Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Perilaku Pengguna Layanan GoFood di Masa Pandemi Covid 19 Menggunakan Metode UTAUT 2
Analysis of Factors Influencing GoFood Service User Behavior During the Covid-19 Pandemic Using the UTAUT 2 Method
Keywords:
GoFood, Online Food Delivery, SmartPLS, UTAUT 2Abstract
GoFood merupakan layanan pesan antar (delivery) yang diberikan perusahan GoJek untuk membelikan dan mengantarkan pesanan makanan kepada penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat perilaku penguna GoFood di kota Jambi dengan menggunakan metode Unified Theory of Acceptanceand Use of Technology (UTAUT) 2. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan Structural Equation Modeling berdasarkan Partial Least Square dengan menggunakan software pengolahan data yaitu SmartPLS 3. 0. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis didapatkan kesimpulan bahwa Performance Expectancy, Effort Expectancy, Social Influence Facilitating Conditions, Hedonic Motivation dan Price Value tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap Behavioural Intention. Adapun variabel Habit berpengaruh signifikan terhadap Behavioural Intention serta variabel Facilitating Conditions, Habit dan Behavioural Intention berpengaruh signifikan terhadap Use Behavior layanan GoFood di kota Jambi. Age, Gender dan Experience tidak memoderasi pengaruh antara Facilitating Conditions, Hedonic Motivation, Price Value dan Habit terhadap Behavioural Intention. Hanya variabel experience yang mampu memperkuat hubungan Habit terhadap Use Behavior dan variabel experience yang mampu memperkuat hubungan Behavioural Intention terhadap Use Behavior.
References
E. Ezizwita and T. Sukma, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Bisnis Kuliner Dan Strategi Beradaptasi di Era New Normal,” J. Ekon. dan Bisnis Dharma Andalas, vol. 23, no. 1, pp. 51–63, Jan. 2021, doi: 10.47233/jebd.v23i1.169.
N. S. Putri, J. Gunawan, and B. M. Wibawa, “Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Niat Keberlanjutan Penggunaan Layanan Online Food Delivery di Masa Pandemi Covid-19,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 10, no. 1, pp. 89–94, Aug. 2021, doi: 10.12962/j23373520.v10i1.60456.
P. Ishak and N. L. H. Sholehah, “Implementasi Model Pentahelix Dalam Pengembangan UMKM Dimasa Pandemi Covid-19,” Gorontalo Account. J., vol. 4, no. 2, p. 207, 2021, doi: 10.32662/gaj.v4i2.1726.
A. R. Nurvita and A. Budiarti, “Analisis Persepsi Nilai Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Layanan GoFood Di Kalangan Mahasiswa STEISIA Surabaya,” J. Ilmu dan Ris. Manaj., vol. 8, pp. 1–18, 2019.
F. D. Amajida, “KREATIVITAS DIGITAL DALAM MASYARAKAT RISIKO PERKOTAAN: STUDI TENTANG OJEK ONLINE ‘GO-JEK’ DI JAKARTA,” INFORMASI, vol. 46, no. 1, p. 115, Jun. 2016, doi: 10.21831/informasi.v46i1.9657.
H. H. Nawawi, “Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa,” Emik, vol. 3, no. 2, pp. 189–205, Dec. 2020, doi: 10.46918/emik.v3i2.697.
N. Maranguni? and A. Grani?, “Technology acceptance model: a literature review from 1986 to 2013,” Univers. Access Inf. Soc., vol. 14, no. 1, pp. 81–95, Mar. 2015, doi: 10.1007/s10209-014-0348-1.
M. Blut, A. Y. L. Yee, L. Chong, Z. Tsigna, and V. Venkatesh, “Meta-analysis of the unified theory of acceptance and use of technology,” J. Assoc. Inf. Syst. Forthcom., vol. 23, no. 1, pp. 13–95, 2021, [Online]. Available: https://aisel.aisnet.org/jais/vol23/iss1/10
Venkatesh, Thong, and Xu, “Consumer Acceptance and Use of Information Technology: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology,” MIS Q., vol. 36, no. 1, p. 157, 2012, doi: 10.2307/41410412.
J. F. Hair Jr, M. Sarstedt, L. Hopkins, and V. G. Kuppelwieser, “Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM),” Eur. Bus. Rev., vol. 26, no. 2, pp. 106–121, Mar. 2014, doi: 10.1108/EBR-10-2013-0128.
J. Hair, C. L. Hollingsworth, A. B. Randolph, and A. Y. L. Chong, “An updated and expanded assessment of PLS-SEM in information systems research,” Ind. Manag. Data Syst., 2017, doi: 10.1108/IMDS-04-2016-0130.