Analisis Proses Bisnis UMKM pada Usaha Konvensional Bude Sarinah di Kabupaten Inhil
Business Process Analysis UMKM in Bude Sarinah Conventional Business in Inhil District
Keywords:
business process, management, production, system., Proses Bisnis, Produksi, System ProduksiAbstract
Usaha Konvensional adalah bisnis yang dijalankan secara manual dimana semua proses bisnisnya masih dilakukan secara offline. Manajemen Proses Bisnis adalah sebuah ilustrasi bagi para pelaku usaha yaitu pihak-pihak yang saling berinteraksi untuk mengatur bisnis yang dijelaskan secara tertentu. Proses Bisnis adalah kumpulan projek saling terhubung untuk mencapai hasil yang maksimal. Perusahaan mampu mengelola bidang-bidang yang ada di dalamnya agar bisa meraih tujuan direncanakan sebelumnya. Proses Bisnis meliputi pemproduksian dan pempabrikasian untuk menghasilkan suatu barang maupun jasa, kemudian dipromosikan dan sampai ketangan konsumen untuk dikonsumsi. Selanjutnya pengelolahan keuangan agar bisnis berjalan lancar maka sumber dana harus dipersiapkan secara matang dan pengelolahan keuangan untuk membayar para tenaga kerja. Maksud menganalisis adalah untuk menganalisis proses bisnis yang ada didalam organisasi bisnis ini dengan menggunaan sumber daya yang ada untuk menghasilkan sumber daya yang lebih efektif dan efisien. Usaha Konvensional Bude Sarinah adalah UMKM berfokus pada pembuatan tempe. Belum tersusun struktur organisasinya yang baik dan proses bisnisnya dikendalikan Bude Sarinah, belum memiliki karyawan sehingga tidak ada batasan pada proses bisnisnya. Tujuan penelitian ini adalah tersusunnya struktur organisasi dan model proses bisnisnya. Kesimpulannya adalah tersusunnya struktur organisasi dan model proses bisnisnya. Saran selanjutnya sebaiknya merancang sistem informasi manajemen data karyawan, keuangan, penggajian dalam mengambil keputusan
References
V. Iswanti Nursyirwan, S. Sari Ardaninggar, L. Dwi Septiningrum, D. Rani Gustiasari, and J.
Muhammad Hasan, “Implementasi Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan,” J.
PKM Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 03, no. 02, pp. 238–244, 2020.
N. A. Putri, “Analisis Proses Bisnis Pada Percetakan Bhinneka Riyant,” Ilmu Komput., 2012,
[Online]. Available: http://dinus.ac.id/
Widayanto, “Analisis Proses Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Konveksi Ryan
Collection Di Kabupatan Kudus,” J. Adm. Bisnis, vol. 6, no. 1, pp. 24–30, 2017.
A. R. Hidayat, “Jurnal Informasi Volume VII No.2 / November / 2015,” Audit Control Capab. Lev. TATA KELOLA Sist. Inf. MENGGUNAKAN COBIT 5 (Studi Direktorat TIK UPI Bandung), vol. VII, no. 2, pp. 33–47, 2015.
A. A. Sesyazhade, N. Y. Setiawan, and I. Aknuranda, Analisis Variasi Proses Bisnis Manufaktur Dengan Menerapkan Process Mining (Studi Kasus: PT Kimia Farma, Tbk), vol. 2, no. 12. 2018.
M. R. Arini, N. Y. Setiawan, and A. Rachmadi, Evaluasi Proses Bisnis Produksi Garmen Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework ( QEF ) ( Studi Kasus : PT . Eratex Djaja , Tbk Probolinggo ), vol. 2, no. 11. 2018.
A. L. Sembiring, “METODE PENELITIAN KUALITATIF”.
B. Helmina, “Penentuan Harga Pokok Produksi Berdasarkan Metode Full Costing Pada Pembuatan Etalase Kaca dan Alumunium di Ud. Istana Alumunium Manado,” J. EMBA, vol. 1, no. 3, pp. 217–224, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2073/1646
?. ?. ?. ?. ?. ?. ?. ????? , “(Buku Kualitatif dan Kuantitatif) Peran sumber informasi yang digunakan oleh pasien diabetes dalam manajemen penyakit mereka,” ???? ??????? ????? ??????? ???? ????? ???? , vol. 59.
M. Rahardjo, “Metode pengumpulan data penelitian kualitatif,” 2011.
A. E. Putri, “Evaluasi Program Bimbingan Dan Konseling: Sebuah Studi Pustaka,” JBKI (Jurnal Bimbing. Konseling Indones., vol. 4, no. 2, p. 39, 2019, doi: 10.26737/jbki.v4i2.890.
A. Rijali, “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin,” vol. 17, no. 33, pp. 81–95, 2018.
Y. Nurmalasari and R. Erdiantoro, “Perencanaan Dan Keputusan Karier: Konsep Krusial Dalam Layanan BK Karier,” Quanta, vol. 4, no. 1, pp. 44–51, 2020, doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.
Eliana and Sri Sumiati, “Kesehatan Masyarakat,” Pusdik SDM Kesehat., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2018, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.04.024%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.matlet.2019.127252%0Ahttp://dx.doi.o
S. I. Tjipto, P. Studi, M. Manajemen, P. Pasca, and U. D. Semarang, “Analisis Kinerja Pemasok Pada Manajemen Rantai,” J. Manaj., pp. 1–12, 2014, [Online]. Available: http://eprints.undip.ac.id/48274/
F. Gammahendra, D. Hamid, and M. F. Riza, “Pengaruh Struktu r Organisasi terhadap Efektivitas Organisasi,” J. Adm. Bisnis, vol. 7, no. 2, pp. 1–10, 2014.
D. Mulyani and H. Herawati, “Pengaruh Teknik pengumpulan data terhadap hasil uji,” UNEJ e-Proceeding, pp. 463–482, 2016.
P. Studi, A. Fakultas, P. Universitas, and I. Kalimantan, “671-1307-1-Sm,” vol. 2, no. 1, pp. 44–51, 2016.
A. Alvina and D. Hamdani, “Proses Pembuatan Tempe Tradisional,” J. Pangan Halal, vol. 1, no. 1, p. 1/4, 2019.
M. Christianti, F. Yulius, and E. Saputra, “Pemodelan Proses Bisnis Menggunakan IDEF0 dengan,” pp. 55–74, 2013.