Segmentasi Pelanggan pada BC HNI 2 Pekanbaru dengan Menerapkan Algoritma K-Medoids dan Model RFM (Recency, Frequency, Monetery)
Customer Segmentation at BC HNI 2 Pekanbaru by Applying the K-Medoids Algorithm and Recency, Frequency, Monetary (RFM) Model
Keywords:
Business center, Clustering, Data Mining, K-Medoid, RFM, Segmentasi Pelanggan, Rapid MinnerAbstract
PT. Halal Network Indonesia (HNI) merupakan perusahaan bisnis yang melakukan pemasaran pada produk-produk halal dan herbal di Indonesia. Salah satu cabang PT.HNI berada di Jalan Paus no 69 F Tangerang Tengah, Marpoyan Damai Pekanbaru Riau yaitu BC 2 HNI Pekanbaru. Terdapat permasalahan dalam BC 2 HNI Pekanbaru yaitu perusahaan belum mampu mengelompokkan pelanggan mana yang menguntungkan bagi perusahaan. Sehingga perusahaan sulit menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi pelanggannya. Peneliti memanfaatkan data mining model clustering yang sangat efesien untuk menentukan karakteristik kelompok pelanggan yang terbentuk, menggunakan algoritma K-Medoids yang memiliki keunggulan dalam mengelompokkan data, serta menerapkan model RFM agar hasil segmentasi data yang didapatkan lebih maksimal untuk menangani permasalahan pada BC 2 HNI Pekanbaru agar pemasaran yang dilakukan perusahaan lebih efektif dan efesien. Dengan mendapatkan 2 cluster terbaik berdasarkan DBI (Davies Bouldin Index). Dengan nilai DBI 0.492, serta segmen pelanggan hasil penelitian yang didapatkan adalah 452 core customser dan 351 lost customer.