Analisis Kepuasan Penumpang Pada Maskapai Penerbangan Menggunakan Algoritma C4.5 Dan Naïve Bayes
Analysis of Passenger Satisfaction on Airlines Using C4.5 and Naïve Algorithm
Keywords:
algoritma, c4.5, data mining, decision tree, naïve bayes, naïve bayesAbstract
Indonesia merupakan negara kepulauan dimana masyarakat cenderung membutuhkan sarana transportasi yang dapat mempermudah masyarakat berpindah dari satu pulau ke pulau yang lain. Tingkat kualitas pelayanan tidak dapat dinilai berdasarkan sudut pandang perusahaan tetapi harus dipandang dari sudut pandang pengguna. Pembentukan model klasifikasi yang baik membutuhkan algoritma yang baik, salah satunya menggunakan Naïve Bayes. Algoritma C4.5 merupakan salah satu algoritma dalam pohon keputusan (decision tree) yang digunakan untuk klasifikasi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data yang diambil dari situs www.kaggle.com. Setelah dilakukan processing data maka diperoleh variabel-variabel yang akan digunakan dalam penelitian. Berdasarkan pengolahan data menggunakan software Rapid Miner didapat nilai akurasi sebesar 81,19% untuk algoritma C4.5 dan 76,24% untuk algoritma naïve bayes, artinya bahwa rule yang dihasilkan tingkat kebenarannya mendekati 100%. Sesuai dengan ketentuan penerapan data mining