Penerapan algoritma K-Nearest Neighbor pada klasifikasi Penjualan produk Indihome daerah Riau

Authors

  • Mulya Permadi STMIK Amik Riau
  • Febby Febriani
  • Martin Jonathan Panggabean
  • Rahmaddeni

Keywords:

telekomunikasi, internet,, gamer, K-Nearest Neighbor

Abstract

PT. Telkom adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang telekomunikasi dengan produk IndiHome yang
merupakan gabungan dari jenis produk dan layanan telecommunication, information, media dan edutainment
menjadi satu terdiri dari layanan internet, internet voicete dan internet interaktif (UseeTV cable) atau Triple
Play. Pengembangan strategi pemasaran yang maksimal memerlukan bauran pemasaran efektif dan efisien.
Pada prinsipnya, strategi pemasaran memberikan arah dalam kaitannya dengan variabel-varibel seperti
segmentasi pasar, target, positioning, dan elemen bauran pemasaran. Untuk menunjang penelitian ini, maka
variabel yang digunakan adalah variabel operasional untuk analisis ekternal dan internal, Dalam penelitian ini
metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah deskriptif.
Data primer diperoleh langsung dari subjek penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dilihat
dari banyaknya permintaan konsumen akan produk layanan berdasarkan data penjualan selama 1 tahun terakhir
maka dibutuhkan pengklasifikasian untuk penjualan produk layanan terlaris, guna untuk mempermudah pihak
perusahaan dalam perencanaan penyediaan layanan. Untuk mengetahui penjualan produk layanan terlaris
digunakan teknik klasifikasi dengan algoritma K-Nearest Neighbor. Hasil dari penelitian ini adalah klasifikasi penjualan layanan terlaris sebanyak 1 jenis paket dari 4 jenis paket yang terjual yaitu Internet Only,
Internet+TV, Internet+TV+Phone, dan Paket Gamer. Berdasarkan nilai akurasi terhadap klasifikasi penjualan
produk terlaris dengan jumlah k=2 terbaik sebesar 85,71%.


References

D. P. Utomo and M. Mesran, “Analisis Komparasi Metode Klasifikasi Data Mining dan Reduksi

Atribut Pada Data Set Penyakit Jantung,” JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, vol. 4,

no. 2, p. 437, Apr. 2020, doi: 10.30865/mib.v4i2.2080.

A. U. Haspriyanti and P. T. Prasetyaningrum, “Penerapan Data Mining Untuk Prediksi Layanan

Produk Indihome Menggunakan Metode K-Nearst Neighbor 1,” 2019.

W. Puspita Hidayanti, “Penerapan Algoritma K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Efektivitas

Penjualan Vape (Rokok Elektrik) pada ‘Lombok Vape On,’” Jurnal Informatika dan Teknologi, vol.

, no. 2, 2020.

Danar P, “Ekstraksi Citra menggunakan Metode GLCM dan KNN untuk Indentifikasi Jenis Anggrek

(Orchidaceae),” 2019.

R. Rahmaddeni, M. K. Anam, Y. Irawan, S. Susanti, and M. Jamaris, “Comparison of Support Vector

Machine and XGBSVM in Analyzing Public Opinion on Covid-19 Vaccination,” ILKOM Jurnal

Ilmiah, vol. 14, no. 1, pp. 32–38, Apr. 2022, doi: 10.33096/ilkom.v14i1.1090.32-38

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Permadi, M., Febriani, F. ., Panggabean, M. J., & Rahmaddeni. (2023). Penerapan algoritma K-Nearest Neighbor pada klasifikasi Penjualan produk Indihome daerah Riau. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 105-111. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/606

Issue

Section

Sains dan Teknologi

Most read articles by the same author(s)