Permainan Edukatif Sebagai Sarana dalam Mengembangkan Kemampuan Literasi Sains pada Anak Usia SD di Kelurahan Habaring Hurung
Educational Games as a Means of Developing Science Literacy Skills in Elementary School Age Children in Habaring Hurung Village
Keywords:
Literasi sains, permainan edukatif, eksperimen gunung meletusAbstract
Literasi sains adalah kemampuan menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi pertanyaan, dan menarik kesimpulan berdasarkan bukti-bukti, dalam rangka memahami dan membuat keputusan yang berkaitan dengan alam serta perubahan oleh alam melalui aktivitas manusia. Kemampuan literasi sains adalah salah satu faktor yang penting untuk kemajuan sebuah negara dalam menjalani kehidupan di era globalisasi sementara kemampuan literasi sains anak di Kelurahan Habaring Hurung masih sangat rendah. Upaya pengembangan literasi sains anak usia Sekolah Dasar di Kelurahan Habaring Hurung anggota KKN Tematik MIPA IAIN Palangka Raya mempunyai proker yaitu permainan edukatif. Permaianan edukatif yang dilaksanakan adalah ekperimen gunung meletus dengan soda kue dan cuka sebagai bahannya. Pada ekperimen ini ada dua tahapan, tahap yang pertama yaitu persiapan dan tahap yang selanjutnya adalah tahap pelaksanaan. Permainan edukatif ini mempunyai tujuan untuk memberikan motivasi dalam berkreatifitas, meningkatkan keakraban/solidaritas antar rekan, menjadi wawasan baru, serta menarik minat mereka dalam belajar sains. Berdasarkan pendampingan yang telah dilakukan melalui eksperimnen gunung meletus, diperoleh hasil bahwa anak-anak Kelurahan Habaring Hurung mampu menjelaskan dan memahami proses terjadinya gunung meletus, mengenal gunung berapi yang ada di Indonesia dan mengetahui reaksi kimia antara cuka dan soda kue.
References
L. Rangki, L. O. Alifariki and F. Dalla, "Upaya pencegahan dan penanggulangan transmisi covid 19 melalui program KKN Tematik Mahasiswa Universitas Halu Oleo," Journal of Community Engagement in Health, pp. 26-274, 2020.
P. Anjarsari, "Literasi sains dalam kurikulum dan pembelajaran IPA SMP," Prosiding Semnas Pensa VI ”Peran Literasi Sains”, no. 68, pp. 602-607, 2014.
I. Yani, . D. Puspitasari, I. Thamrin, Z. and Y. Resti, "Pengaruh Eksperimen dan Permainan Edukatif untuk Penguatan Literasi Sains Anak-anak Usia Sekolah di Panti Asuhan Al-Fatih Palembang," Prosiding Seminar Nasional, 2021.
Y. Yuliati, "Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA," Jurnal Cakrawala Pendas, 2017.
S. Nurlindasari, A. Sutisnawati, I. K. Nurmeta, J. and D. Suryaman, "Penerapan LKS Berbasis Wayang Sukuraga terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas 3," Jurnal Basicedu, pp. 5371-5380, 2022.
M. Fadillah, "Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini," Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper ke-2, no. 34, 2016.
M. I. Jayanti, N. A. and E. Suryani, "Penguatan literasi sains melalui permainan edukatif pada siswa kelas VI SDN 37 Kendo kota Bima," Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, pp. 39-46, 2022.
F. Hidayahtika, P. K. Suprapto and D. Hernawati, "Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Reading Questioning and Answering dalam Pembelajaran Biologi," Jurnal Pendidikan dan Biologi, vol. 12, no. 6, pp. 69-75, 2020.
E. Elviani, S. Utami and T. Sabri, "Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Literasi Sains IPA Kelas V SD," Jurnal Pendidikan dasar flobamorata, no. 85, pp. 1-20, 2020.
W. D. Puspitasari, "Penyelenggaraan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar Di Kabupaten Majalengka," Indonesian Journal Of Community Service, pp. 223-232, 2021.
I. Nugraha, "Peningkatan Minat Belajar Sains bagi Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Sapen melalui Percobaan Sains Sederhana dengan menggunakan Alat Bekas Pakai dan Bahan sehari-hari," Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi, pp. 31-38, 2019.
R. Kristyowati and A. Purwanto, "Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfaatan Lingkungan," Jurnal Pendidikan Kebudayaan, vol. 9, no. 85, pp. 183-191, 2019.