Sistem Monitoring Santri pada Pondok Pesantren As-salam Naga Beralih menggunakan Metode Waterfall

Monitoring System for Students of As-salam Naga Beralih Islamic boarding school using the Waterfall Method

Penulis

  • Irma Fitriani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Febbi Ardiani Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
  • Fajri Nurhadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Kata Kunci:

Pesantren, Perizinan Santri, Point Pelanggaran, Metode Waterfall

Abstrak

Kemajuan teknologi yang pesat telah mengubah berbagai sektor, termasuk pendidikan. Pondok pesantren menghadapi tantangan dalam mengelola informasi santri, terutama dalam hal perizinan dan pelanggaran. Makalah ini menyajikan pengembangan sistem monitoring santri pada pondok pesantren As-salam Naga Beralih dengan menggunakan metode Waterfall. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi pencatatan dan pemantauan perizinan dan pelanggaran santri yang saat ini masih dikelola secara manual dengan menggunakan buku catatan. Metode Waterfall memastikan proses pengembangan yang terstruktur dan berurutan, mulai dari analisis kebutuhan, desain sistem, pengkodean, pengujian, hingga implementasi dan pemeliharaan. Dengan mengimplementasikan sistem ini, pesantren dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada siswa dan orang tua, memfasilitasi akses informasi yang relevan secara real-time dan online. Sistem ini meningkatkan pengelolaan data siswa, menyederhanakan proses, dan memastikan penanganan informasi yang aman dan efisien.

Referensi

A. R. Jasadi, “Perancangan Sistem Informasi Monitoring Santri Versi Mobile,” J. It, vol. 10, no. 2, pp. 160–170, 1970, doi: 10.37639/jti.v10i2.164.

C. Hastasari, B. Setiawan, and S. Aw, “Students’ communication patterns of islamic boarding schools: the case of Students in Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta,” Heliyon, vol. 8, no. 1, 2022, doi: 10.1016/j.heliyon.2022.e08824.

H. M. Fardoun, S. R. López, D. M. Alghazzawi, and J. Castillo, “Monitoring Students Moods for the Detection of Weaknesses in Secondary Schools,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 47, pp. 2049–2054, 2012, doi: 10.1016/j.sbspro.2012.06.947.

J. A. Ramadhan, D. T. Haniva, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid,” JIEET J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 07, no. 01, pp. 36–42, 2023, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/21941

T. Thesing, C. Feldmann, and M. Burchardt, “Agile versus Waterfall Project Management: Decision model for selecting the appropriate approach to a project,” Procedia Comput. Sci., vol. 181, pp. 746–756, 2021, doi: 10.1016/j.procs.2021.01.227.

F. Santoso, A. Zubairi, and M. Nastain, “Sistem Pendukung Keputusan Izin Bepergian Harian Santri Putra Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo,” JUSTIFY J. Sist. Inf. Ibrahimy, vol. 1, no. 1, pp. 65–72, 2022, doi: 10.35316/justify.v1i1.2153.

E. Elisa, N. Azwanti, T. Komputer, and U. P. Batam, “DOI?: http://dx.doi.org/10.31869/rtj.v2i2.1430,” vol. 2, no. 2, 2019.

Y. Anis, E. N. Wahyudi, and H. C. Kurniawan, “Metode Waterfall dalam Pengembangan Sistem Inventaris Guna Meningkatkan Efisiensi Manajemen Stok Barang,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 329–338, 2024, doi: 10.47233/jteksis.v6i2.1351.

M. Nuraminudin, M. M. Dewi, S. Suharsono, A. Dahlan, and L. Lukman, “Implementasi Reactjs Pada Pembuatan Sistem Informasi Digital Printing Berbasis Website,” Inf. Syst. J., vol. 6, no. 01, pp. 25–32, 2023, doi: 10.24076/infosjournal.2023v6i01.1214.

Bima Andika Putera and O. Rukmana, “Perancangan Sistem Informasi Perizinan Guru dan Siswa di SMA Terpadu Riyadlul Ulum Tasikmalaya,” Bandung Conf. Ser. Ind. Eng. Sci., vol. 3, no. 1, pp. 50–59, 2023, doi: 10.29313/bcsies.v3i1.5867.

U. M. Sidoarjo and M. L. Idham, “Violation Information and Student Achievement with a Website-Based System at the School of Insan Cendekia Mandiri Boarding School Informasi Pelanggaran dan Prestasi Siswa dengan Sistem Berbasis Website di Sekolah Insan Cendekia Mandiri Boarding School,” vol. 2, no. 2, 2022.

R. Adhella and A. Firdonsyah, “Design of School Information System Using Waterfall Method (Case study: MTsN 8 Bantul),” Procedia Eng. Life Sci., vol. 1, no. 2, 2021, doi: 10.21070/pels.v1i2.1020.

A. G. Setiawan and A. U. Zailani, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Mobile pada Pondok Pesantren Dar El Amir dengan Metode Waterfall,” J. Teknol. Sist. Inf. dan Apl., vol. 5, no. 1, p. 6, 2022, doi: 10.32493/jtsi.v5i1.14650.

F. Anis, N. Zuraidin, and M. Safar, “Sistem Manajemen Asrama berbasis web untuk Sekolah Menengah Agama Parit Sulong,” vol. 3, pp. 279–291, 2022.

D. Amelia, S. Supriadi, H. A. Musril, and L. Efriyanti, “Rancang Aplikasi Monitoring Ibadah Siswa Berbasis Web di SMA Negeri 1 V Koto Kampuang Dalam,” Indones. Res. J. Educ., vol. 3, no. 1, pp. 352–364, 2022, doi: 10.31004/irje.v3i1.147.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-08-28

Terbitan

Bagian

Articles