Game Edukasi Matematika Untuk Minat Belajar Berhitung Berbasis Android

Mathematics Educational Games For An Interest In Learning Calculating Based On Android

Authors

  • Indra Landu Meha Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Alfrian Carmen Talakua Universitas Kristen Wira Wacana Sumba

Keywords:

Game Edukasi, Berbasis Android, Perhitungan Matematika, SDN Waingapu 4.

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat, terutama teknologi komputer, mendorong munculnya inovasi baru dalam penyajian dan pengolahan informasi. Penggunaan media pembelajaran di sekolah belum dimaksimalkan. Media pembelajaran belum banyak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas ataupun pembelajaran mandiri. media pembelajaran adalah alat bantu guru untuk menyampaikan informasi dalam kegiatan pembelajaran. Namun saat ini masih banyak Sekolah Dasar yang melaksanakan kegiatan pembelajaran hanya menggunakan media dalam bentuk  audio,  visual,  alat  peraga,  dan  benda-benda  di  sekitar  saja  sehingga  membuat  siswa  mudah  bosan  saat mengikuti  kegiatan  pembelajaran. Dengan  adanya  teknologi  dapat  dijadikan  media Alternatif yang baik dan menarik bagi anak-anak untuk belajar matematika yaitu dengan membuat sebuah game edukasi.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan game edukasi berbasis android. Software yang digunakan dalam pembuatan game adalah Unity dengan bahasa C#. Metode pengembangan game edukasi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pemodelan Waterfall yang meliputi 4 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Implementation (implementasi), dan Testing (pengujian). 

References

Ramadhona, E. W., Prasetya, T., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., & Nurdiawan, O. (2022). Game Edukasi “Nihongo Kurabu” Belajar Bahasa Menggunakan Unity 2d Berbasis Android. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS?: Journal of Information Management, 6(1). https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1684

Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR. 10(2), 59–64.

Dilago, Y., Tulenan, V., Paturusi, S., Elektro, J. T., Sam, U., Manado, R., & Bahu, K. (2021). Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Tobelo Berbasis Android pada Anak. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 1–9. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika

Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014

Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Syaefullah, D. 2017. Game Edukasi RPG Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 6(1).

Downloads

Published

2023-08-24

How to Cite

Landu Meha, I., & Carmen Talakua, A. (2023). Game Edukasi Matematika Untuk Minat Belajar Berhitung Berbasis Android: Mathematics Educational Games For An Interest In Learning Calculating Based On Android . SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 351-359. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/657

Issue

Section

Sains dan Teknologi