Pengaruh Motivasi Belajar Pada Kasus Pembelajaran Daring VS Pembelajaran Tatap Muka Terbatas
The Influence Of Learning Motivation in the Case of Online Learning VS Limited Face-to-face Learning
Keywords:
Belajar, Covid - 19, Daring, Motivasi, Tatap MukaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan motivasi belajar siswa pada pandemic Covid – 19 dengan cara pembelajaran daring dan pada pasca pandemic Covid – 19 dengan pembelajaran tatap muka terbatas. Pembelajaran adalah sesuatu yang dilakukan untuk mendapatkan sesuatu hal baru berupa pengetahuan akan fenomena-fenomena yang sedang dipelajari. Pada situasi pandemic Covid – 19 telah memberikan banyak perubahan yang terjadi dikehidupan sehari-hari. Diantaranya dengan perilaku taat kepada protokol kesehatan yang mengharuskan kita untuk menghindari keramaian dan selalu memakai masker. Hal ini mengakibatkan banyak perubahan terutama pada dunia pendidikan. Pemerintah mengharuskan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan jaringan yang sering disebut pembelajaran daring. Dalam pembelajaran daring ini banyak hal baru yang terjadi dalam dunia pendidikan. Dimana pembelajaran daring tidak sepenuhnya dapat mengatasi ataupun menambah motivasi siswa dalam belajar. Seiring berjalannya waktu pasca pandemic Covid – 19 ini, pembelajaran tatap muka terbatas telah dibolehkan kembali dengan tetap menjaga protokol kesehatan dan wajib memakai masker. Hal ini memberikan angin surga bagi dunia pendidikan yang telah lama melaksanakan proses pembelajaran secara daring. Dengan dibolehkan pembelajaran tatap muka memberikan semangat dan motivasi belajar serta minat dalam mengikuti proses pembelajaran sebagaimana mestinya
References
Rosa, N. N. (2020). Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi belajar daring mahasiswa pada masa pandemi covid-19. TANJAK: Journal of Education and Teaching, 1(2), 147-153.
Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-140.
Jabnabillah, F. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 4(2), 104-111.
Nurfallah, M., & Pradipta, T. R. (2021). Motivasi belajar matematika siswa sekolah menengah selama pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2425-2437.
Ahmad, A. F., & Amin, S. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 109-125.
Ningtiyas, P. W., & Surjanti, J. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemandirian Belajar Peserta Didik Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Pembelajaran Daring Dimasa Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1660-1668.
Maimuna, L. (2021). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Ekstrinsik Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Mutu Hasil Belajar Di AMIK Bina Sriwijaya Palembang. Jurnal Penjaminan Mutu, 7(1), 62-70.
Pratama, A. P. (2021). Pengaruh pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa sd. Mahaguru: jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 2(1), 88-95.
Seftiani, D. S., Uswatun, D. A., & Amalia, A. R. (2022). Analisis Perbandingan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Jarak Jauh dan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Basicedu, 6(4), 6412-6418.
Meri, M., Enawaty, E., Masriani, M., Muharini, R., & Ulfah, M. (2022). Hubungan Motivasi dengan Hasil Belajar IPA Siswa Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 10(1), 21-33.
Ahmad, A. F., & Amin, S. (2022). PENGARUH PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 109-125.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta