Pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved
Keywords:
Citra Merek, Gaya Hidup, Persepsi Harga, Keputusan Pembelian., pakaian prelovedAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Brand Image, Fashion Lifestyle, dan Persepsi Harga terhadap keputusan pembelian pakaian branded preloved di Kota Pekanbaru. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan Purposive Sampling, melibatkan 100 responden yang merupakan konsumen pakaian preloved. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Brand Image, Fashion Lifestyle, dan Persepsi Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial, Fashion Lifestyle memiliki pengaruh terbesar terhadap keputusan pembelian, diikuti oleh Persepsi Harga dan Brand Image. Uji simultan menunjukkan ketiga variabel independen secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa untuk menarik konsumen, penjual pakaian preloved harus memperhatikan citra merek, mengikuti tren fashion, dan menawarkan harga yang kompetitif. Penelitian ini memberikan wawasan bagi penjual dan pemasar dalam mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk produk pakaian preloved.
References
Aini, H. N. C., Luvianasari, M. T., Landicho, M. J., & Saputri, S. D. (2024). Analisis Tren Lifestyle “Skena” Dalam Kerangka Sosial Budaya Pada Era Modern. Jurnal Insan Pendidikan dan Sosial Humaniora, 2(2), 202-216.
Ambardi, A., Aini, N., Husnayeti, H., & Helmi, H. (2023). Dampak Brand Image, Fashion Lifestyle dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved di Online Shop. Jurnal Maneksi, 12(1), 92–98. https://doi.org/10.31959/jm.v12i1.1279
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harahap, N. H., & Sukri, S. A. (n.d.). Pengaruh Asosiasi Merek, Persepsi Harga, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Iphone Second pada Masyarakat Kota Pekanbaru.
Maruapey, W. I., Guslina, I., & Idrus, Y. (2022). Perilaku Konsumen Tentang Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk AMDK. Public Policy (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 3(2), 92–105. https://doi.org/10.51135/PublicPolicy.v3.i2.p1-15
Narvatinova, V. N., Latief, F., & Hidayat, A. I. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Thrift Shop Online di Kota Makassar (Studi Pada Konsumen @Thriftbuy.Me Kota Makassar). 12(1).
Primara, C. J. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan, brand image terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan pada pt. Prudential life assurance (Doctoral dissertation, STIE Malangkucecwara).
Rahmalia, R. N. (2024). Thrifting di Kota Lhokseumawe: Studi Fenomenologi Terkait Perilaku Thrifting di Masyarakat Kecamatan Banda Sakti (Doctoral dissertation, Universitas Malikussaleh).
Romus, M., & Prihastuti, A. H. (2020). Analisis pengaruh bauran pemasaran dan keluarga terhadap pembentukan loyalitas merek. Media bina ilmiah, 14(11), 3439-3447.
Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., & Mukuan, D. D. (2021). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pakaian bekas import di pasar baru langowan. Productivity, 2(3), 228-233.
Saifuddin, M., & Rahmayanti, N. M. (2021). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Branded Preloved Di Thriftshop Online Instagram. Cakrawala Management Business Journal, 4(2), 847-868.
Salsa, N., (2022). Industri Pakaian dan Fashion di Indonesia. Diakses pada 14 Desember 2023. https://kumparan.com/
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&d. Alfabeta, CV
Wardana, I. R. Y., & Demartoto, A. (2017). Representasi Budaya Populer Dalam Mengonsumsi Produk Fashion Bermerk (Studi Fenomenologi Mahasiswa di Kota Surakarta). DILEMA, 32(2), 43-51
Widyaratna, L., & Zainuri, A. (2023). Pengaruh Brand Image, Harga, dan Fashion Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Preloved di Thriftshop. Journal of Comprehens
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kamalia Kamalia, Saipul Alsukri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.