Penilaian Kinerja Guru Dalam Mengajar Berdasarkan Indeks Kepuasan SiswaSiswi Smk Negeri 1 Kempas Menggunakan AlgoritmaC4.5
Teaching Performance Assessment Based On Student Satisfaction Index Of Kempas 1 Vocational School Using AlgorithmC4.5
Keywords:
c4.5, data mining, rapidminer, kinerja, manajemenAbstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah yang menerapkan jurusan sesuai minat dan bakat siswasiswinya. Di dalam sekolah tentu ada pengajarnya yaitu Guru, Guru merupakan komponen penting sekolah. Dalam proses belajar mengajar ada beberapa hal kemungkinan yang menyebabkan bolos sekolah dan tidak puasnya siswa dan siswi atas kinerja para guru dimana diantaranya adalah guru yang datangnya terlambat, penyampaian materi yang kurang baik, guru yang hanya datang dan menugaskan mencatat dan guru yang kurang memperhatikan hasil atau perkembangan para muridnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Kinerja para guru dan untuk mengetahui puas atau tidaknya para siswa siswi terhadap pembelajaran guru. Tools yang digunakan RapidMiner 5.3. Data Mining merupakan proses pengumpulan dan pengolahan suatu data untuk mengekstrak informasi penting dari data. Algoritma C4.5 diperkenalkan oleh Quinlan pada tahun (1996) merupakan pengembangan dari algoritma ID3 oleh J.Ross Quinlan tahun 1983 untuk dapat mengklasifikkasikan data dengan metode pohon keputusan dengan kelebihan dapat menghasilkan aturanaturan yang mudah untuk dipahami. Hasil perhitungan menggunakan tools RapidMiner 5.3 disimpulkan bahwa Kinerja para guru sudah baik, dengan dibuktikan didapat pohon keputusan ID3 dengan atribut Variabel Kualitas Mengajar (V2) Sangat Baik (SB) dan Hasil nilai akurasi yaitu 90.00% dengan ini Peneliti berharap agar pihak sekolah dapat mempertahankan dan menambah atau meningkatkan kualitas sekolahnya.
References
R. Purba, “Data Mining?: Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Mendatang,” J. SIFO Mikroskil, vol. 13, no. 1, pp. 31–41, 2012, doi: 10.55601/jsm.v13i1.44.
A. M. Siregar, S. Kom, M. K. D. A. N. A. Puspabhuana, S. Kom, and M. Kom, Data Mining: Pengolahan Data Menjadi Informasi dengan RapidMiner. CV Kekata Group, 2017.
M. Chair, Y. N. Nasution, and N. A. Rizki, “Aplikasi Klasifikasi Algoritma C4.5 (Studi Kasus Masa Studi Mahasiswa Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman Angkatan 2008),” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 12, no. 1, p. 50, 2017, doi: 10.30872/jim.v12i1.223.
B. G. Gerardo, S. Saifullah, and E. Irawan, “Teknik Data Mining Dalam Penilaian Pengajaran Guru Berdasarkan Indeks Kepuasan Siswa,” KOMIK (Konferensi Nas. Teknol. Inf. dan Komputer), vol. 3, no. 1, pp. 508–514, 2019, doi: 10.30865/komik.v3i1.1634.
W. Julianto, R. Yunitarini, and M. K. Sophan, “Algoritma C4.5 Untuk Penilaian Kinerja Karyawan,” Scan, vol. Vo. IX, no. No. 2, pp. 33–39, 2014.
A. Hamid, “Guru Professional,” AlFalah J. Ilm. Keislam. dan Kemasyarakatan, vol. 17, no. 32, pp. 274–275, 2017, [Online]. Available: http://ejurnal.staialfalahbjb.ac.id/index.php/alfalahjikk/article/view/26
H. Darmadi, “Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional,” J. Edukasi, vol. 13, no. 2, pp. 161–174, 2015.
T. Sulastri, “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen,” J. Ilm. Ekon. Manaj. dan kewirausahaan “OPTIMAL,” vol. 10, no. 2, pp. 167–184, 2016.
W. D. Kusuma, Suhada, and Saifullah, “Klasifikasi Kepuasan Siswa Terhadap Kinerja Guru SMK Satrya Budi 2 Perdagangan Menggunakan Algoritma C4.5,” TIN Terap. Inform. Nusant., vol. 2, no. 7, pp. 460–465, 2021, [Online]. Available: https://ejurnal.seminarid.com/index.php/tin
T. Novika, P. Poningsih, H. Okprana, A. P. Windarto, and H. Siahaan, “Penerapan Data Mining Klasifikasi Tingkat Pemahaman Siswa Pada Pelajaran Matematika,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 5, no. 1, p. 9, 2021, doi: 10.30865/mib.v5i1.2498.
N. Mardiyantoro, “Identifikasi Masalah dan Hipotesis,” no. 43, pp. 1–14, 2016.
D. PILENDIA, “Pemanfaatan Adobe Flash Sebagai Dasar Pengembangan Bahan Ajar Fisika?: Studi Literatur,” J. Tunas Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2020, doi: 10.52060/pgsd.v2i2.255.