Motivasi dan Pengetahuan Investasi Generasi Zenial dalam Meningkatkan Minat Investasi di Pasar Modal
Keywords:
Motivasi Investasi, Pengetahuan Investasi, Minat InvestasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi investasi dan pengetahuan investasi terhadap minat berinvestasi Generasi Z. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei yang diberikan kepada Generasi Z. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 112 responden dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah judgment sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala interval 1-5. Responden memberikan jawaban dengan rentang jawaban dari sangat tidak setuju hingga sangat setuju. Kemudian, analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi. Analisis ini dibantu dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi investasi berpengaruh terhadap minat investasi, sedangkan pengetahuan investasi tidak berpengaruh terhadap minat investasi.
References
Albab, A. U., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh Manfaat, Pengetahuan dan Edukasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 129–138.
Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa dalam Investasi di Pasar Modal. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 146–157.
Cahya, B. T., & Kusuma W, N. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 7(2), 192–207.
Darmawan, A., & Japar, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Neraca, 15(1), 1–13.
Efferin, S. (2006). Knowledge Economy, Knowledge Management dan Akuntansi: Prospek dan Tantangan. Akuntansi Dan Teknologi Informasi, 5(1), 69–82.
Fahreza, M., & Surip, N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal SWOT, 8(2), 346–341.
Fahriani, D. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 1(12), 1–22.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx? pId=218217&pRegionCode=UN11MAR&pClientId=112
Hair, J. F. (1995). Multivariate Data Analysis: With Readings (4th ed.). Prentice Hall.
Halim, A. (2005). Analisis Investasi (2nd ed.). Salemba Empat.
KBBI. (2021). Minat. https://kbbi.web.id/minat
Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 1(2), 103–117.
Kusuma, P. A., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Dividen Per Share (DPS) Terhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2010. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 50–64.
Mahakama, D. C. (2019). Analisis Faktor-Faktor Minat Investasi Mahasiswa Unisnu Jepara di Galeri Investasi Syariah Unisnu Jepara (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisnu Jepara). UNISNU Jepara.
Mahendrayani, P. Y., & Musmini, L. S. (2021). Pengaruh Pemahaman Investasi, Penggunaan Teknologi Media Sosial dan Hubungan Petemanan Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(2), 294–305. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2
Maulida, F. R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimum Investasi, Motivasi, Return dan Resiko Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.
Negara, A. K., & Febrianto, H. G. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Business Management Journal, 16(2), 81–95. https://doi.org/10.30813/bmj
Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis dampak penciptaan brand image dan aktifitas word of mouth (WOM) pada penguatan keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14–29.
Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/154913746.pdf
Ramadani, T. R., Ginting, S. Z. D., & Siburian, R. M. (2022). Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau dalam Berinvestasi di Pasar Modal pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1–7.
Stiggins, R. J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. Macmillan College Publishing Company.
Sugiama, A. G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Guardaya Intimarta.
Wahyudi, Z., Aziz, H. A. A., & Mas’ud, R. (2021). Pengaruh Return, Risiko dan Harga Saham Terhadap Minat Berinvestasi Anggota Galeri Investasi Syariah (GIS) UIN Mataram Pada PT. Phintraco Securities. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 10(1), 91–106.
Widyastuti et al. (2004). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VII.
Yuwono, S. R. (2011). Pengaruh Karakteristik Investor Terhadap Besaran Minat Investasi Saham di Pasar Modal. Universitas Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.