Pendampingan Anak Usia Sekolah Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Membaca Melalui Media Komik
Assistance Of School Age Children In Growing Reading Literature Ability Through Comic Media
Keywords:
anak usia sekolah, pendampingan, komik, anak usia sekolah, pendampingan, komikAbstract
Kemampuan literasi membaca sangat penting dikuasai oleh setiap individu agar mampu memahami setiap informasi yang diterima sehingga tidak menimbulkan salah pengertian. Kemampuan literasi membaca pada masyarakat di kelurahan Habaring Hurung khususnya pada anak usia sekolah dasar masih rendah. Kondisi tersebut menyebabkan perlunya dilakukan pendampingan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari pendampingan ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan literasi membaca pada anak usia sekolah di kelurahan Habaring Hurung. Media yang digunakan dalam menumbuhkan kemampuan literasi membaca yaitu melalui penggunaan media komik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendampingan ini yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pendampingan ini adalah adanya perkembangan kemampuan literasi membaca pada anak usia sekolah dasar di Kelurahan Habaring Hurung. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya pemahaman anak dalam memahami sebuah kalimat atau informasi. Selain itu, adanya peningkatan ketertarikan anak dalam membaca, semangat, dan aktif mengikuti kegiatan membaca.
References
Azizah, I. N, Eksperimentasi Media Pembelajaran Komik Edukasi Pengenalan Angka Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5, No.2, 17, 2021
Fritantus, Y. d, Penguatan Pemerintahan Desa Bijeli Kabupaten Timor Tengah Utara Melalui Kegiatan Praktek Kerja Mahasiswa. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2, No. 1, 1-2, 2021
Hartyatni, M. S. (2018). Membangun budaya baca melalui pengelolaan media sudut baca kelas dengan “12345”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Volume 6, Nomor 1, 3-4.
Hasanah, N, Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di Gubuk Baca Sekolah Pagesangan Wintaos Gunungkidul (Studi Fenomenologi). Jurnal Trasformatif Vol. 4, No. 1, 50, 2020
Lubis, M. A, Penguatan literasi berbasis komik di sekolah dasar. Published Version, 1-2, 2020
Madeamin, S. N, Gerakan Literasi Sekolah. ABDIMAS Langkanae Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1, No. 1, 9-10, 2021
Nugraheti, S. S, Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2018
Pandapotan, S, Pengembangan Model Kampung Literasi Untuk Meningkatkan Motivasi Pendidikan Dan Minat Membaca Masyarakat Desa Kolam Kab. Deli Serdang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2018
Sugiharta, R, Perilaku dan Kebiasaan Anak Gemar Membaca. Prisma, 1997
Susiana, Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantu Komik Matematika. 15-16, 2019
Syahwela, M, Pengembangan Media Komik Matematika SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 04, No. 02, 535-536, 2020
Vina N, d, Pendampingan Peningkatan Literasi Baca Tulis Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Suprau Distrik Maladum Mes. Jurnal Karya Abdi Volume 4 Nomor 3, 577, 2020
Widaningsih, I, Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019