Perancangan Virtual Tour untuk Pengenalan Kampus Bagi Mahasiswa di Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Virtual Tour Design to Campus Promotion for Students at The Wira Wacana Christian University Sumba
Keywords:
Image assembly, Multimedia development life cycle (MDLC), Virtual tour, WebsiteAbstract
Kemajuan teknologi informasi kini berdampak pada dunia pendidikan, karena kampus tentunya sangat efektif dalam menunjang proses belajar mengajar, bahkan dalam memperkenalkan atau memajukan pendidikan kampus. Virtual Tour adalah teknologi imersif yang memungkinkan pengguna untuk melihat, menangkap, dan menganalisis data virtual. Virtual tour dapat diklasifikasikan sebagai simulasi tempat yang ada yang terdiri dari kumpulan objek 3D, gambar, dan video. Universitas Kristen Wira Wacana Sumba merupakan universitas swasta terbesar di pulau Sumba. Universitas Kristen Wira Wacana Sumba atau biasa dikenal dengan Unkriswina Sumba (selanjutnya disebut Unkriswina Sumba), dulunya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) dan pada tahun 2016 menjadi Unkriswina Sumba. Saat melakukan kegiatan promosi dan pengenalan fasilitas sekolah, ruang kepala sekolah, ruang rapat, ruang dosen, ruang siswa, ruang akademik, ruang keuangan, ruang rapat kelas, laboratorium dan ruang selektif. Suasana akademik di kampus Unkriswina Sumba selalu tercapai dari mulut ke mulut, brosur, majalah dan spanduk dinding, media sosial dan website. Sehingga diperlukan sebuah kendaraan yang dapat mencari informasi kampus atau berkendara di sekitar area kampus dan mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang bangunan atau lokasi area kampus. Salah satunya adalah virtual tour yang dapat digunakan baik sebagai media informatif maupun sebagai wahana promosi yang menyenangkan. Metode periklanan menggunakan virtual tour menggunakan teknik kolase foto. Pengunjung situs dapat menjelajahi kampus Unkriswina Sumba untuk mendapatkan informasi tanpa harus mengunjungi kampus. Teknik kolase menggunakan beberapa foto yang diambil di lokasi yang berbeda di kampus sehingga pengunjung situs web ini dapat melihat area kampus dan mempelajari nama dan fungsi setiap foto melalui teks, salinan foto, atau tur virtual. adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC), dimana metodologinya memiliki 6 fase yaitu ideation, design, material collection, assembly, testing dan delivery.
References
Adityo, A. (2017). Pembuatan Virtual Reality Tour dengan Metode Gambar Panorama untuk Kampus Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.
Anggara, Y., & Zamroni, G. M. (2021). Virtual Reality Tour Menggunakan Metode Gambar Panorama 360° Sebagai Media Informasi dan Pengenalan Gedung Perkuliahan Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan. JSTIE (Jurnal Sarjana Teknik Informatika) (E-Journal), 9(1), 1–12.
Anwar, M. S. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Jelajah Virtual Panorama Berbasis Web Pada Universitas PGRI Madiun. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 2(1), 12.
Asmiatun, S., Novita, A., & Rifai, A. (2022). Aplikasi Virtual Tour Reality Menggunakan Metode Gambar Panorama Untuk Pengenalan Kampus Universitas Semarang Virtual Tour Reality Application Using Panoramic Image Method for Introduction to Semarang University Campus, 7(January), 55–66.
Daud, F. R., Tulenan, V., & Najoan, X. B. N. (2016). Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Teknik Informatika, 8(1).
Mardainis, M., Arifin, M., Rahmaddeni, R., & Efendi, Y. (2020). Virtual Tour Interaktif 360 Derajat Menggunakan Teknik Image Stitching Sebagai Media Informasi Kampus STMIK Amik Riau. Digital Zone: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(2), 209–222.