Pendampingan Anak Usia Sekolah Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Membaca Melalui Media Komik

Assistance Of School Age Children In Growing Reading Literature Ability Through Comic Media

Authors

  • Atin Supriatin IAIN Palangka Raya
  • Ahmad Alfiannoor IAIN Palangka Raya

Keywords:

anak usia sekolah, pendampingan, komik, anak usia sekolah, pendampingan, komik

Abstract

Kemampuan literasi membaca sangat penting dikuasai oleh setiap individu agar mampu memahami setiap informasi yang diterima sehingga tidak menimbulkan salah pengertian. Kemampuan literasi membaca pada masyarakat di kelurahan Habaring Hurung khususnya pada anak usia sekolah dasar masih rendah. Kondisi tersebut menyebabkan perlunya dilakukan pendampingan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari pendampingan ini adalah untuk menumbuhkan kemampuan literasi membaca pada anak usia sekolah di kelurahan Habaring Hurung. Media yang digunakan dalam menumbuhkan kemampuan literasi membaca yaitu melalui penggunaan media komik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pendampingan ini yaitu melalui tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan pendampingan ini adalah adanya perkembangan kemampuan literasi membaca pada anak usia sekolah dasar di Kelurahan Habaring Hurung. Hal ini dapat ditunjukan dengan meningkatnya pemahaman anak dalam memahami sebuah kalimat atau informasi. Selain itu, adanya peningkatan ketertarikan anak dalam membaca, semangat, dan aktif mengikuti kegiatan membaca.

References

Azizah, I. N, Eksperimentasi Media Pembelajaran Komik Edukasi Pengenalan Angka Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5, No.2, 17, 2021

Fritantus, Y. d, Penguatan Pemerintahan Desa Bijeli Kabupaten Timor Tengah Utara Melalui Kegiatan Praktek Kerja Mahasiswa. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol. 2, No. 1, 1-2, 2021

Hartyatni, M. S. (2018). Membangun budaya baca melalui pengelolaan media sudut baca kelas dengan “12345”. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD Volume 6, Nomor 1, 3-4.

Hasanah, N, Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di Gubuk Baca Sekolah Pagesangan Wintaos Gunungkidul (Studi Fenomenologi). Jurnal Trasformatif Vol. 4, No. 1, 50, 2020

Lubis, M. A, Penguatan literasi berbasis komik di sekolah dasar. Published Version, 1-2, 2020

Madeamin, S. N, Gerakan Literasi Sekolah. ABDIMAS Langkanae Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 1, No. 1, 9-10, 2021

Nugraheti, S. S, Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Permulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literasi Pada Siswa SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2018

Pandapotan, S, Pengembangan Model Kampung Literasi Untuk Meningkatkan Motivasi Pendidikan Dan Minat Membaca Masyarakat Desa Kolam Kab. Deli Serdang. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Terbuka, 2018

Sugiharta, R, Perilaku dan Kebiasaan Anak Gemar Membaca. Prisma, 1997

Susiana, Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantu Komik Matematika. 15-16, 2019

Syahwela, M, Pengembangan Media Komik Matematika SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 04, No. 02, 535-536, 2020

Vina N, d, Pendampingan Peningkatan Literasi Baca Tulis Anak Usia Sekolah Di Kelurahan Suprau Distrik Maladum Mes. Jurnal Karya Abdi Volume 4 Nomor 3, 577, 2020

Widaningsih, I, Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2019

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Supriatin, A., & Alfiannoor, A. (2022). Pendampingan Anak Usia Sekolah Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Membaca Melalui Media Komik: Assistance Of School Age Children In Growing Reading Literature Ability Through Comic Media. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 489-494. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/364

Issue

Section

Pengabdian Masyarakat