Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness dan Trust Terhadap Kepuasan Pelanggan Gojek
Keywords:
Perceived Ease Of Use, Perceived Usefulness, Trust dan Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan Gojek. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi layanan Gojek di Kecamatan Binawidya Pekanbaru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode regresi linier berganda. Data penelitian dianalisis menggunakan program SPSS V.22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi manfaat berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan terhadap transportasi Gojek. Selain itu, variabel kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Nilai R Square yang diperoleh adalah 0,470. Artinya variabel kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan dan kepercayaan sebesar 47%. Sedangkan sisanya sebesar 53,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini.
References
Davis,F.D. 1989. ”Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User
Acceptance of Information Technology”. MIS Quarterly.Vol. 13 No. 5: pp319-339.
Devina, S, 2016 . Pengaruhpersepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Kecepatan, Keamanan, Dan Kerahasiaan Serta Kesiapan Teknologi Informasi Wajib Pajak Terhadap Penggunaan E-Filing Bagi Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kota Tangerang Kecamatan Karawaci. Ultima Accounting, Vol. 8, No1.
D.J Kim, N. Silvasailam, H.R Rao, 2004, “Information Assurance in B2C Web
Sites for Information Goods/Services”, Electronics Markets (Forthcoming).
Hayani, N., & Alsukri, S. (2021). Dimensi E-Servqual dan Dampaknya Terhadap E-Satisfaction Layanan Mobile Banking. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 679-686.
Kasmir.(2017). Customer Service Excellent. Jakarta: Pt Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2014. “Principles of Marketing” (14thEdition). Pearson, New Jersey
Lim, Y. J., Osman, A. B., & Halim, M. S. B. A. (2014). Perceived Usefulness And Trust Towards Consumer Behaviors: A Perspective Of Consumer Online Shopping. Journal Of Asian Scientific Research, 4(10), 541.
Latifah, N., Widayani, A., & Normawati, R. A. (2020). Pengaruh perceived usefulness dan trust terhadap kepuasan konsumen pada e-commerce Shopee. Bisma: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 14(1), 82-91.
Mawey, T. C., Tumbel, A., & Ogi, I. W. (2018). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Sulutgo. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3).
Ramadhan, A. G., 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(9), p. 3.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Satria, A. A., 2017. Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), Pp. 45-53.
Siagian, Hotlan., Cahyono, Hotlan., 2014, Analisis Website Quality, Trust, dan Loyalty Pelanggan Online Shop, Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 8 No 2.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tananjaya, V.A. 2012. Kualitas Sistem Informasi, Kualitas Informasi, Dan Perceived Usefulness Terhadap Keberhasilan Implementasi Software Akuntansi. Berkala Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, Vol.1. No.3. Pp.1-16.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2016). Pemasaran Esensi & Aplikasi. Yogyakarta: Cv Andi Offset. Wang, Z., & Li, H., 2016. Factors Influencing Usage Of Third Party Mobile Payment Services Inchina: An Empirical Study.
Widiyanto, I., & Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2).
Winayu, N. Y. (2013). Pengaruh Kepercayaan, Perceived Ease Of Use Dan Perceived Usefulness Terhadap Minat Menggunakan E-Commerce Forum Jual Beli Kaskus. Skripsi Uny. Yogyakarta: Tidak Diterbitkan.
Zeithaml, Bitner, dan Gremler. (2009). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the IJBEM: Indonesian Journal of Business Economics and Management right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or edit it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.