Peningkatkan Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar dan Latihan Instrument Piano pada Anak Sekolah Minggu di Gereja HKBP Tanjung Mulia
DOI:
https://doi.org/10.57152/batik.v1i3.878Kata Kunci:
Bahasa Inggris Dasar, Fakultas Bahasa dan Seni, HKBP Tanjung Mulia, Musik, Praktik Lapangan TematikAbstrak
Praktik Lapangan Tematik adalah suatu bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat. Dengan diadakannya PLT, diharapkan seorang mahasiswa semakin matang dengan disiplin keilmuannya. PLT juga berupaya mewujudkan pendidikan yang lebih efektif yaitu pendidikan yang langsung dialami oleh mahasiswa. Jadi tidak hanya sekadar materi tetapi yang lebih penting adalah aplikasi dari teori-teori yang telah diperoleh di bangku kuliah yang harus diterapkan dalam lingkungan masyarakat karena terkadang teori-teori yang telah didapat di bangku kuliah tidak sama dengan kenyataan yang ada di lingkungan masyarakat. Dan sasaran dari tujuan Praktik Lapangan Tematik ini adalah anak-anak sekolah minggu yang akan diajarkan Bahasa Inggris dan Pelatihan bermain alat musik Piano dan Keyboard, dari kegiatan program praktik lapangan tematik ini penulis menyimpulkan bahwa banyak hal positif yang didapat dan dibagikan selama program praktik lapangan tematik ini berlangsung, dan lebih banyak belajar bersosialisasi serta bagaimana dalam saling menghargai dan saling mendukung. Selain dapat melaksanakan pengabdian kepada jemaat HKBP Tanjung Mulia penulis juga mendapatkan manfaat dan pengalaman yang sangat berarti yang dapat mengaplikasikan secara langsung pengalaman belajar yang dimiliki selama masa perkuliahan kepada jemaat Gereja HKBP Tanjung Mulia.
Referensi
A.J. Panggabean, S.F. Malau, C.A. Marpaung and R.S. Pasaribu, “Praktik Lapang Tematik: Metode Pengajaran, Pelatihan dan Pemdampingan Bahasa Inggris dan Seni Musik pada Anak Sekolah Dasar di Dataran Tinggi Binjai Timur”, CITRA ABDIMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 1, no. 2, pp: 77-83, 2022
J.E. Mangaraja, J. Batubara, Y.F.H.T. Laia, R. Tanjung and R.M. Situmorang, "Penerapan Musik dan Bahasa Inggris dengan Kegiatan Drama Musikal dan Liturgi Bahasa Inggris Melalui Praktik Lapangan Tematik di Gereja HKBP Laut Dendang", Jurnal Pengabdian Seni, vol. 4, no. 1, pp: 21-25, 2023
Herman et al, "Strengthening Character Education Through School Culture at SMK Swasta Teladan Tanah Jawa", ABDI DOSEN: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, vol. 5, no. 2, pp: 178-186, 2021
Desyandri, "PERAN SENI MUSIK DALAM PENDIDIKAN MULTIKULTURAL", Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, vol. 2, no. 1, pp: 1-12, 2014.
J.L. Friedmann, "The Value of Sacred Music; an Anthology of Essential Writings 1801-1918". Jefferson, North Carolina, & London: McFarland & Company Inc., Publishers, 1980
M. Subiyati, “Bahasa Inggris: Tumbuh Mengglobal dari Bahasa Tertindas Sampai Bahasa Kebutuhan Intelektual”, Cakrawala Pendidikan, vol. 1, no. 1, pp: 17-27, 1995
Dalilan, “The Role of French Language In The History of English”, Tamaddun: Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam, vol. 14, no. 1, pp: 53-61, 2014
L. Halimah, “Musik Dalam Pembelajaran”, EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, vol. 2, no. 2, 2016.