Faktor Determinan yang Mempengaruhi Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Authors

  • Andri Novius Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau
  • Lusiawati Lusiawati Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial UIN Suska Riau

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh beberapa faktor yang dapat mempengaruhi Perilaku Etis
mahasiswa akuntansi di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Variabel yang diuji pada
penelitian ini terdiri dari kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, gender, locus of
control, equity sensitivity, dan perilaku etis. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial yang telah mengambil mata kuliah pilihan Konsentrasi Audit.Jenis
penelitian ini adalah penelitian survei. Dimana data diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada
responden. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling, denganumlah sampel yang
digunakan sebanyak 88 responden. Data dianalis menggunakan multiple regression analysis. Hasil pengujian
hipotesis menunjukkan bahwa gender dan equity sensitivity tidak mempengaruhi perilaku etis mahasiswa
akuntansi. Sebaliknya, kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, kecerdasan spritual, dan locus of
control berpengaruh signifikan terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.Secara simultan keseluruhan
proksi variabel individual pada penelitian ini berpengaruh terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi.
Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa seorang mahasiswa yang memiliki pemahaman dan kecerdasan
individual serta memiliki internal locus of control akan mampu bertindak atau berperilaku dengan etis dalam
profesi dan organisasi.

References

Azwar, S. (2004). Pengantar Psikologi Intelegensi. Cetakan Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fakih. (2001). Analisis Gender dan Transformasi Sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fatmawati, N. D. (2007). Analisis Pengaruh Faktor-faktor Individual terhadap Perilaku Etis Auditor di KAP (Survey pada Auditor di Kantor Akuntan Publik Yogayakarta dan Surakarta). Skripsi. Universitas Muhammadyah Surakarta, Surakarta.

Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Goleman, D. (2005). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. Edisi Keenam. Jakarta: PT Gramedia Putaka Utama.

Hastuti, S. (2007). Perilaku Etis Mahasiswa dan Dosen Ditinjau dari faktor Individual Gender dan Locus of Control. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, Vol.7 No.7 Maret: 58-73.

IKR Wiguna, IK Suryanawa (2019). Pengaruh pemahaman kode etik akuntan, kecerdasan emosional, dan religiusitas terhadap perilaku etis mahasiswa akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 2019 - garuda.kemdikbud.go.id

Jones, G. E., & Kavanagh, M. J. (1996). An Experimental Examination of the Effects of Individual and Situasional Factors on Unethical Behavior Intentions in the Workplace. Journal of Business Ethics, Vol. 15, No.5: 511-523.

Khomsiyah & Indriantoro, N. (1998). Pengaruh Orientasi Etika terhadap KOmitmen dan Sensitivitas Etika Auditor Pemerintah di DKI Jakarta. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, Vol.1 (Januari): 13-28.

Ludigdo, Unti. (2006). Strukturisasi Praktik Etika di Kantor Akuntan Publik: Sebuah Studi Interpretif. Proceeding Simposium Nasional Akuntansi IX Padang: 1-22.

Ludigdo, Unti (2004). Mengembangkan Pendidikan Akuntansi Berbasis IESQ untuk Meningkatkan Perilaku Etis Akuntan. Jurnal Tema. https://tema.ub.ac.id/index.php/tema/article/view/130

Maryani, T., & Ludigdo, U. (2001). Survey atas Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sikap dan Perilaku Etis Akuntan. Jurnal TEMA 2 (1): 49-62.

Musyadad, EM Sagoro (2019). Pengaruh Pemahaman Kode Etik Profesi Akuntan Dan Kecerdasan Mahasiswa Terhadap Perilakum Etis Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri di Yogyakarta. Nominal Barometer Riset Akuntansi

Mudrack, P. E. (1993). An Investigation into the Acceptability Behaviors of A Dubious Etical Nature. Journal of Business Ethics, Vol.12, No.17: 517-524.

Mueller, S. L., & Clarke, L. D. (1998). Political-Economic Context and Sensitivity to Equity: Differences Between the United States and the Transition Economics of Central and Eastern Europe. Academy of Management Journal, Vol. 41, No.3: 319-329.

Nani, D. A., & Ali, S. (2020). Determinants of Effective E-Procurement System: Empirical Evidence from Indonesian Local Governments. Jurnal Dinamika Akuntansi. Jurnal Dinamika Akuntansi Dan Bisnis, 7(1), 33–50. https://doi.org/10.24815/jdab.v7i1.15671

Nofianti, Leny. (2010). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spritual, dan Gender Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi.

Novita, D., Husna, N., Azwari, A., Gunawan, A., & Trianti, D. (2020). Behavioral Intention Toward Online Food delivery (The Study Of Consumer Behavior During Pandemic Covid-19). 17(1), 52–59

Nugrahaningsih, P. (2005). Analisis Perbedaan Perilaku Etis Auditor di Kantor Akuntan Publik dalam Etika Profesi (Studi terhadap Peran Faktor-faktor individual: Locus of Control, Lama Pengalaman Kerja, Gender, dan Equity Sensitivity). Proceeding Simposium Nasional Akuntansi VIII Solo: 617-630.

Pratama, E. N., Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2022). The Effect Of Job Satisfaction And Organizational Commitment On Turnover Intention With Person Organization Fit As Moderator Variable. Atm, 6(1), 74–82.

Rahmawati, D., & Nani, D. A. (2021). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Tingkat Hutang Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 26(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/jak.v26i1.246

Reiss, M. C., & Mitra, K. (1998). The Effects of Individual Difference Factors on the Acceptability of Ethical and Unethical Workplace Behaviors. Journal of Business Ethics, Vol.17, No.12: 1581-1593.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2011). Organizational Behavior. 13th Edition. US: Prentice Hall.

Rotter, J. (1966). Generalized Expextancies for Internal versus External Locus of Control Reinforcement. Pscohology Monographs: General and Applied, 80 Whole No.609.

Tikollah, M. R., Triyuwono, I., & Ludigdo, U. (2006) Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Sikap Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makasar Provinsi Sulawesi Selatan). Proceeding Simposium Nasional Akuntansi IX Padang: 1-25.

Ustadi, N. H., & Utami, R. D. (2005). Analisis Perbedaan Faktor-faktor Individual Terhadap Persepsi Perilaku Etis Mahasiswa. Jurnal Akuntansi & Auditing, Volume 01/No.02/Mei: 162-180.

Zohar, D., & Marshall, I. (2001). SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Diterjemahkan oleh Rahmi Astuti, Ahmad Najib Burhani dan Ahmad Baiquni. Bandung: Mizan.

Published

2023-06-14

How to Cite

Novius, A., & Lusiawati, L. (2023). Faktor Determinan yang Mempengaruhi Perilaku Etis Mahasiswa Akuntansi (Studi Pada Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau). IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management, 2(2), 9-22. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/716