Perancangan Sistem Informasi Media Pembelajaran Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall
Website-Based Learning Media Design Using The Waterfall Method
Keywords:
Media Pembelajaran, OOAD, PHP, WaterfallAbstract
Berdasarkan pemeringkatan oleh World Population Review, Indonesia tercatat berada di posisi ke-54 dari 78 negara dalam pemeringkatan kualitas pendidikan dunia. Rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia dipicu oleh berbagai masalah. Pertama, akses materi dengan cara manual dan bergantung pada kehadiran guru dalam kelas. Ketika guru berhalangan hadir, maka siswa tidak mendapatkan materi pelajaran. Permasalahan lainnya adalah masih manualnya proses pengisian absensi. Pengisian absensi manual menggunakan kertas dikhawatirkan menyebabkan masalah pada penyimpanan data. Data absensi siswa beresiko rusak atau hilang. Masalah ini lama-kelamaan menjadi serius, sehingga dibutuhkan suatu alat bantu berupa media pembelajaran berbasis website yang dapat memfasilitasi siswa mengakses materi dan mengisi absen secara mandiri. Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran berbasis website menggunakan metode waterfall sebagai model pengembangan perangkat lunak. OOAD (Object Oriented Analysis Design) digunakan sebagai metode analisa dan perancangan sistem. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis website yang dapat diakses secara online oleh guru dan siswa sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran di sekolah.
References
Novialdi, A. Z. MZ, and M. Thahir, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep Siswa SMK Negeri 5Pekanbaru,” 2020.
I. Fathurrochman, S. Danim, S. A. Anwar, N. Kurniah, and D. Hajja Ristianti, “ANALISIS SISTEM PENDIDIKAN NEGARA FEDERASI RUSIA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN INDONESIA,” 2021.
I. M. Maolana and D. Irawan, “RANCANG BANGUN APLIKASI BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN KELAS VI DI MI AL-MUNAWARAH KARANGANYAR,” Prosiding Seminar Nasional Informatika dan Sistem Informasi, vol. 6, pp. 108–115, 2021.
H. Nurdianto, “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS WEBSITE DI SMK KP GAJAHMADA 1 METRO,” 2019.
Rodianto, “RANCANG BANGUN APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN ‘BASA SAMAWA,’” 2019. [Online]. Available: http://jurnal.uts.ac.id
Z. J. Wahid, E. D. Hapsari, and M. Pd, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Prodi Teknik Informatika Berbasis Website,” 2019.
Y. S. Novitasari, Q. J. Adrian, and W. Kurnia, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: BIMBINGAN BELAJAR DE POTLOOD),” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 3, pp. 136–147, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI
R. Aditia, B. Susilo, and E. P. Purwandari, “MEDIA PEMBELAJARAN KALKULUS I BERBASIS WEB PADA MATERI OPERASI FUNGSI BILANGAN BULAT,” 2017. [Online]. Available: http://ejournal.unib.ac.id/index.php/rekursif/360
B. P. Adidyana, A. Putra, V. Handrianus, Wijaya Pranata, and R. A. Sinana, “RANCANG BANGUNMEDIA PEMBELAJARAN BAGI MURID SEKOLAH MENENGAH PERTAMA LUAR BIASA (SMPLB) 1 PALANGKA RAYA,” Jurnal Anterior, pp. 79–85, 2018.
Rosyid Ridlo Al Hakim, A. R. R. Hakim, E. G. Setyowisnu, and A. Pangestu, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android pada Materi Persamaan Diferensial,” Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, vol. 4, pp. 82–91, 2020.
T. Muhammad and M. Nurfitriani, “RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS ANDROID DENGAN MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY DAN LOCATION BASED SERVICE,” INFOTECH Journal, vol. 5, pp. 1–7, 2019.
R. Oktavia and M. Adri, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital Berbasis Mobile,” vol. 9, pp. 122–128, 2021, [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/voteknika/index
A. Nugroho, “RANCANG BANGUN JEJARING SOSIAL PELITA BANGSA BERBASIS WEB MENGGUNAKAN METODE WATERFALL,” 2017.