Pengajaran Bahasa Inggris dan Kombinasi Lagu dengan Ansambel Musik Angklung dan Pianika dalam Menyambut Kelahiran Tuhan Yesus Kristus
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v1i3.876Kata Kunci:
Angklung, Ansambel Musik, HKBP, Praktik Lapangan Tematik, PianikaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi mata kuliah Praktik Lapangan Tematik beserta salah satu syarat S1 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas HKBP Nommensen Medan Praktik Lapangan Tematik (PLT) yang merupakan kegiatan di luar kampus dengan metode memberikan pengalaman belajar dan bekerja kepada Mahasiswa dalam kegiatan yang menambah pengalaman bagi Mahasiswa kepada masyarakat dalam bentuk nyata. Pengabdian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam pengumpulan data. Dalam proses PLT, Mahasiswa mengajarkan Bahasa inggris dan kombinasi lagu "The First Noel" dengan ansambel musik Angklung dan Pianika dalam menyambut kelahiran Tuhan Yesus di Sekolah Minggu HKBP Nommensen Pulo Brayan. Hasil dari penelitian dan pengabdian ini menunjukkan bahwa anak anak sekolah minggu dapat menampilkan langsung yang telah mereka pelajari diacara natal sekolah minggu pada tanggal 10 desember 2022. Studi menujukkan bahwa PLT dari Fakultas Bahasa dan Seni UHN-Medan dapat terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan kegiatan nyata agar lebih dikenal dan dekat kepada masyarakat jemaat Gereja.
Referensi
A.J. Panggabean, S.F. Malau, C.A. Marpaung and R.S. Pasaribu, “Praktik Lapang Tematik: Metode Pengajaran, Pelatihan dan Pemdampingan Bahasa Inggris dan Seni Musik pada Anak Sekolah Dasar di Dataran Tinggi Binjai Timur”, CITRA ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp: 77-83, 2022
J.E. Mangaraja, J. Batubara, Y.F.H.T. Laia, R. Tanjung and R.M. Situmorang, "Penerapan Musik dan Bahasa Inggris dengan Kegiatan Drama Musikal dan Liturgi Bahasa Inggris Melalui Praktik Lapangan Tematik di Gereja HKBP Laut Dendang", Jurnal Pengabdian Seni, vol. 4, no. 1, pp: 21-25, 2023
Herman et al, "Strengthening Character Education Through School Culture at SMK Swasta Teladan Tanah Jawa", ABDI DOSEN: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp: 178-186, 2021
M. Subiyati, “Bahasa Inggris: Tumbuh Mengglobal dari Bahasa Tertindas Sampai Bahasa Kebutuhan Intelektual”, Cakrawala Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp: 17-27, 1995
Dalilan, “The Role of French Language In The History of English”, Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, vol. 14, no. 1, pp: 53-61, 2014
https://www.lingoace.com/id/artikel/bahasa-inggris/sejarah-bahasa-inggris-bisa-jadi-bahasa-internasional/ diakses 12 Maret 2023
E.L. Sutigno, O.D. Nurhayati, and K.T. Martono, "Perancangan Media Pembelajaran Alat Musik Pianika Menggunakan Greenfoot", Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol .3, no.1, pp: 36-43, 2015
A.Nortavianaa, S. Sumarnob and R.P.N. Puji, "The Dynamics of Traditional Art Angklung Caruk Banyuwangi Regency 1999-2018", Jurnal Historica, vol. 3, no. 2, pp: 166-173
N. Evasanti and A. Kumara, "Bermain Musik Ansambel dan Perilaku Asertif dalam Belajar Sight Reading", Gadjah Mada Journal of Psychology, vol. 1, no. 2, pp: 82 – 95, 2015
R. Respati and U.S. Fuadah, "Pembelajaran Ansambel Musik untuk Siswa Kelas Tinggi Sekolah Dasar", Indonesian Journal of Primary Education, vol. 2, no. 1, pp: 30-37, 2018