Pengaruh Image dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Muzakki di Lazizmu Riau

The Effect of Image and Customer Relationship Management on Muzakki Loyalty in Lazizmu Riau

Authors

  • Nanda Suryadi Faculty of Economics and Social Sciences UIN Suska Riau
  • Arie Yusnelly Faculty of Economic and Business, Riau Islamic Uinversity
  • Raja Ria Yusnita Faculty of Economics and Busines, Riau Islamic University
  • Wahyi Busyro Faculty of Islamic Studies Muhammadiyah University of Riau

Keywords:

Citra, Customer Relationship Management, Loyalitas Muzakki

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh citra dan manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas Muzakki di Lazizmu Riau. Penelitian ini dilakukan di kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan SPSS untuk menganalisis fakta-fakta yang terjadi. . Dalam penelitian ini, data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dengan metode Slovin dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat kota Pekanbaru. Hasil penelitian ini meliputi pengujian parsial variabel Citra Institusional berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Muzakki LAZISMU Riau dan secara parsial variabel Customer Relationship Management berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Muzakki LAZISMU Riau.

References

A. A. Pradany and A. Fahrullah, “Implementasi Customer Relationship Managemet Dan Dampaknya Terhadap Citra Lembaga Pada Yayasan Nurul Hayat Surabaya,” J. Ekon. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 33–39, 2020.

A. Pangiuk, B. Kurniawan, and M. Ulpa, “Pengaruh Citra LAZ OPSEZI Kota Jambi terhadap Minat Muzakki untuk Menyalurkan Zakat,” Innov. J. Relig. Innov. Stud., vol. 17, no. 1, pp. 15–27, 2017.

A. Syafi’i, “Penyalahgunaan Narkoba dalam Perspektif Hukum Positif dan Hukum Islam,” HUNAFA J. Stud. Islam., vol. 6, no. 2, pp. 219–232, 2009.

J. Yogendra et al., “Beneficial effects of yoga lifestyle on reversibility of ischaemic heart disease: caring heart project of International Board of Yoga,” JAPI, vol. 52, pp. 283–289, 2004.

H. Setyowibowo et al., “A self-help guided psychoeducational intervention for Indonesian women with breast cancer symptoms: development and pilot feasibility study,” Asian Pacific J. Cancer Prev. APJCP, vol. 20, no. 3, p. 711, 2019.

J. R. Hagerty et al., “Deep learning and handcrafted method fusion: higher diagnostic accuracy for melanoma dermoscopy images,” IEEE J. Biomed. Heal. informatics, vol. 23, no. 4, pp. 1385–1391, 2019.

R. S. Rahayu, “PENGARUH SERVICE EXCELLENCE TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING.” IAIN SALATIGA, 2019.

R. A. M. Iriqat and M. Daqar, “The Impact of customer relationship management on long-term customers’ loyalty in the Palestinian banking industry,” Int. Bus. Res., vol. 10, no. 11, p. 139, 2017.

D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.

U. Haki, “Pengaruh Pengetahuan Zakat dan Citra Lembaga terhadap minat Muzakki dalam membayar Zakat Fitrah,” Syiar Iqtishadi J. Islam. Econ. Financ. Bank., vol. 4, no. 1, pp. 81–97, 2020.

P. Kotler and K. L. Keller, “Manajemen Pemasaran 13th, JilidI.” Terjemahan oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga, 2009.

M. Mahmudi and R. L. Prastmawati, “The Effect of Sharia Governance and Customer Relationship Marketing on Muzakki Loyalty,” AKRUAL J. Akunt., vol. 12, no. 1, pp. 1–17, 2020.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Nanda Suryadi, Arie Yusnelly, Raja Ria Yusnita, & Wahyi Busyro. (2022). Pengaruh Image dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Muzakki di Lazizmu Riau: The Effect of Image and Customer Relationship Management on Muzakki Loyalty in Lazizmu Riau. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 275-280. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/376

Issue

Section

Sains dan Teknologi