Peran Budaya Sekolah Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Selama Pandemi Covid19
The Roles Of School Culture In Improving Students’ Character During Covid 19 Pandemic
Keywords:
Budaya sekolah, Pandemi covid-19, pendidikan karakterAbstract
Budaya sekolah merupakan nilai dasar bagi seluruh warga sekolah untuk berperilaku , dan hal ini menggambarkan sikap dan nilai dilaksanakan oleh kepala sekolah, guru, petugas tata usaha, siswa dan masyarakat di sekolah. Budaya sekolah menjadi karakter, sekaligus identitas sebuah sekolah. Penelitian ini merupakan studi kasus sebuah sekolah swasta di provinsi Sumatera Barat Indonesia. Perkembangan budaya sekolah sangat mempengaruhi pembentukan karakter siswa dan seluruh warga sekolah. Desain pembelajaran yang komprehensif untuk membangun Karakter siswa melalui pembelajaran online dalam rangka menanamkan budaya pada siswa dapat dilihat sebagai berikut dengan Guru berperan sebagai pembimbing yang baik selama pembelajaran online, Menciptakan kondisi pembelajaran yang demokratis, Membangun kepekaan siswa dalam bersikap, Menciptakan komunitas moral dalam kelas virtual yang guru bimbing siswa untuk saling menghormati dan menghargai teman dan guru. Mengembangkan sikap peduli tidak hanya di kelas virtual, Melibatkan orang tua dan masyarakat sebagai mitra dalam memantau perilaku siswa selama belajar di rumah. Memperkuat komunikasi dengan keluarga siswa di rumah. Pembentukan karakter siswa selama pembelajaran online di masa pandemi tetap menjadi budaya sekolah yang terus dikembangkan dan ditanamkan pada siswa .
References
Akin, T. Et al. (1995). Character Education in America?s School. Califrornia: InnerchoicePublishing.
Curriculum Center. (2010). Guidelines for Cultural Education and National Character. Jakarta: Kemdiknas Curriculum Center
I Made Astra, W. (2020). Character Education in the Family Environment During Distance Learning during the COVID-19 Pandemic. Journal of Educational Sciences. Volume 3 Number 2. 270-290
I wayan Eka, S. (2000), Character Education in Online Learning, Journal IVCES. Volume 3 Number 3 Year 2000
Jalaludin. (2012). Building National Human Resources through Character Education. Journal of Educational Research. Vol. 13 No. 2 p. 1-14.Available at http://jurnal.upi.edu/file/jalaludin.pdf.
Koesoema A., D. (2012). Whole and Comprehensive Character Education. Yogyakarta: Kanisius Publisher
Koentjaraningrat. (1974). Culture, mentality and development. Jakarta: Gramedia
Lickona,T. (1992). Educating for Character, How Our School Can TeachRespect and Responsibility. New York : Bantam Books.
Mayer J.D & Cobb, C,D (2000), Educational Policy on Emotional Intelligence, Does it Make Sanse? Educational Psychology Review, 12 (2):163-183
Megawangi, R. (2004). Character education: The right solution fo. Nation Building. Jakarta: Star Energy (Kakap) Ltd. Susuhunan pakubuana IV
Ministry of Education Republic of Indonesia. Circular No. 4. (2020). The implementation of educational policies in the emergency period of the spread of the corona virus disease (covid-1 9)
Ministry of Education Republic Indonesia. The secretary general's circular no. 15 (2020) concerning guidelines for the implementation of learning from home in the emergency period of the spread of the corona virus disease (covid-19)
Ministry of National Education Republic of Indonesia. (2011). Implementation Guidelines for Character Education. Research and Development Agency for Curriculum and Bookkeeping Center, Jakarta.
Ministry of Education Republic Indonesia. (2016). Teacher learning technical instructions for enhancing the program to increase the competence of online mode learning teachers. [15] Muryanti, E. (2020). Storytelling as A Humanistic Approach in Children Language Stimulation. KOLOKIUM, 8(1), 76-82.
Perez. J.C Petrides, K.V, & Furnham, A, (2005), “Measuring Trait Emotional Intellogence” in.R. Schulze and R.D Roberts (eds) International Handbook of Emotional Intelligence Cambridge, MA:Hogrefe and Huber
Saptono. (2002). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, (Wawasan, Strategi dan Langkah Praktis). Penerbit Erlangga Jakarta
Schoen, La Tefy, ”Conceptualizing, Describing, And Contrasting School Cultures: A Comparative Case Study Of School Improvement Processes” A Dissertation, USA: Louisiana State University, 2005.
Sternberg. R.J, (2000), “The Concept of Intellegence” in Robert J Sternbert (Ed) Handbook of Intelegence Cambridge University Press: Cambridge, UK
Wibowo, A. (2012.) Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.