Ragam Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Akomodasi Perhotelan

Variety of Learning Media for Vocational High School Students, Majoring in Hospitality Accommodation

Authors

  • Elmanora Universitas Negeri Jakarta
  • Ridho Idham Anwar Universitas Negeri Jakarta
  • Prastiti Laras Nugraheni Universitas Negeri Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis media pembelajaran yang dapat digunakan siswa SMK Jurusan Akomodasi Perhotelan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan cara menganalisis 30 artikel ilmiah yang diterbitkan sejak tahun 2016-2022. Media yang dianalisis dikelompokkan dalam lima kelompok, yaitu: media untuk mata pelajaran food and beverage, front office, housekeeping, laundry, serta sanitasi, higiene dan keselamatan kerja. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada beberapa media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mata pelajaran di SMK jurusan akomodasi perhotelan, seperti media berbentuk buku, audio visual, video, multimedia, dan lain-lain. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh berbagai peneliti menemukan bahwa media tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa SMK. Dengan demikian, guru dan siswa diharapkan dapat memilih media yang tepat untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.

References

K. P. dan Kebudayaan, “Undang Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003,” Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 39–45, 2017, doi: 10.24967/ekombis.v2i1.48.

D. T. Lestari and Supriyanto, “Pelaksanaan Program Teaching Factory Education Hotel (EDOTEL) Dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Prima (Studi Kasus Pada Program Keahlian Akomodasi Perhotelan di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo),” Inspirasi Manajemen Pendidikan, vol. Vol 5 No 1, p. 7 Pages, 2017.

S. Sahari and Wahyudi, “A DARING Learning Innovation For Elementary School,” Pengembangan Media Tata Surya Berbasis Macromedia Flash Sebagai Inovasi Pembelajaran DARING Untuk Siswa SD, vol. 6, pp. 174–183, 2020.

D. Berangka, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Sekolah Tinggi Katolik Santo Yakobus Merauke,” Jurnal Jumpa Vol. VIII, No. 1, April 2020| 30, vol. VIII, no. 1, pp. 30–45, 2020.

G. S. Prayoga, “Rancangan Awal Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Untuk Mata Kuliah Hygiene , Sanitation And Safety Front Office,” Jurnal Senapati, vol. 5, no. 1, pp. 26–30, 2018.

M. D. Andini, N. Rohaeni, and M. P. Ningsih, “Peningkatan Penguasaan Pengetahuan Public Area Melalui Penggunaan Media Proyeksi Padapeserta Didik Di SMK Negeri 15 Bandung,” vol. II, no. 1, pp. 37–45, 2016.

Irwanto and W. Guswiani, “Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Front Office di Kelas XI Akomodasi Perhotelan SMKN 3 Garut,” LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), vol. 10, no. 2, p. 77, 2019, doi: 10.21927/literasi.2019.10(2).77-91.

A. Zamzami, N. Rohaeni, and N. Rani, “Pembuatan Multimedia Pembelajaran Berbasis Bilingual Pada Materi Prosedur Penanganan Guest Laundry Di Akomodasi Perhotelan,” Pembuatan Multimedia Pembelajaran Berbasis Bilingual Pada Materi Prosedur Penanganan Guest Laundry Di Akomodasi Perhotelan, vol. 5, no. 1, pp. 38–47, 2019.

S. Hadi, H. K. Thahjono, and M. Palupi, Systematic Review: Meta Sintesis Untuk Riset Perilaku Organisasional. 2020.

Y. Astuti, A. Sonhadji, and A. Nyoto, “PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATA PELAJARAN TATA HIDANG PAKET KEAHLIAN JASA BOGA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN,” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 1, no. 1, pp. 18–24, Jan. 2016, doi: 10.17977/JP.V1I1.6603.

A. Prihatiningtyas and P. Ekawatiningsih, “PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO TABLE SET UP UNTUK MENINGKATKAN PENCAPAIAN KOMPETENSI MATA PELAJARAN TATA HIDANG,” Journal of Culinary Education and Technology, vol. 5, no. 6, Nov. 2016, doi: 10.21831/JCET.V5I6.5283.

M. Sekar Ayu and F. Rahmawati, “PENGEMBANGAN BLOG SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN TATA HIDANG KELAS XI SMK N 1 KALASAN,” Journal of Culinary Education and Technology, vol. 6, no. 4, Oct. 2017, doi: 10.21831/JCET.V6I4.8293.

A. Setia Budi and S. Binarkaheni, “Pembuatan Video Tutorial Table Manner Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa SMK Negeri 3 Jember,” J-Dinamika : Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. 22–26, Jun. 2017, doi: 10.25047/j-dinamika.v2i1.447.

H. Nurhabibah and M. Barus, “Perbedaan Penggunaan Media Video Dan Media Gambar Dalam Pembelajaran Table Set Up Terhadap Hasil Belajar Table Set Up SMK Negeri 3 Tebing Tinggi,” Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), vol. 3, no. 2, pp. 59–64, 2019, Accessed: Aug. 24, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/garnish/article/view/26347

N. Rohman and Saptariana, “Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Audio Visual dengan Media Kliping pada Siswa SMK Ibu Kartini Semarang,” TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, vol. 7, no. 2, pp. 88–92, Dec. 2019, doi: 10.15294/teknobuga.v7i2.20540.

L. F. Wati and A. Efi, “Design of E-Module Based on Discovery Learning in Basic Boga Students of Class X Tata Boga in SMK Negeri 1 Beringin,” JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI KEJURUAN, vol. 4, no. 1, pp. 8–18, Jun. 2021, doi: 10.24036/JPTK.V4I1.17123.

R. Febriana and Y. Yulianti, “PENERAPAN VIDEO TUTORIAL RESTAURANT MISE EN PLACE UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN SISWA,” Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 2, no. 1, pp. SNPPM2021P-257-SNPPM2021P-267, Dec. 2021, Accessed: Aug. 23, 2022. [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm/article/view/25618

W. Hajj Ferrel et al., “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MATERI LIPATAN SERBET SMK PUTRA ANDA BINJAI,” Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), vol. 5, no. 2, Aug. 2021, Accessed: Aug. 24, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/garnish/article/view/33112

S. Musdalifah, L. T. Pangesthi, S. Sulandjari, and N. Purwidiani, “PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMK PROGRAM KEAHLIAN KULINER,” Jurnal Tata Boga, vol. 10, no. 1, pp. 35–43, 2021, Accessed: Aug. 24, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-boga/article/view/37806

W. Guswiani et al., “EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FRONT OFFICE DI KELAS XI AKOMODASI PERHOTELAN SMKN 3 GARUT,” TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, vol. 3, no. 2, Sep. 2018, doi: 10.31980/TP.V3I2.416.

T. Martini, T. Tahyan, S. Pd, and M. Pd, “AKTIVITAS FRONT OFFICE DALAM MENERIMA TAMU DENGAN MENGGUNAKAN I-GUEST DI SMKN 11 BANDUNG,” Jurnal Komputer Bisnis, vol. 13, no. 1, pp. 54–66, Jun. 2020, Accessed: Aug. 24, 2022. [Online]. Available: http://jurnal.lpkia.ac.id/index.php/jkb/article/view/262

A. Nabila, N. Rohaeni, Y. Jubaedah, S. Fithriturrohmi Yusuf, and N. R. Rinekasari, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENANGANAN RESERVASI HOTEL BERBASIS VIDEO MOTION GRAPHIC DI SMK AKOMODASI PERHOTELAN,” Jurnal Pendidikan dan Perhotelan (JPP), vol. 1, no. 2, pp. 39–44, Nov. 2021, Accessed: Aug. 24, 2022. [Online]. Available: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpp/article/view/24116

L. Suardani, “Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Game Puzzle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kantor Depan (Reservasi),” Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 3, no. 1, pp. 24–31, Mar. 2019, doi: 10.23887/JIPP.V3I1.17106.

A. G. Satria, “Sistem Aplikasi Edotel Berbasis Web Pada SMK Kridawisata Bandar Lampung,” Jurnal Teknologi Terkini, vol. 2, no. 6, pp. 1–14, 2022, Accessed: Aug. 24, 2022. [Online]. Available: http://teknologiterkini.org/index.php/terkini/article/view/191/173

N. P. Melyawati, N. M. Suriani, and R. P. Ariani, “Penerapan Model Role Playing Berbantuan Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Front Office Di SMK Negeri 1 Kubu,” Jurnal BOSAPARIS: Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol. 13, no. 2, pp. 101–111, Jul. 2022, doi: 10.23887/jppkk.v13i2.50548.

M. D. Andini, N. Rohaeni, and M. P. Ningsih, “Peningkatan Penguasaan Pengetahuan Public Area Melalui Penggunaan Media Proyeksi Padapeserta Didik Di SMK Negeri 15 Bandung,” FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol. 2, no. 1, 2016, Accessed: Aug. 24, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/4794

N. Kurniadi, K. Putu, M. A. Nitiasih, D. Gede Batan, and M. A. English, “DEVELOPING E-LEARNING ENGLISH FOR HOUSEKEEPING MATERIAL FOR THE HOTEL ACCOMODATION DEPARTMENT STUDENTS OF GRADE ELEVEN AT SMKN 2 SINGARAJA”.

M. Mubarakah, N. Rohaeni, and A. Ana, “Perancangan Multimedia Interaktif Offline Bilingual Untuk Penguasaan Istilah Asing Pada Materi Public Area Di Akomodasi Perhotelan,” FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol. 4, no. 1, pp. 1–10, Aug. 2018, Accessed: Aug. 24, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/11954

U. Hasanah, S. Doriza, and R. Rahmadhani, “The implication of Android-based mobile learning on housekeeping subject,” IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 1098, no. 2, p. 022100, Mar. 2021, doi: 10.1088/1757-899X/1098/2/022100.

I. G. N. Wiragunawan, “Penerapan Model Tutor Sebaya Berbantuan Media Presentasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa,” JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, vol. 2, no. 7, pp. 1016–1028, Jul. 2021, doi: 10.47387/JIRA.V2I7.188.

I. Gusti, N. Wiragunawan, S. Negeri, and K. Selatan, “PENERAPAN PEMBELAJARAN SOLE BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMKN 1 KUTA SELATAN,” TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, vol. 2, no. 2, pp. 232–240, Jul. 2022, doi: 10.51878/TEACHER.V2I2.1349.

A. Zamzami, N. Rohaeni, and N. R. Rinekasari, “Pembuatan Multimedia Pembelajaran Berbasis Bilingual Pada Materi Prosedur Penanganan Guest Laundry Di Akomodasi Perhotelan,” FamilyEdu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol. 5, no. 1, pp. 38–47, May 2019, Accessed: Aug. 23, 2022. [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/familyedu/article/view/17577

I. N. D. A. Ana, “Penggunaan Animasi ‘Mang & Ming’ Melalui Konsep 5M Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Laundry di SMK Negeri 1 Bebandem pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ),” LAMPUHYANG, vol. 12, no. 1, pp. 107–121, Jan. 2021, Accessed: Aug. 23, 2022. [Online]. Available: https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/255

Qurotu Ainin, “Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar SHKK (Sanitasi Hygiene dan Keselamatan Kerja) (Studi Korelasi Pada Peserta Didik Kelas X Akomodasi Perhotelan di SMKN 1 Bojo,” Jurnal Teknologi Pendidikan, May 01, 2016. http://ejournal.uika-bogor.ac.id/index.php/TEK/article/view/491# (accessed Aug. 23, 2022).

S. Fatimah, “Pengembangan Media Pembelajaran Animasi pada Mata Pelajaran Sanitasi, Hygiene, dan Keselamatan Kerja SMKN 1 Sewon,” Journal of Culinary Education and Technology, vol. 7, no. 1, p. 1, Sep. 2018, doi: 10.21831/JCET.V7I1.11541.

A. Tyas Utami, “Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Kecelakaan Keselamatan Kerja,” Journal of Education Action Research, vol. 3, no. 4, pp. 426–432, Nov. 2019, doi: 10.23887/JEAR.V3I4.22374.

A. P. Rizkia and A. Sekar Sari, “Representasi Penerapan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Sanitasi, Higiene dan Kesehatan Keselamatan Kerja di SMK,” KELUARGA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol. 5, no. 1, pp. 155–159, Aug. 2019, doi: 10.30738/KELUARGA.V5I1.3821.

C. Andriani and Y. I. Sari, “Validitas Modul Pembelajaran Menerapkan Kesehatan Keselamatan Kerja dan Hygiene Sanitasi,” JTEV (Jurnal Teknik Elektrodan Vokasional), vol. 7, no. 1, pp. 86–91, 2021, Accessed: Aug. 23, 2022. [Online]. Available: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/111978/104772

R. I. Pane, A. Rahmi, E. Emilia, A. I. Anugerah, and D. Agustina, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Kesehatan Dan Keselamatan Kerja (K3) SMK Swasta Pariwisata Imelda Medan,” Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), vol. 6, no. 1, pp. 51–61, 2022, Accessed: Aug. 23, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/garnish/article/view/33100

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

Elmanora, Ridho Idham Anwar, & Prastiti Laras Nugraheni. (2022). Ragam Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Akomodasi Perhotelan: Variety of Learning Media for Vocational High School Students, Majoring in Hospitality Accommodation. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 403-411. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/413

Issue

Section

Sosial, Ekonomi, Manajemen dan Pendidikan