Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
Keywords:
Service quality, Satisfaction, Student.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Dimensi kualitas pelayanan yang dipakai adalah kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Responden pada penelitian ini adalah 96 orang mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 64,4%.
References
Freddy, R. (2003). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Guntara, S. B., & Suryani, N. (2017). Pengaruh Pengolahan Koleksi, Kompetensi Pengelola, dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 973–986.
Hayati, M. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Aceh. Jurnal Perpustakaan, Vol.1 No.1.
Inawati, I. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Otomasi Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1).
Indonesia, P. N. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. , (2007).
Irawan, D. (2012). Handi. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Media Elex Media Komputindo.
Istiana, P. (2014). Layanan perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13th end). New Jersey.
Muljono, P. (1996). Pemanfaatan Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan Pertanian, Vol.1. Napitupulu, D., Rahim, R., Abdullah, D., Setiawan, M. I., Abdillah, L. A., Ahmar, A. S., … Pranolo, A. (2018). Analysis of student satisfaction toward quality of service facility. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 12019. IOP Publishing.
Nurendah, Y., & Mulyana, M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 91–105.
Riduwan, S. N., & Asep, S. (2010). Statistika Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Samosir, Z. Z. (2005). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1(1).
Sari, P., & Jamil, B. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan Kota Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 4(1), 1–15.
Suryanto, S., & Erlianti, G. (2018). Kecerdasan Emosional Pustakawan Dalam Melayani Pemustaka. BIBLIOTIKA?: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.17977/um008v2i22018p072
Tjiptono, F. (2005). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia Publishing, 104.
Tjiptono, F. (2008). Service management mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Zhang, J., Wang, J., Min, S. D., Chen, K. K., & Huang, H. (2016). Influence of curriculum quality and educational service quality on student experiences: A case study in sport management programs. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 18, 81–91.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.