Pembuatan Video Presentasi Mind Mapping untuk Meningkatkan Self-Efficacy Guru-Guru MGMP Matematika SMP Muaro Jambi

Making Mind Mapping Presentation Videos to Improve Self-Efficacy of Mathematics MGMP Teachers at SMP Muaro Jambi

Authors

  • mujahidawati muja Universitas Jambi
  • Novferma PMIPA, FKIP, Universitas Jambi, Indonesia
  • Syaiful PMIPA, FKIP, Universitas Jambi, Indonesia
  • Gugun Manosor Simatupang PMIPA, FKIP, Universitas Jambi, Indonesia
  • Dewi Iriani PMIPA, FKIP, Universitas Jambi, Indonesia

Keywords:

mind mapping, video presentasi, self-efficacy

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu dan melatih guru SMP dalam pembuatan media pembelajaran berbentuk video presentasi mind mapping untuk meningkatkan Self-Efficacy guru. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah menggunakan metode diskusi dan tanya jawab, demonstrasi, dan ekspositori. Peserta kegiatan dalam pengabdian ini adalah mitra guru MGMP Matematika SMP Muaro Jambi sebanyak 35 orang guru. Instrument yang digunakan dalam pengabdian ini adalah angket Self-Efficacy guru sebelum pelatihan pembuatan video presentasi mind mapping dan setelah pelatihan pembuatan video presentasi mind mapping. Berdasarkan hasil pelatihan diperoleh bahwa kebanyakan guru-guru yang ikut merasa sangat puas dan senang dengan adanya pelatihan ini. Hal ini berdasar pada hasil perhitungan angket respon guru setelah mengikuti pelatihan pembuatan video presentasi mind mapping. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pelatihan pembuatan video presentasi mind mapping ini dapat meningkatkan Self-Efficacy guru-guru MGMP matematika SMP Negeri Muaro Jambi.

References

Ormord, J. E. (2006). Educational psychology : Developing leaners (5th ed.). New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall

Pardimin, P. (2018). Self-Efficacy Matematika Dan Self-Efficacy Mengajar Matematika Guru Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 24(1), 29.

Pajares, F. (2018). Self-Efficacy Beliefs in Academic Settings Author. American Educational Research Association, 66(4), 543–578.

Munandar, W. A. 2016. Media Mind Map Untuk Meningkatkan Retensi Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas III. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 18 Tahun ke-5 2016

Buzan, T. 2012. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarya: Ar-Ruzz Media.

Huda, 2014. Model-Model Pengajaran Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reza, Noor Ellyawati, dan Rima Masyanah. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mind mapping Dengan Powerpoint Di Sma Islam Terpadu Granada samarinda. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol 9 (1)

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Downloads

Published

2022-09-01

How to Cite

muja, mujahidawati, Novferma, N., Syaiful, S., Gugun Manosor Simatupang, G. M. S., & Dewi Iriani, D. I. (2022). Pembuatan Video Presentasi Mind Mapping untuk Meningkatkan Self-Efficacy Guru-Guru MGMP Matematika SMP Muaro Jambi: Making Mind Mapping Presentation Videos to Improve Self-Efficacy of Mathematics MGMP Teachers at SMP Muaro Jambi. SENTIMAS: Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 374-381. Retrieved from https://journal.irpi.or.id/index.php/sentimas/article/view/384

Issue

Section

Sosial, Ekonomi, Manajemen dan Pendidikan