Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) Tren Produk Kosmetik di Aplikasi TikTok pada Mahasiswi

Authors

  • Nurul Aziza Salsabila Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Haniah Lubis Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

FoMO, Tren, Kosmetik, TikTok

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tren produk kosmetik di aplikasi TikTok yang memikat kalangan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fenomena FoMO tren produk kosmetik yang ada di aplikasi TikTok dikalangan para mahasiswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian berfokus pada pengamatan mendalam terhadap fenomena yang terjadi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, penelitian diarahkan untuk menjelaskan gejala, fakta, atau kejadian secara sistematis dan akurat. Hasil yang ddiperoleh dari penelitian ini adalah fenomena Fear of Missing Out (FoMO) tren produk kosmetik saat ini terjadi di kalangan mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Maraknya konten produk kosmetik seperti skincare dan make-up membuat para mahasiswi tidak dapat mengelak bahwa mayoritas dari mereka tertarik ingin memiliki produk yang sama dengan yang dimiliki banyak orang. Terdapat mahasiswi yang bertindak boros (tabzir) dan berlebih-lebihan (israf) dalam mengkonsumsi produk kosmetik akibat fenomena ini. Di sisi lainnya, terdapat pula mahasiswi yang tetap berhati-hati dan memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli produk kosmetik yang tren di aplikasi TikTok

Author Biography

Nurul Aziza Salsabila, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

lecturer

References

Baitul Hamdi, Prinsip dan Etika Konsumsi Islam (Tinjauan Maqashid Syariah), Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, Volume 23., No. 1., (2022), h. 2.

Charisma Jalil Indranata, Perilaku Konsumen Islam Modern Perspektif Konsumsi dalam Islam, Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, Volume 22., No. 1., (2022), h. 59

Departemen Agama RI, 2011, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Bintang Indonesia

Desi Andriani, Mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau, Wawancara, Pekanbaru, 15 Desember 2023

Ekawati Rahayu Ningsih, 2021, Perilaku Konsumen: Pengembangan Konsep dan Praktek Dalam Pemasaran, Yogyakarta: Idea Press

Ellitte Millenitta Umbarani dan Agus Fakhruddin, Konsep Mempercantik Diri Dalam Perspektif Islam dan Sains, Dinamika Sosial Budaya, Volume 23., No. 1., (2021), h. 118

Fatikhatul Malikah, Konsep Mubazir dalam Al-Quran (Relevansinya terhadap Fenomena Belanja Online Tanggal Cantik), Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, 2022

Hardani et.al., Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group, 2020

Hasnidar Thamrin dan Adnan Achiruddin Saleh, Hubungan Antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa, Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, Volume 11., No. 1., (2021), h. 2.

Kadek Wirasukessa dan I Gede Sanica, Fear of Missing Out dan Hedonisme pada Perilaku Konsumtif Millenials: Peran Mediasi Subjective Norm dan Attitude, Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi,& Akuntansi (MEA), Volume 7., No. 1., (2023), h. 158.

Kementerian Perindustrian RI, Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20%, Artikel diakses pada 27 September 2023 dari https://kemenperin.go.id/artikel/18957/Industri- Kosmetik- NasionalTumbuh20

Ni Nyoman Alit Sriatini dan Ni Made Hartini, Pengaruh Testimoni dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Produk, Journal Research of Management, Volume 4., No. 1., (2022), h. 12

Patrick J. McGinnis, 2020. Fear of Missing Out: Tepat Mengambil Keputusan di Dunia yang Menyajikan Terlalu Banyak Pilihan, alih bahasa oleh Annisa C Putri, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Sabrina Rhamadanty, Pendapatan Industri Kecantikan dan Perawatan Pribadi Indonesia Capai USD 8 Miliar, Artikel diakses pada 27 September 2023 dari https://industri.kontan.co.id/news/pendapatan-industri-kecantikan-dan-perawatan-pribadi- indonesia-capai-us809-miliar.

Sandu Siyoto dan Muhammad Ali Sodik, 2015, Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Siti Khoiriyah, Mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau, Wawancara, Pekanbaru, 15 Desember 2023

Trisya Frida, 5 Konten TikTok Ini Paling Diminati, Dapat Views Banyak Dalam Waktu Singkat, Artikel diakses pada 27 September 2023 dari https://www.viva.co.id/digital/digilife/1624255-5-konten- TikTok-ini-paling-diminati-dapat-views-banyak-dalam-waktu-singkat.

We Are Social, Digital 2023: Indonesia, Artikel diakses pada 26 September 2023 dari https://wearesocial.com/id/blog/2023/01/digital-2023/.

Published

2024-05-18

How to Cite

Salsabila, N. A., & Lubis, H. (2024). Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) Tren Produk Kosmetik di Aplikasi TikTok pada Mahasiswi. IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management, 3(1), 17-26. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/1331