Pengujian Menggunakan Metode Simple Multi Atribute Rating Technique Exploting Rank untuk Diagnosis Sakit Kepala

Testing using the Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank Method for Headache Diagnosis

Authors

  • Frendi Ardainsyah UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • M Ikhsan Ramadhan UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Walid Alma Ula UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Keywords:

headache, smarter, Health, Sakit Kepala

Abstract

Sakit sangat berkaitan dengan kondisi psikososial yang dirasakan oleh orang, sedangkan penyakit sangat berkaitan dengan gangguan yang terjadi pada organtubuh berdasarkan diagnosis dari Kesehatan tersebut. Sakit kepala yang secara medis dikenal sebagai cephalalgia adalah kondisi terdapatnya rasa sakit di kepala, kadang di leher bagian belakang leher atau punggung bagian atas. Nyeri kepala timbul sebagai hasil perangsangan terhadap bagian tubuh di wilayah kepala dan leher yang peka terhadap nyeri atau bisa dikatakan nyeri atau diskomfortasi antara orbital dan oksiput yang berawalan dari pain sensitive structure. Dan untuk itu perlu diketahui gejala manakah yang perlu penanganan cepat untuk di berikan konsultasi. Dari permasalahan tersebut pada penelitian ini diterapkannya metode SMARTER agar dapat diketahui pasien yang memiliki diagnosis gejala yang berat. Pengujian Metode SMARTER pada penelitian ini, bobot dihitung dengan memakai rumus pembobotan Rank - Order Centroid ( ROC). ROC ini didasarkan pada tingkatan kepentingan ataupun prioritas dari kriteria. Pembobotan ROC didapat dengan prosedur matematika simpel dari prioritas. Adapun hasil dari penelitin ini adalah nilai ROC dengan Nilai tertinggi pada angka 0,41 dan terendah 0,17

References

F. G. Mahardika, I. F. Rozi, And R. Ariyanto, “Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Kepala Primer Dengan Metode Certainty Factor,” Sentia 2016, Vol. 8, No. 1, Pp. 19–24, 2016.

Dhiyaussalam, A. Wibowo, F. A. Nugroho, E. A. Sarwoko, And I. M. A. Setiawan, “Classification Of Headache Disorder Using Random Forest Algorithm,” Icicos 2020 - Proceeding 4th Int. Conf. Informatics Comput. Sci., 2020, Doi: 10.1109/Icicos51170.2020.9299105.

M. A. Ramadhan, C. Bella, Mustakim, R. Handinata, And A. Niam, “Implementasi Metode Smarter Untuk Rekomendasi Pemilihan Lokasi Pembangunan Perumahan Di Pekanbaru,” J. Ilm. Rekayasa Dan Manaj. Sist. Inf., Vol. 4, No. 1, Pp. 42–47, 2018.

W. Edwards And F. H. Barron, “Smarts And Smarter: Improved Simple Methods For Multiattribute Utility Measurement.” P. Pages 306-325, 1994.

S. Saputra, “Model Fuzzy Madm Metode Ahp Sebagai Media Jurusan Sistem Informasi Stmik Pringsewu Lampung,” No. 09.

M. Victor, Manual Of Neurology. 2002. Seventh Edition. By Maurice Victor, Allan H Ropper., 7th Ed. Mcgraw-Hill/Irwin.

Elizabeth Martin, Concise Medical Dictionary, 7th Ed. Oxford University Press, 2007.

S. S. Helma Et Al., “Penerapan Metode Smarter Untuk Penentuan Hasil Open Recruitment Anggota Puzzle Research Data Technology ( Predatech ),” Sntiki, No. November, Pp. 277–285, 2019.

A. Annisah, B. Nadeak, And ..., “Penerapan Metode Smarter Pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Merchandise Display Terbaik (Studi Kasus: Pt. Pasar Swalayan Maju Bersama),” Komik (Konferensi …, Vol. 4, 2020, Doi: 10.30865/Komik.V4i1.2674.

R. R. Permanawati And A. Yulianeu, “Sistem Pakar Untuk Menentukan Suatu Peluang Usaha Dengan Menggunakan Metode Smarter Dan Oreste,” Jumantaka, Vol. 1, No. 1, Pp. 31–40, 2018.

Ramadhan, Muhammad Anang, et al. "Implementasi Metode SMARTER Untuk Rekomendasi Pemilihan Lokasi Pembangunan Perumahan di Pekanbaru." Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi 4.1 (2018): 42-47.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Frendi Ardainsyah, M Ikhsan Ramadhan, & Walid Alma Ula. (2022). Pengujian Menggunakan Metode Simple Multi Atribute Rating Technique Exploting Rank untuk Diagnosis Sakit Kepala: Testing using the Simple Multi Attribute Rating Technique Exploiting Rank Method for Headache Diagnosis. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 72-79. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/302

Issue

Section

Sains dan Teknologi