Analisis Value Chain Dan Penerapannya Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif Bagi Perusahaan (Studi Kasus: Rotte Bakery)

Value Chain Analysis And Its Application As An Effort To Increase Competitive Advantage For Companies (Case Study: Rotte Bakery)

Authors

  • Arabiatul Adawiyah Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Arif Rahman Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Eka Rizki Meiwinda Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Yuliansyah Yuliansyah Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.57152/ijirse.v3i2.1224

Keywords:

rantai nilai, proses bisnis, keunggulan kompetitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rantai nilai perusahaan Rotte Bakery dan mengidentifikasi potensi peningkatan keunggulan kompetitif melalui penerapan konsep rantai nilai. Melalui studi kasus, penelitian ini akan mengeksplorasi proses-produk perusahaan, dari pengadaan bahan baku hingga distribusi produk akhir, dengan fokus pada elemen-elemen kunci dalam rantai nilai. Metode penelitian yang digunakan adalah desktiptif dengan melakukan analisis hasil wawancara dengan pihak terkait, observasi langsung, dan tinjauan literatur untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang proses bisnis dan faktor-faktor yang memengaruhi keunggulan kompetitif. Hasil dari penelitian  ini adalah dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kekuatan dan kelemahan dalam rantai nilai Rotte Bakery. Selanjutnya, penelitian ini  merumuskan rekomendasi untuk penerapan strategi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan nilai tambah di setiap tahap rantai nilai. Analisis ini diharapkan dapat membantu perusahaan dalam mengoptimalkan sumber daya dan meningkatkan daya saingnya di pasar. Kesimpulan penelitian ini akan memberikan pandangan mendalam tentang potensi penerapan rantai nilai sebagai upaya strategis untuk meningkatkan keunggulan kompetitif perusahaan Rotte Bakery di industri roti dan produk pangan.

References

Ayu Puspitasari, I. S., Susbiyani, A., Fitriya, E., & Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, P. (n.d.). ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN ANALYSIS) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF BAGI PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada PT Indoroti Prima Cemerlang Cabang Jember).

Harnadi. (2017). VALUE CHAIN ANALYSIS BERDASARKAN PRINSIP SYARIAH DALAM MEWUJUDKAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (Studi Pada Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo Cabang Makassar). Occupational Medicine, 53(4), 130.

Laksmono, I., & Daniel, D. R. (2020). Pengendalian Biaya Bahan Baku Produksi Melalui Sistem Pengendalian Aktifitas Dalam Analisa Rantai Nilai Produksi Perusahaan. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Airlangga, 30(2), 114. https://doi.org/10.20473/jeba.v30i22020.114-122

Lutfia, A. (2012). Analisa Pengaruh Value Chain Terhadap Persaingan Dalam Mencapai Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Precast di Indonesia.

Wisdaningrum, O. (2013). Analisis Rantai Nilai ( Value Chain ) Dalam Lingkungan Internal Perusahaan. Jurnal Analis, 1(1), 1–9

Utami, Y., Nugroho, A., & Wijaya, A. F. (2018). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Salatiga. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), 253. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853655

Utami, Y., Nugroho, A., & Wijaya, A. F. (2018). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Salatiga. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(3), 253. https://doi.org/10.25126/jtiik.201853655

Widarsono, A. (n.d.). Strategic Value Chain Analysis (Analisi Stratejik Rantai Nilai). Universitas Stuttgart, 1–27

WIDODO, H. (2018). Analisis Value Chain Guna Mencapai Strategi Cost Leadership dalam Meningkatkan Efesiensi Biaya (Studi pada Perusahaan ”X” di Sidoarjo). BISMA (Bisnis dan Manajemen), 1(1), 38. https://doi.org/10.26740/bisma.v1n1.p38- 49

Wiyono, A., & Wijaya, A. F. (2020). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk WITEL SEMARANG MENGGUNAKAN WARD AND PEPPARD. Jurnal Bina Komputer, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.33557/binakomputer.v2i1.79

Zaulkarnain, I., & Zaki, K. (2016). Value Chain Analysis Dalam Peningkatan Keunggulan Kompetitif Bisnis. Makalah

Karsana, I. W. W., Candiasa, I. M., & Dantes, G. R. (2019). Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Menggunakan Framework Ward and Peppard pada Sekolah Bali Kiddy. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 3(1), 30. https://doi.org/10.30872/jurti.v3i1.2274

Imtihan, K. (2015). Perencanaan Strategi Sistem Informasi Pendidikan Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer ( STMIK ) Lombok. 3(2), 73–78.

Faslah, R., & Haris, A. (2017). PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI. ELTIKOM, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.38204/tematik.v3i2.86

Friska. (2010). Value Chain Analysis (Analisis Rantai Nilai) untuk Keunggulan Kompetitif melalui Keunggulan Biaya. Jurnal Ekonom. Fakultas Ekonomi USU, 13(1), 36–44.

Downloads

Published

2023-09-25