Pengaruh Fitur Layanan, Ease of Use, dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kota Pekanbaru
Keywords:
Fitur Layanan, Ease Of Use, Sales Promotion, Keputusan PenggunaanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Fitur Layanan, Ease Of Use, dan Sales Promotion terhadap keputusan penggunaan E-wallet Dana (Studi pada masyarakat kota Pekanbaru). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pekanbaru yang pernah menggunakan aplikasi E-wallet dana. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Lameshow. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Fitur Layanan, Ease Of Use, dan Sales Promotion berpengaruh seacara signifikan terhadap keputusan penggunaan E-wallet Dana (Studi pada masyarakat kota Pekanbaru). Besar Pengaruh Fitur Layanan, Ease Of Use, dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet Dana (Studi pada Masyarakat Kota Pekanbaru) ditunjukan dengan Koefisien determinasi sebesar 0,574 atau sebesear 57,4% hal ini menunjukan bahwa 57,4% Keputusan Penggunaan Pada E-wallet Dana dipengaruhi oleh Fitur Layanan, Ease Of Use, Dan Sales Promotion dan sisanya 42,6% atau 0,426 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini.
References
Aprilia, R. W., & Susanti, D. N. (2022). Pengaruh Kemudahan, Fitur Layanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dalam di Kalibupalten Kebumen. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi (JIMMBAl), 4(3), 399–409. https://doi.org/10.32639/jimmbal.v4i3.121
Aulia. (2020). Pengaruh Sales Promotion dan Personal Selling Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Yamaha. Jurnal Akuntansi Bisnis & Publik, 11(1), 1–9.
Dan, K. P., Puspitalsari, R., & Alprileny, I. (2020). (Studi Kasus Pengalaman Konsumen Pengguna Aplikasi Grab Di PT Sido Muncul Kebon Jeruk). Pemasaran, 1–15.
Hasanin, M. Al. Al. (2014). Pengaruh Citra Merek, Fitur, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android. Paper Knowledge. Toward a Medial History of Documents, 2012, 22–43.
Hayani, N. (2019). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Halal Labeling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan oleh Ibu Rumah Tangga Muslim di Pekanbaru. Al-Almawal, 8(1), 31–44.
Indrajsajri, Meithiajnaj. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2018. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua Belas Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip & Ajmstrong, Gary. 2014. Principles Of Marketing, 15th Edition Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas Jilid 2 Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangga.
Latief, F., & Dirwan, D. (2020). Pengaruh Kemudahan, Promosi, dan Kemampuan terhadap Keputusan Penggunaan Uang Digital. Jurnal Ilmiah Akuntansi Manajemen, 3(1), 16–30. https://doi.org/10.35326/jialm.v3i1.612
Limakrisna, N. & Purba, T.P. 2017. Manajemen Pemasaran, Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia Jilid 2. Bogor: Mitra Wacana Media.
Marissa. (2015). Pengaruh Brand Image, Promosi, Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pengalaman Konsumen McDonald's Sarinah Mall). Paper Knowledge. Toward a Medial History of Documents, 3(April), 49–58.
Pomalingo, R., Malendey, S. L., & Uhing, Y. (2015). Pengaruh disiplin kerja, kompetensi, dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada kantor badan penanggulangan bencana daerah provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(05), 528–537.
Rahman, Al., & Dewantara, R. Y. (2017). "Pengaruh Kemudahan Penggunaan Dan Kemampuan Teknologi Informasi Terhadap Minat Menggunakan Situs Jual Beli Online" (Studi Kasus Pengguna Situs Jual Beli “Z”). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) | Vol (Vol. 52, Issue 1). https://id.techinasia.com
Ramli, Al. P., & Jalmiat, N. (2022). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Penggunaan Jasa.YUME: Jurnal of Manajemen, 5(2), 195–207.
Rajak, Majshur. (2016). Perilaku Konsumen. Makassar: Alauddin University Press.
Salendewi, C. J. (2017). Metode Penelitian. Unikom, 3, 52–74.
Saputra, R. alnazhari. (2019). Pengaruh Sales Promotion, Kualitas produk, dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk di DBL store. Gastronomía Ecuatorial y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Shabrina, G. Y., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Fitur Layanan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Makanan dan Minuman oleh Pengguna OVO. Jurnal Pendidikan Total Niaga (JPTN), 9(2), 1258–1264.
Sugiyono. (2019). No Title (Ed. M. Dr.Ir. Sutopo S.). Alfabeta.
Sugiyono. (2020). No Title. Alfabeta.
Talain, H. (2021). Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 8(1), 89. https://doi.org/10.19184/ejebal.v8i1.19502
Ulfah, N. S. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Kepuasan Konsumen Ovo. Jurnal Manajemen, 11(1), 54–63. https://doi.org/10.26460/jm.v11i1.2168
Umaningsih, W. P., & Wardani, D. K. (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Fitur Layanan, dan Kemanfaatan terhadap Niat Menggunakan E-Money. Jurnal Akuntansi dan Ekonomi, 5(21), 113–119. https://doi.org/10.29407/jae.v5i3.14057
Widianingrum, K. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan Mobile Banking Bank Syariah Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Nasabah. In Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/53095/1/FALISAL - FEB.pdf
Yanuarianto. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Khairisma Bukit Permata Indah. Jurnal Ekonomi Efektif, 1(2), 190. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JEE/article/view/3451/6563
Yassin, R. Al. (2021). Pengaruh Advertising, Sales Promotion, dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Mie Bakso Bruschetta. Performa, 5(5), 360–368. https://doi.org/10.37715/jp.v5i5.1812
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Febri Arianto, Nnurrahmi Hayani
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.