: 10.23887/jjpe.v9i1.19998.
M. G. Rizki, “Pengaruh Faktor Dukungan Universitas Dan Kepribadian Proaktif Terhadap Intensi Berwirausaha Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi,” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj., vol. 4, no. 1, pp. 345–359, 2019, [Online].
D. P. Utami, U. Hasanah, I. Windani, I. A. Wicaksono, D. Widiyantono, and Z. Zulfanita, “Penguatan Minat Wirausaha Mahasiswa Melalui Pendampingan Penyusunan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa-Kewirausahaan Pada Mahasiswa Program Studi Agribisnis Universitas Muhammadiyah Purworejo,” SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 2, p. 936, 2022, doi: 10.31764/jpmb.v6i2.8787.
A. Pangiuk, “Implementasi Mata Kuliah Kewirausahaan Dan Pengantar Bisnis Dalam Meningkatkan Minat Entrepreneur Mahasiswa (Studi Mahasiswa FEBI UIN Jambi),” Indones. J. Islam. …, vol. 4, pp. 40–54, 2019
B. H. S. P. Ramdhan, “Implementasi Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa Bidang Kewirausahaan, Inovasi Alat Kesehatan Portabel Dalam Rangka Membuka Peluang Usaha Mahasiswa,” Asian J. Innov. Entrep., vol. 02, no. Vol 2, No 03 (2017): September 2017, pp. 220–230, 2017