Game Edukasi Matematika Untuk Minat Belajar Berhitung Berbasis Android
Mathematics Educational Games For An Interest In Learning Calculating Based On Android
Keywords:
Game Edukasi, Berbasis Android, Perhitungan Matematika, SDN Waingapu 4.Abstract
Kemajuan teknologi yang semakin pesat, terutama teknologi komputer, mendorong munculnya inovasi baru dalam penyajian dan pengolahan informasi. Penggunaan media pembelajaran di sekolah belum dimaksimalkan. Media pembelajaran belum banyak digunakan dalam proses pembelajaran di kelas ataupun pembelajaran mandiri. media pembelajaran adalah alat bantu guru untuk menyampaikan informasi dalam kegiatan pembelajaran. Namun saat ini masih banyak Sekolah Dasar yang melaksanakan kegiatan pembelajaran hanya menggunakan media dalam bentuk audio, visual, alat peraga, dan benda-benda di sekitar saja sehingga membuat siswa mudah bosan saat mengikuti kegiatan pembelajaran. Dengan adanya teknologi dapat dijadikan media Alternatif yang baik dan menarik bagi anak-anak untuk belajar matematika yaitu dengan membuat sebuah game edukasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan game edukasi berbasis android. Software yang digunakan dalam pembuatan game adalah Unity dengan bahasa C#. Metode pengembangan game edukasi yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pemodelan Waterfall yang meliputi 4 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (perancangan), Implementation (implementasi), dan Testing (pengujian).
References
Ramadhona, E. W., Prasetya, T., Purnamasari, A. I., Dikananda, A. R., & Nurdiawan, O. (2022). Game Edukasi “Nihongo Kurabu” Belajar Bahasa Menggunakan Unity 2d Berbasis Android. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS?: Journal of Information Management, 6(1). https://doi.org/10.51211/imbi.v6i1.1684
Yunus, M., Astuti, I. F., & Khairina, D. M. (2015). GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK SEKOLAH DASAR. 10(2), 59–64.
Dilago, Y., Tulenan, V., Paturusi, S., Elektro, J. T., Sam, U., Manado, R., & Bahu, K. (2021). Rancang Bangun Game Edukasi Bahasa Tobelo Berbasis Android pada Anak. Jurnal Teknik Elektro Dan Komputer, 1–9. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/informatika
Arsyad, A. 2015. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Masykur, R., Nofrizal, N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash. Al-Jabar?: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i2.2014
Pramuditya, S. A., Noto, M. S., & Syaefullah, D. 2017. Game Edukasi RPG Matematika. Eduma: Mathematics Education Learning And Teaching, 6(1).