Sosialisasi Kesehatan Anak dan Penggunaan Aplikasi Membuat Bahan Ajar di Sekolah Kebutuhan Khusus Bukittinggi
Socialization of Children's Health and Use of Applications to Create Teaching Materials at the Special Needs School in Bukittinggi
Keywords:
special needs child, Kesehatan Anak, Media Pembelajaran, Video AnimasiAbstract
Guru sekolah luar biasa merupakan tenaga pengajar yang berperan dalam dalam proses belajar mengajar. Pada masa pandemi pendidik dituntut untuk dapat memberikan materi pembelajaran secara online. Hal ini membuat beberapa guru merasa kesulitan dalam memberikan materi untuk anak berkebutuhan khusus. Keterbatasan siswa dalam menyerap materi menuntut guru harus menyediakan media dalam bentuk vidio khusus, yang dapat menggantikan pertemuan tatap muka dengan pertemuan daring tanpa mengurangi pencapaian kompetensi siswa. Kesehatan anak berkebutuhan khusus harus tetap dipertahankan walaupun dalam masa pandemi, hal ini membuat team pengabmas dari Universitas Fort De Kock Bukittinggi melakukan kegiatan pengabdian pada masyarakat yaitu melakukan pelatihan UKS pada anak berkebutuhan khusus, deteksi serta stimulasi tumbuh kembang anak dengan kebutuhaan khusus serta pembuatan video ajar untuk anak berkebutuhan khusus. Kemampuan guru dalam pemandaatan teknologi masih rendah juga salah satu hal yang mendasari pentingnya pelatihan ini dilakukan. Pada anak kebutuhan khusus metode online dalam proses pembelajaran bukanlah hal yang sederhana, justru menambah kesulitan dalam menyerap materi dan juga akan mengganggu perkembangan serta pertumbuhan anak bila dilakukan tidak dalam pantauan. Metode pelaksanaan dilakukan di sekolah dimana kegiatan di mulai dengan survey awal, melakukan diskusi dengan kepala sekolah terkait perencanaan kegiatan yang akan dilakukan, pelaksanaan pelatihan kepada guru (dihasilkan produk vidio), evaluasi pelatihan guru dengan adanya vidio animasi pembelajaran. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah: (1) mampu melatih pendidik dalam membuat media bahan ajar; (2) mampu melatih pendidik dalam mengedit video bahan ajar; (3) mampu melatih pendidik mendesain aplikasi sederhana. (4) Terciptanya ruangan stimulasi tumbuh kembang(5) Kerjasama kesehatan anak berkebutuhan khusus terintegrasi dalam UKS dengan Universitas Fort De Kock Bukittinggi.