Penerapan Algoritma Apriori untuk Menentukan Pola Transaksi Pembelian Minuman dan Makanan di Coffe Gubuk
Application of the Apriori Algorithm to Determine the Pattern of Transactions for Purchasing Drinks and Food at Coffe Gubuk
Keywords:
Algoritma Apriori, , Asosiastion Rules , Data MiningAbstract
Gubuk Coffee merupakan usaha coffee shop yang berada di Pekanbaru. Berdasarkan observasi dan wawancara yang telah dilakukan, Gubuk Coffee menyediakan varian minuman dan makanan yang dapat dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap kalangan. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan penerapan algoritma apriori untuk menemukan pola pembelian produk pada coffee shop Gubuk Coffe dan menganalisis penerapan algoritma apriori terhadap pola pembelian produk coffee shop Gubuk Coffe. Pada penelitian ini menggunakan metode association rules. Association rules merupakan algoritma apriori dalam data mining yang bertujuan untuk menemukan pola penjualan. adapun hasil dari penelitian menghasilkan bahwa algoritma apriori dapat digunakan dalam analisis pola pembelian produk makanan dan minuman pada Gubuk Kopi. Nilai support tertinggi yang didapat bernilai 42% dengan nilai confidence sebesar 82% pada saat pembeli melakukan pembelian menu Minas Telor maka pembeli akan membeli Sate Ayam, Gubuk Coffee Milk. Hasil penelitian berupa pola pengetahuan pembelian produk makanan dan minuman yang dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengelola Gubuk Kopi dalam menjalankan bisnis dalam upaya pelayanan dan penyediaan produk minuman yang banyak diminati pelanggan
References
L. Cucu Sumartini and D. Fajriany Ardining Tias, “Analisis Kepuasan Konsumen Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Kedai Kopi Kala Senja,” J. E-Bis, vol. 3, no. 2, pp. 111–118, 2019, doi: 10.37339/e-bis.v3i2.124.
B. R. Saefudin, A. N. Deanier, and E. Rasmikayati, “Kajian Pembandingan Preferensi Konsumen pada Dua Kedai Kopi di Cibinong, Kabupaten Bogor,” AGROVITAL J. Ilmu Pertan., vol. 5, no. 1, p. 39, 2020, doi: 10.35329/agrovital.v5i1.637.
M. Badrul, “Algoritma Asosiasi Dengan Algoritma Apriori Untuk Analisa Data Penjualan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. XII, no. 2, pp. 121–129, 2016, [Online]. Available: http://ejournal.nusamandiri.ac.id/index.php/pilar/article/view/266
S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,” Ilk. J. Ilm., vol. 10, no. 2, pp. 182–189, 2018.
I. Djamaludin and A. Nursikuwagus, “Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” Simetris J. Tek. Mesin, Elektro dan Ilmu Komput., vol. 8, no. 2, p. 671, 2017, doi: 10.24176/simet.v8i2.1566.
Y. Kurnia, Y. Isharianto, Y. C. Giap, A. Hermawan, and Riki, “Study of application of data mining market basket analysis for knowing sales pattern (association of items) at the O! Fish restaurant using apriori algorithm,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1175, no. 1, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1175/1/012047.
Y. Chen, F. Li, and J. Fan, “Mining association rules in big data with NGEP,” Cluster Comput., vol. 18, no. 2, pp. 577–585, 2015, doi: 10.1007/s10586-014-0419-3.
M. Hahsler and R. Karpienko, “Visualizing association rules in hierarchical groups,” J. Bus. Econ., vol. 87, no. 3, pp. 317–335, 2017, doi: 10.1007/s11573-016-0822-8.
A. Erfina, Melawati, and N. Destria Arianti, “Penerapan Metode Data Mining Terhadap Data Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori,” J. Ris. Sist. Inf. dan Teknol. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 14–22, 2020, doi: 10.52005/jursistekni.v2i3.62.
F. Rahmawati and N. Merlina, “Metode Data Mining Terhadap Data Penjualan Sparepart Mesin Fotocopy Menggunakan Algoritma Apriori,” PIKSEL Penelit. Ilmu Komput. Sist. Embed. Log., vol. 6, no. 1, pp. 9–20, 2018, doi: 10.33558/piksel.v6i1.1390.
H. D. Wijaya and S. Dwiasnati, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes pada Penjualan Obat,” J. Inform., vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2020, doi: 10.31311/ji.v7i1.6203.
L. Kurniawati, A. E. Kusuma, and B. Dewansyah, “Implementasi Algoritma Apriori Untuk Menentukan Persediaan Spare Part Compressor,” Comput. Eng. Sci. Syst. J., vol. 4, no. 1, p. 6, 2019, doi: 10.24114/cess.v4i1.11303.
M. H. Santoso1, “Penerapan Metode Aturan Asosiasi Menggunakan Algoritma Apriori untuk Menemukan Sales Patterns Case Study of Indomaret Tanjung Anom,” vol. 1, no. November, pp. 54–66, 2021.
A. R. Riszky and M. Sadikin, “Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 7, no. 3, pp. 103–108, 2019, doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.
R. Takdirillah, “Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Terhadap Data Transaksi Sebagai Pendukung Informasi Strategi Penjualan,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 37–46, 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i1.2081.
P. H. Simbolon, “Implementasi Data Mining Pada Sistem Persediaan Barang Menggunakan Algoritma Apriori ( Studi Kasus : Srikandi Cash Credit Elektronic dan Furniture ),” J. Ris. Komput., vol. 6, no. 4,pp. 401–406, 2019.
M. F. Mulya, N. Rismawati, and R. R. Alifi, “Analisis Dan Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Kantin Universitas Tanri Abeng,” Fakt. Exacta, vol. 12, no. 3, p. 210, 2019, doi: 10.30998/faktorexacta.v12i3.4541.