https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/issue/feed IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management 2024-05-01T14:16:45+00:00 Nuryanti nuryanti@irpi.or.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;"><strong>Indonesian Journal of Business Economics and Management (IJBEM)</strong> is a scientific journal published by the Institute of Research and Publication Indonesia (IRPI) in collaboration with several universities throughout Riau and Indonesia. IJBEM will be published 2 (two) times a year, in June and December, each edition containing 5 (five) articles. Articles may be written in Indonesian or English. articles are original research results with maximum plagiarism of 25%. Articles submitted to IJBEM will be reviewed by at least 2 (two) reviewers. The submitted article must meet the assessment criteria and be in accordance with the instructions and templates provided by IJBEM. The entire process until IJBEM is published will be free of charge. IJBEM is registered in National Library with Number International Standard Serial Number (ISSN) Online: <a title="ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230124121347804" target="_blank" rel="noopener">2985-9883.</a></p> https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/844 Pengaruh Profitabilitas dan Manajemen Laba Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Badan 2023-11-22T10:40:25+00:00 Kurnia Krisna Hari kurniakrisnahari@gmail.com <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan manajemen laba terhadap penerimaan pajak penghasilan badan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, populasi dalam penelitian ini adalah 80 perusahaan. Sampel penelitian dari laporan tahunan perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia selama empat tahun sebanyak 13 perusahaan. Teknik pengumpulan data adalah analisis dokumen. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini dibantu oleh <em>Statistical Program For Special Science</em> (SPSS). Hasil menunjukan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan badan, sama halnya dengan manajemen laba berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan badan.</p> <p><em> </em></p> 2023-12-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Kurnia Krisna Hari https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/1331 Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) Tren Produk Kosmetik di Aplikasi TikTok pada Mahasiswi 2024-05-01T14:16:45+00:00 Nurul Aziza Salsabila nurulazsalsabila@gmail.com Haniah Lubis haniahlubis@gmail.com <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tren produk kosmetik di aplikasi TikTok yang memikat kalangan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fenomena <em>FoMO</em> tren produk kosmetik yang ada di aplikasi TikTok dikalangan para mahasiswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian berfokus pada pengamatan mendalam terhadap fenomena yang terjadi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, penelitian diarahkan untuk menjelaskan gejala, fakta, atau kejadian secara sistematis dan akurat. Hasil yang ddiperoleh dari penelitian ini adalah fenomena <em>Fear of Missing Out (FoMO)</em> tren produk kosmetik saat ini terjadi di kalangan mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Maraknya konten produk kosmetik seperti <em>skincare </em>dan <em>make-up</em> membuat para mahasiswi tidak dapat mengelak bahwa mayoritas dari mereka tertarik ingin memiliki produk yang sama dengan yang dimiliki banyak orang. Terdapat mahasiswi yang bertindak boros <em>(tabzir) </em>dan berlebih-lebihan <em>(israf) </em>dalam mengkonsumsi produk kosmetik akibat fenomena ini. Di sisi lainnya, terdapat pula mahasiswi yang tetap berhati-hati dan memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli produk kosmetik yang tren di aplikasi TikTok</p> 2024-05-18T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Nurul Aziza Salsabila, Haniah Lubis https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/707 Pengaruh Fitur Layanan, Ease of Use, dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kota Pekanbaru 2023-05-08T04:13:07+00:00 Febri Arianto nurrahmi.hayani@uin-suska.ac.id Nurrahmi Hayani nurrahmi.hayani@uin-suska.ac.id <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Fitur Layanan, <em>Ease Of Use</em>, dan <em>Sales Promotion </em>terhadap keputusan penggunaan E-wallet Dana (Studi pada masyarakat kota Pekanbaru). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pekanbaru yang pernah menggunakan aplikasi E-wallet dana. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Lameshow. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Fitur Layanan, Ease Of Use, dan Sales Promotion berpengaruh seacara signifikan terhadap keputusan penggunaan E-wallet Dana (Studi pada masyarakat kota Pekanbaru). Besar Pengaruh Fitur Layanan, Ease Of Use, dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet Dana (Studi pada Masyarakat Kota Pekanbaru) ditunjukan dengan Koefisien determinasi sebesar 0,574 atau sebesear 57,4% hal ini menunjukan bahwa 57,4% Keputusan Penggunaan Pada E-wallet Dana dipengaruhi oleh Fitur Layanan, Ease Of Use, Dan Sales Promotion dan sisanya 42,6% atau 0,426 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini.</p> 2023-12-28T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Febri Arianto, Nnurrahmi Hayani