Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang

Authors

  • Zetri Rahmat Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim

Keywords:

Service quality, Satisfaction, Student.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (service quality) terhadap kepuasan mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Dimensi kualitas pelayanan yang dipakai adalah kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Responden pada penelitian ini adalah 96 orang mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 64,4%.

References

Freddy, R. (2003). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Guntara, S. B., & Suryani, N. (2017). Pengaruh Pengolahan Koleksi, Kompetensi Pengelola, dan Fasilitas Perpustakaan Terhadap Kualitas Pelayanan Perpustakaan. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 973–986.

Hayati, M. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pemustaka Di Badan Arsip Dan Perpustakaan Provinsi Aceh. Jurnal Perpustakaan, Vol.1 No.1.

Inawati, I. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Otomasi Perpustakaan Terhadap Kepuasan Pemustaka. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1).

Indonesia, P. N. R. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. , (2007).

Irawan, D. (2012). Handi. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Media Elex Media Komputindo.

Istiana, P. (2014). Layanan perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Marketing management (13th end). New Jersey.

Muljono, P. (1996). Pemanfaatan Perpustakaan. Jurnal Perpustakaan Pertanian, Vol.1. Napitupulu, D., Rahim, R., Abdullah, D., Setiawan, M. I., Abdillah, L. A., Ahmar, A. S., … Pranolo, A. (2018). Analysis of student satisfaction toward quality of service facility. Journal of Physics: Conference Series, 954(1), 12019. IOP Publishing.

Nurendah, Y., & Mulyana, M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Perpustakaan Terhadap Kepuasan dan Hubungannya dengan Loyalitas Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 91–105.

Riduwan, S. N., & Asep, S. (2010). Statistika Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Samosir, Z. Z. (2005). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa menggunakan perpustakaan USU. Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi, 1(1).

Sari, P., & Jamil, B. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Perpustakaan Kota Medan. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 4(1), 1–15.

Suryanto, S., & Erlianti, G. (2018). Kecerdasan Emosional Pustakawan Dalam Melayani Pemustaka. BIBLIOTIKA?: Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 72–78. https://doi.org/10.17977/um008v2i22018p072

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran jasa. Malang: Bayumedia Publishing, 104.

Tjiptono, F. (2008). Service management mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Zhang, J., Wang, J., Min, S. D., Chen, K. K., & Huang, H. (2016). Influence of curriculum quality and educational service quality on student experiences: A case study in sport management programs. Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 18, 81–91.

Published

2021-12-30

How to Cite

Rahmat, Z. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Perpustakaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management, 1(1), 31-38. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/165