Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) Tren Produk Kosmetik di Aplikasi TikTok pada Mahasiswi
Keywords:
FoMO, Tren, Kosmetik, TikTokAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tren produk kosmetik di aplikasi TikTok yang memikat kalangan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fenomena FoMO tren produk kosmetik yang ada di aplikasi TikTok dikalangan para mahasiswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian berfokus pada pengamatan mendalam terhadap fenomena yang terjadi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, penelitian diarahkan untuk menjelaskan gejala, fakta, atau kejadian secara sistematis dan akurat. Hasil yang ddiperoleh dari penelitian ini adalah fenomena Fear of Missing Out (FoMO) tren produk kosmetik saat ini terjadi di kalangan mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Maraknya konten produk kosmetik seperti skincare dan make-up membuat para mahasiswi tidak dapat mengelak bahwa mayoritas dari mereka tertarik ingin memiliki produk yang sama dengan yang dimiliki banyak orang. Terdapat mahasiswi yang bertindak boros (tabzir) dan berlebih-lebihan (israf) dalam mengkonsumsi produk kosmetik akibat fenomena ini. Di sisi lainnya, terdapat pula mahasiswi yang tetap berhati-hati dan memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli produk kosmetik yang tren di aplikasi TikTok
References
Baitul Hamdi, Prinsip dan Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah), Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, Volume 23., No. 1., (2022), h. 2.
Charisma Jalil Indranata, Perilaku Konsumen Islam Modern Perspektif Konsumsi dalam Islam, Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Volume 22., No. 1., (2022), h. 59
Departemen Agama RI, 2011, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Bintang Indonesia
Desi Andriani, Mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau, Wawancara, Pekanbaru, 15 Desember 2023
Ekawati Rahayu Ningsih, 2021, Perilaku Konsumen: Pengembangan Konsep dan Praktek Dalam Pemasaran, Yogyakarta: Idea Press
Ellitte Millenitta Umbarani dan Agus Fakhruddin, Konsep Mempercantik Diri Dalam Perspektif Islam dan Sains, Dinamika Sosial Budaya, Volume 23., No. 1., (2021), h. 118
Fatikhatul Malikah, Konsep Mubazir dalam Al-Quran (Relevansinya terhadap Fenomena Belanja Online Tanggal Cantik), Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022
Hardani et.al., Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020
Hasnidar Thamrin dan Adnan Achiruddin Saleh, Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa, Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, Volume 11., No. 1., (2021), h. 2.
Kadek Wirasukessa dan I Gede Sanica, Fear of Missing Out dan Hedonisme pada Perilaku Konsumtif Millenials: Peran Mediasi Subjective Norm dan Attitude, Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi,& Akuntansi (MEA), Volume 7., No. 1., (2023), h. 158.
Kementerian Perindustrian RI, Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%, Artikel diakses pada 27 September 2023 dari https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri- Kosmetik- NasionalTumbuh20
Ni Nyoman Alit Sriatini dan Ni Made Hartini, Pengaruh Testimoni dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk, Journal Research of Management, Volume 4., No. 1., (2022), h. 12
Patrick J. McGinnis, 2020. Fear of Missing Out: Tepat Mengambil Keputusan di Dunia yang Menyajikan Terlalu Banyak Pilihan, alih bahasa oleh Annisa C Putri, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Sabrina Rhamadanty, Pendapatan Industri Kecantikan dan Perawatan Pribadi Indonesia Capai USD 8 Miliar, Artikel diakses pada 27 September 2023 dari https://industri.kontan.co.id/news/pendapatan-industri-kecantikan-dan-perawatan-pribadi- indonesia-capai-us809-miliar.
Sandu Siyoto dan Muhammad Ali Sodik, 2015, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing
Siti Khoiriyah, Mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau, Wawancara, Pekanbaru, 15 Desember 2023
Trisya Frida, 5 Konten TikTok Ini Paling Diminati, Dapat Views Banyak Dalam Waktu Singkat, Artikel diakses pada 27 September 2023 dari https://www.viva.co.id/digital/digilife/1624255-5-konten- TikTok-ini-paling-diminati-dapat-views-banyak-dalam-waktu-singkat.
We Are Social, Digital 2023: Indonesia, Artikel diakses pada 26 September 2023 dari https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Aziza Salsabila, Haniah Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.