Analisis Manajemen Hijau dan Bisnis Hijau pada Pemasaran Hijau Pariwisata Maritim
The Analysis of Green Management and Green Business on Green Marketing of Maritime Tourism
Keywords:
green management, green marketing, green business, maritime tourismAbstract
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki wilayah pantai dengan potensi industri maritim yang luar biasa, dapat berpotensi untuk menghasilkan pendapatan, penciptaan lapangan kerja, dan pertumbuhan ekonomi. Manajemen hijau, pemasaran hijau dan bisnis hijau dibutuhkan dan menjadi bisnis penting dari kompetensi untuk menghasilkan mutu lingkungan di bumi, dan dapat digunakan untuk seluruh komponen kehidupan, seperti, industri pariwisata dengan visi berkelanjutan jika bisnis tersebut akan tetap bertahan. Penelitian ini akan menganalisis pengaruh manajemen hijau terhadap pemasaran hijau dan bisnis hijau pada wisata maritim. Populasi penelitian ini adalah wisatawan maritim di Indonesia yang dapat dijangkau dan layak diolah dengan jumlah 180. Data terkumpul kemudian dianalisis dengan bantuan software SmartPLS. Hasil penelitian memerikan gambaran manajemen hijau memiliki pengaruh positif serta signifikan pada bisnis hijau dan pemasaran hijau, begitu pula variabel pemasaran hijau memiliki pengaruh positif pada bisnis hijau yang berimplikasi pada pengelolaan pariwisata maritim. Siklus ramah lingkungan pada pariwisata maritim mulai dari perencanaan dan bagaimana memasarkan pariwisata maritim dengan secara ramah lingkungan.
References
Nusraningrum, Dewi. & Pratama, Aditya. (2019). The Tourism Development through Creative Economy. International Journal of Engineering and Advanced Technology (IJEAT). 8(6S3). 300-308.
Loknath, Y. & Azeem, B. Abdul. (2017). Green Management-Concept and Strategies. National Conference on Marketing and Sustainable Development. Industry. European Journal of Business and Management Research. 7(4). 60-65.
Nusraningrum, Dewi. (2022). The Sustainability of Competitive Strategy in the Tourism Services [4] Karagülle A Ö. (2012). Green business for sustainable development and competitiveness: an overview of Turkish logistics industry. Procedia - Soc. Behav. Sci. 4. 456–460..
Raharjo, K. (2019). The role of green management in creating sustainability performance on the small and medium enterprises. Management of Environmental Quality 30(3). 557-577.
Hasan, Ali. (2016). Green Management System. Jurnal Media Wisata. 16(1). 317-332. [7] Nusraningrum, Dewi. Santoso, Sugeng. Gunawijaya, Jajang. Gading, Delita Kusuma. (2021). Green Operations Management with Green Business and Green Marketing Perspective. Psychology and Education Journal. 58(2). 4526-4535.
Butowski, Leszek. (2014). Maritime tourism space. Tourism, 24(1). 55-61. [9] Barbieri, C., & Sotomayor, S. (2013). Surf travel behavior and destination preferences: An application of the Serious Leisure Inventory and Measure. Tourism Management, 35. 111-121.
Nugroho, A. (2017). ASEAN Tourism Marketing Communication Attribute: An Exploratory Research at Goaseantv. European Research Studies Journal. XX(3A), 383-395. DOI: 10.35808/ersj/716
Jamshidi, Hoda. (2015). Maritime Tourism. https://financialtribune.com/articles/travel/14294/maritime-tourism.
Ecorys (2016). Study on specific challenges for a sustainable development of coastal and maritime tourism in Europe. European Commision. Brussel. https://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/ab0bf
Dwi W, Harits. Subekti N., Bagus. (2017). Upaya Indonesia Meningkatkan Pariwisata Maritim melalui Diplomasi Kebudayaan di Asia Tenggara. Indonesian Perspective, 29(1). 51-63.
DeeWaluyo. (2019). Tiga Daerah Ini Sebagai Model Tata Kelola Pariwisata Bahari Berstandar Internasional. https://infopublik.id/kategori/sorot-ekonomi-bisnis/406604/tiga-daerah-ini-sebagai-model-tata-kelola-pariwisata-bahari-berstandar-internasional?video=
Kemenpar. (2016). Buku saku pariwisata. Indonesia; Jakarta.
Najogi, Gorbi. (2020). The Influence of E-Wom And Destination Image on Visit Decision in The Museum Nasional (Museum Gajah) Jakarta. International Humanities And Applied Sciences Journal (IHASJ). 3(2). 26-34. http://dx.doi.org/10.22441/ihasj.2020.v3i2.04
Bayu, D. J. (2020). Serapan Tenaga Kerja Pariwisata Capai 13 Juta Orang pada 2019. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/15/serapan-tenaga-kerja-pariwisata-capai-13-juta-orang-pada-2019
Rani, D. P. M. (2014). Pengembangan potensi pariwisata kabupaten sumenep, madura, jawa timur (studi kasus: pantai lombang). Jurnal Politik Muda, 3(3), 412-421. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-jpm5b0b20ff16full.pdf.
Desiana, Rizki. Ridwan. Gustasya, Yosy. Yurianto, Moch. (2022).pengembangan potensi pariwisata terhadap pemanfaatan ekonomi maritim di kawasan ibu kota baru dalam mendukung indonesia sebagai poros maritim dunia. Jurnal Manajemen Riset dan Teknologi Universitas Karimun (JURNAL MARITIM), 3(2). 72-78.
Azari, S. Baihaqi, I. dan Bramanti, G. W. (2018). Identifikasi Risiko Green Supply Chain Management di PT Petrokimia Gresik. Jurnal Sains dan Senu Pomits. 7(1), 2337-3520.
Hermawan, Bayu. (2017). Terumbu Karang Labuan Bajo Rusak Diduga Akibat Kapal Wisata. https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/17/08/14/ouo452354-terumbu-karang-labuan-bajo-rusak-diduga-akibat-kapal-wisata.
Putriya, A.R., Putro, U.S., Hermawan, P., & Kijima, K. (2020). Co-creation strategy in peer-to-peer accommodation in Bandung tourism context. BISMA (Bisnis dan Manajemen), 12(1), 140-153.
Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior: Building Marketing Strategy Thirteen Edition. Mcgraw-Hill International Edition.
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif Dengan Partial Least Square Edisi 4. Semarang: Diponegoro.
Yadav, R. and Pathak, G.S. (2016) Young Consumers’ Intention towards Buying Green Products in a Developing Nation: Extending the Theory of Planned Behavior. Journal of Cleaner Production, 135, 732-739.
Pratiwi, Ria. (2013). Emil Salim: Prinsip Green Company Harus Menyatu dalam Pola Manajemen Perusahaan. https://swa.co.id/swa/headline/emil-salim-prinsip-green-company-harus-menyatu-dalam-pola-manajemen-perusahaan. Accessed 17 December 2020.
Peng, Y., & Lin, S. (2008). Local Responsiveness Pressure, Subsidiary Resources, Green Management Adoption, and Subsidiaries‘ Performance: Evidence from Taiwanese Manufacturers. Journal of Business Ethics. 79 (1/2). 199-212.
Costello, M. (2008). 13 Steps to Green Your Business. Business & Economic Review , 54 (4), 6-9.
Yadav, R. Dokania, A.. and Pathak, G. (2018). The influence of green marketing functions in building corporate image: evidences from hospitality industry in a developing nation. Eletronic Library. 34. 1-5.
Zaky, M.H. Purnami, N.M. (2020). Green marketing mix berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk big tree farms di lotus food services. E-Jurnal Manajemen, 9(2). 678-698.
Gupta M C. (1995). Environmental management and its impact on the operations function. Int. J. Oper. Prod. Manag. 15. 34–51.
Kumar, V. and Anita, P. (2016) Competitive Advantage through Engagement. Journal of Marketing, 23, 497-514.
Pratiwi, Ni Putu Deviary Kusuma; Sulhaini, Rinuastuti Baiq Handayani. (2018). The effect of environmental knowledge, green advertising and environmental attitude toward green purchase intention. RJOAS. 6(78). 95-105.
Eneizan BM, Wahab KA. (2016). Effects of Green Marketing Strategy on the Financial and Non-Financial Performance of Firms: A Conceptual Paper. Arabian J Bus Manag Review. 6 (5). 1-7.
Ezanee, M.E. Nadarajan S.S. Norlila M. (2013). Green Business Management and Green Supply Chain Practises: A Case Study In A Manufacturing Organization. Journal of Technology Management. 8(1). 15–33.
Kotler, & K. L. Keller. (2013). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.