IJBEM : Indonesian Journal of Business Economics and Management https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem <p style="text-align: justify;"><strong>Indonesian Journal of Business Economics and Management (IJBEM)</strong> is a scientific journal published by the Institute of Research and Publication Indonesia (IRPI) in collaboration with several universities throughout Riau and Indonesia. IJBEM will be published 2 (two) times a year, in June and December, each edition containing 5 (five) articles. Articles may be written in Indonesian or English. articles are original research results with maximum plagiarism of 25%. Articles submitted to IJBEM will be reviewed by at least 2 (two) reviewers. The submitted article must meet the assessment criteria and be in accordance with the instructions and templates provided by IJBEM. The entire process until IJBEM is published will be free of charge. IJBEM is registered in National Library with Number International Standard Serial Number (ISSN) Online: <a title="ISSN" href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20230124121347804" target="_blank" rel="noopener">2985-9883.</a></p> en-US <p>Authors who publish with <strong>IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management </strong>agree to the following terms:</p> <ol> <li class="show">Authors retain copyright and grant the <strong>IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management </strong>right of first publication with the work simultaneously licensed under <strong>Creative Commons Attribution License</strong> <strong><a href="https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/">(CC BY 4.0)</a></strong> that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.</li> </ol> nuryanti@irpi.or.id (Nuryanti) ijbem@irpi.or.id (Official Team IJBEM) Mon, 18 Dec 2023 13:53:07 +0000 OJS 3.2.1.0 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pengaruh Fitur Layanan, Ease of Use, dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet Dana di Kota Pekanbaru https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/707 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Fitur Layanan, <em>Ease Of Use</em>, dan <em>Sales Promotion </em>terhadap keputusan penggunaan E-wallet Dana (Studi pada masyarakat kota Pekanbaru). Adapun populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pekanbaru yang pernah menggunakan aplikasi E-wallet dana. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Lameshow. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah metode regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Fitur Layanan, Ease Of Use, dan Sales Promotion berpengaruh seacara signifikan terhadap keputusan penggunaan E-wallet Dana (Studi pada masyarakat kota Pekanbaru). Besar Pengaruh Fitur Layanan, Ease Of Use, dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet Dana (Studi pada Masyarakat Kota Pekanbaru) ditunjukan dengan Koefisien determinasi sebesar 0,574 atau sebesear 57,4% hal ini menunjukan bahwa 57,4% Keputusan Penggunaan Pada E-wallet Dana dipengaruhi oleh Fitur Layanan, Ease Of Use, Dan Sales Promotion dan sisanya 42,6% atau 0,426 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan pada penelitian ini.</p> Febri Arianto, Nurrahmi Hayani Copyright (c) 2023 Febri Arianto, Nnurrahmi Hayani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/707 Thu, 28 Dec 2023 00:00:00 +0000 Pengaruh Profitabilitas dan Manajemen Laba Terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Badan https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/844 <p>Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan manajemen laba terhadap penerimaan pajak penghasilan badan. Jenis penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Data yang digunakan adalah data sekunder, populasi dalam penelitian ini adalah 80 perusahaan. Sampel penelitian dari laporan tahunan perusahaan manufaktur sektor industri dasar dan kimia selama empat tahun sebanyak 13 perusahaan. Teknik pengumpulan data adalah analisis dokumen. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini dibantu oleh <em>Statistical Program For Special Science</em> (SPSS). Hasil menunjukan bahwa secara parsial profitabilitas berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan badan, sama halnya dengan manajemen laba berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan badan.</p> <p><em> </em></p> Kurnia Krisna Hari Copyright (c) 2023 Kurnia Krisna Hari https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/844 Mon, 18 Dec 2023 00:00:00 +0000 Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) Tren Produk Kosmetik di Aplikasi TikTok pada Mahasiswi https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/1331 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tren produk kosmetik di aplikasi TikTok yang memikat kalangan mahasiswi. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti fenomena <em>FoMO</em> tren produk kosmetik yang ada di aplikasi TikTok dikalangan para mahasiswi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian berfokus pada pengamatan mendalam terhadap fenomena yang terjadi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, penelitian diarahkan untuk menjelaskan gejala, fakta, atau kejadian secara sistematis dan akurat. Hasil yang ddiperoleh dari penelitian ini adalah fenomena <em>Fear of Missing Out (FoMO)</em> tren produk kosmetik saat ini terjadi di kalangan mahasiswi Ekonomi Syariah UIN Suska Riau. Maraknya konten produk kosmetik seperti <em>skincare </em>dan <em>make-up</em> membuat para mahasiswi tidak dapat mengelak bahwa mayoritas dari mereka tertarik ingin memiliki produk yang sama dengan yang dimiliki banyak orang. Terdapat mahasiswi yang bertindak boros <em>(tabzir) </em>dan berlebih-lebihan <em>(israf) </em>dalam mengkonsumsi produk kosmetik akibat fenomena ini. Di sisi lainnya, terdapat pula mahasiswi yang tetap berhati-hati dan memiliki pertimbangan sebelum memutuskan untuk membeli produk kosmetik yang tren di aplikasi TikTok</p> Nurul Aziza Salsabila, Haniah Lubis Copyright (c) 2023 Nurul Aziza Salsabila, Haniah Lubis https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://journal.irpi.or.id/index.php/ijbem/article/view/1331 Sat, 18 May 2024 00:00:00 +0000