Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Anak Sekolah Minggu Berbasis Android
Design Android-Based Sunday School Children's Educational Game Application
Keywords:
Aplikasi, Game Edukasi, Gadget, Tokoh Alkitab, WaterfalAbstract
Pada era modern seperti sekarang ini, perkembangan teknologi sangat cepat apalagi dalam bidang komunikasi seperti pada gadget atau handphone yang berbasis sistem operasi android. Dengan perkembangan teknologi ini sangat membantu manusia dalam mendapatkan informasi untuk kehidupan sehari-hari, namun tidak hanya untuk kalangan orang dewasa perkembangan teknologi juga diperlukan untuk kalangan anak-anak. Kegiatan sekolah minggu merupakan kegiatan pembelajaran alkitab dan kerohanian sebagai sarana dalam pembentukan iman dan karakter anak-anak usia dini. Kegiatan ini dilakukan setiap hari minggu dimana anak-anak belajar terkait isi alkitab yang dilakukan dengan berbagai pola yaitu menyanyi, berdoa, bermain game dan beberapa cara lainnya. Penyajian cerita biasa disertai dengan gambar-gambar, namun kendala yang dihadapi oleh pengajar sekolah minggu dalam menyajikan cerita adalah kekurangan alat peraga pada cerita yang akan dibawakan sementara materi tersedia, oleh sebab itu di rancanglah sebuah aplikasi game edukasi untuk membantu pengajar lebih mudah bercerita dan anak-anak belajar melalui media interaktif yang membuat mereka bisa lebih memahami materi yang diberikan, terkait tokoh-tokoh alkitab. Game edukasi ini di rancang menggunakan metode waterfall. Dalam penyampaian cerita alkitab, aplikasi Game ini menyediakan fitur cerita dalam bentuk animasi dan suara, dengan dibuatnya aplikasi ini diharapkan dapat membantu proses belajar mengajar yang ada di sekolah minggu
References
U. K. Petra, “PERANCANGAN BOARD GAME EDUKATIF TENTANG CERITA NABI NUH UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU USIA 6-11 TAHUN Karina Anggraeni Santoso , Bing Bedjo Tanudjaja , Daniel Kurniawan Salomoon Abstrak Pendahuluan”.
R. A. M. Tulung, A. S. Lumanta, and V. Tulenan, “Rancang Bangun Aplikasi Game Untuk Anak Sekolah Minggu,” J. Tek. Inform., vol. 12, no. 1, pp. 1–7, 2017.
S. C. R. Riady, S. Sentinuwo, and S. Karouw, “Rancang Bangun Aplikasi Mobile Learning Anak Sekolah Minggu dengan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,” J. Tek. Inform., vol. 9, no. 1, pp. 20–25, 2016, doi: 10.35793/jti.9.1.2016.14807.
H. Sakti, Liliana, and K. R. Purba, “Game cerita Alkitab untuk Sekolah Minggu,” J. Infra, no. 031, 2017, [Online]. Available: http://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/view/5030%0Ahttp://publication.petra.ac.id/index.php/teknik-informatika/article/download/5030/4632
M. Sukamto, R., & Shalahuddin, “Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.,” Inform. Bandung, 2013.
R. S. Pressman, Software Engineering. Thomas Casson, 2001.
Y. A. Pattinama, “Peranan Sekolah Minggu Dalam Pertumbuhan Gereja,” Scr. J. Teol. dan Pelayanan Kontekst., vol. 8, no. 2, pp. 132–151, 2020, doi: 10.47154/scripta.v8i2.68.
N. Nurhidayati and A. M. Nur, “Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Persebaran Indekos di Wilayah Pancor Kabupaten Lombok Timur,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 51–62, 2021, doi: 10.29408/jit.v4i1.2989.
D. W. T. Putra and R. Andriani, “Unified Modelling Language (UML) dalam Perancangan Sistem Informasi Permohonan Pembayaran Restitusi SPPD,” J. TeknoIf, vol. 7, no. 1, p. 32, 2019, doi: 10.21063/jtif.2019.v7.1.32-39.
Weni Syaputri and Asita Novita, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pengarsipan Data Pasien Di Klinik Utama Kasih Bunda Perawang,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 1, pp. 62–68, 2019.
F. Kaurie, A. Purwanto, and M. Minarni, “Pengembangan Teknologi Game Indonesia untuk Game 2D ‘HEROES OF INDONESIA’ Menggunakan Unity 2D Engine Berbasis Mobile,” J. Ilmu Komput. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 2483–2494, 2020, doi: 10.47927/jikb.v11i2.12.
A. Yani, B. Saputra, and R. T. Jurnal, “Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Siswa Dan Kehadiran Guru Berbasis Web,” Petir, vol. 11, no. 2, pp. 107–124, 2018, doi: 10.33322/petir.v11i2.344.
M. F. RKT, “Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Medan Menggunakan Metode Algoritma Djikstra,” Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 2021.
N. Musthofa and M. A. Adiguna, “Perancangan Aplikasi E-Commerce Spare-Part Komputer Berbasis Web Menggunakan CodeIgniter Pada Dhamar Putra Computer Kota Tangerang,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 1, no. 03, pp. 199–207, 2022.
N. A. Maiyendra, “Perancangan Sistem Informasi Promosi Tour Wisata Dan Pemesanan Paket Tour Wisata Daerah Kerinci Jambi Pada Cv. Rinai Berbasis Open Source,” Jursima, vol. 7, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.47024/js.v7i1.164.